10 Cara Menyambut Pegawai Yang Baru

0 138

Dalam berbagai perusahaan besar, umumnya tanggung jawab staff HRD lah untuk menyambut pegawai baru dalam lingkup perusahaan. Namun, bagaimana jika perusahaan yang Anda miliki belum mampu memiliki departemen SDM terpisah untuk hal tersebut?

Tugas yang harusnya dilakukan departemen HRD pun harus Anda pikul sendiri dengan menyuguhkan sambutan yang sepantasnya. Dan kini Anda harus menggunakan beberapa kiat baru guna membantu bisnis Anda dalam penyambutan pegawai baru.

Sambutlah mereka

Sambutlah pegawai baru saat mereka baru pertama kali masuk kantor. Jangan biarkan mereka menunggu terdiam di lobi atau ruang tunggu. Memaksimalkan kesan pertama Anda, karena hal tersebut akan sering menjadi kesan yang mewarnai hubungan pegawai tersebut dengan pegawai yang baru.

Siapkan ruang kerja

Ketika pegawai baru datang, pastikan ruang kerja dia sudah siap digunakan. Pastikan juga semua peralatan kerjanya telah berfungsi dengan normal dan siap digunakan untuk menunjang kegiatan kerjanya. Tanyakan apakah ia memiliki persyaratan khusus tentang ruang kerja agar dapat lebih berkonsentrasi.

Buat akun

Bersamaan dengan komputer yang telah siap, Anda dapat menyiapkan akun email, akun perusahaan dan kata kunci untuknya.

Perkenalkan pada tim

Bertemu pegawai lain pada hari pertama bekerja bisa jadi adalah sebuah pengalaman yang mendebarkan. Dan mengingat nama semua orang dalam sekali waktu bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, jangan lupa bahwa Anda perlu membuat orang baru ini berada di posisi nyaman dan diterima dengan baik oleh semua anggota tim. Akan lebih baik jika ia diperkenalkan langsung dan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri ke masing-masing anggota tim.

Memandunya

Pegawai yang baru pasti tak banyak memahami seluk beluk kantor baru tempatnya bekerja. Hal-hal kecil seperti tempat penyimpanan kertas baiknya juga perlu Anda jelaskan. Berikan sedikit penjelasan singkat mengenai denah kantor Anda dan hal-hal kecil yang menunjang kinerjanya di sana. Dan kemudian jangan lupa berikan kesempatan ia untuk bertanya.

Ajak makan

Cara lain untuk membuatnya merasa lebih diterima ialah dengan mengajak makan siang. Ini membuktikan kepedulian Anda padanya. Sebelum mengajaknya makan, tanyakan apakah ia mempunyai riwayat alergi atau ketidaksukaan pada makanan tertentu.

Siapkan dokumen

Siapkan dokumen peraturan perusahaan yang harus dipelajari pegawai baru. Tak hanya itu, berikan pula detil penting lain seperti fasilitas karyawan dan informasi gaji dan sebagainya.

Bersikap apa adanya

Biarkan budaya perusahaan tercermin melalui perilaku dan sikap keseharian Anda. Jika dalam perusahaan berlaku sebuah tata busana tertentu, pastikan pegawai baru ini mengetahuinya.

Berikan pekerjaan

Di hari pertama mereka bekerja, jangan membuat pegawai baru hanya melamun mengamati orang lain bekerja. Berikan mereka deskripsi pekerjaan yang menjadi bagian mereka.

Berikan tindak lanjut di akhir hari kerja

Ketika sebelum pulang, tanyakan pada pegawai baru bagaimana situasi hari pertama bekerjanya, berikan ia kesempatan bertanya, dan ucapkan rasa terima kasih karena sudah bekerja dengan baik di hari pertama. (dhirga)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.