Take a fresh look at your lifestyle.

10 Universitas Tebaik Di Asia Yang Membuat Kamu Betah di Kampus

0 267

Mengenyam pendidikan di luar negri memang menjadi kebanggan tersendiri, namun jangan salah jika kamu masuknya ke kampus yang rangking dunianya sama dengan kampus unggulan di Indonesia mending pilih di dalam negri aja yah..

Kecuali kamu masuk di kampus-kampus ini nih,, yang merupakan kampus terbaik namun masih ada di kawasan Asia, berikut ini 10 kampus terbaik Asia dengan Indikator penilaian dikelompokkan ke dalam lima bidang: Mengajar (lingkungan belajar). Penelitian (volume, pendapatan dan reputasi), Kutipan (pengaruh penelitian), pandangan Internasional (staf, mahasiswa dan penelitian) Pendapatan industri (transfer pengetahuan) :

1. National University of Singapore (NUS)

Mempertahankan posisi teratas di Asia untuk ketiga kalinya berturut-turut dari tahun 2014-2017, National University of Singapore (NUS) merupakan universitas tertua di Singapura. Walaupun masih relatif muda jika di banding kampus-kampus tua global di seluruh dunia.

Dalam rangking Dunia National University of Singapore NUS berada di peringkat ke-12 naik 10 strip dari sebelumnya peringkat 22. Kampus ini Sebuah universitas riset intensif dengan pendekatan global, NUS memiliki sekitar 38.000 siswa. Dan hebatnya dari 34 dari 42 jurusan berada di 100 besar peringakat dunia (World Qualty Subjek University 2016).

Dari jumlah tersebut di atas National University of Singapore NUS, beberapa di antaranya masuk global top 10 Yaitu untuk Jurusan Teknik Sipil, Teknik kimia, Teknik Elektro, Kimia, Kebijakan Sosial, Bahan Ilmu, Statistik dan Penelitian operasional, teknik mesin, arsitektur, farmasi dan farmakologi, geografi, ilmu komputer, dan ilmu lingkungan.

2. Hong kong University (HKU)

 

Di peringkat kedua universitas terbaik di Asia yaitu Universitas Hong Kong (HKU). Kampus ini didirikan pada tahun 191, merupakan salah satu universitas tertua di Hong Kong, dan saat ini ada sekitar 28.000 siswa yang aktif, dan 35%-nya adalah mahasiswa dariberbagai negara.

Hong kong University menerapakan Bahasa inggris dalam komunikasi pembelajaranya, jadi kalau mau belajar di kampus ini harus fasih Bahasa Inggis yahh.  Bukan itu saja, 37 Jurusan yang ada di universitas ini masuk 100 besar peringkat dunia. Nah dari 37 jumlah tersebut masuk 10 besar dunia untuk kedokteran gigi, pendidikan dan pelatihan, mineral dan teknik pertambangan, teknik sipil dan struktur, arsitektur, linguistik, dan kebijakan sosial dan administrasi.

3. Nanyang Technological University (NTU)

Naik satu peringkat di tahun 2017 ini, Nanyang Technological University (NTU) dari sisi peringkat memang tidak pernah terlalu jauh di belakang rekan kampus dari negara Singapura lainnya yaitu National University of Singapore (NUS).

Nanyang Technological University (NTU) walau pun berada di bawah NUS namun kampus ini masih erbilang kampus baru dengan perkembangan yang sangat pesat. Didirikan pada tahun 1991, dan saat ini bertengger di puncak kampus baru terbaik dunia. Dengan memiliki sekitar 24.300 mahasiswa dan 9.000 mahasiswa pascasarjana, dari 95 negara yang berbeda NTU menjadi salah satu kampus Favorite Dunia. Nanyang Technological University  menmpatkan diri dalam jajaran kampus yang memiliki 20 jurusan yang berbeda dan berada di rangking 100 dunia, dan jurusan terbaiknya yang berada di 10 besar dunia yaitu jurusan teknik material listrik.

4. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

Hong Kong University of Science and Technology, atau di kenal HKUST, Berada di  peringkat ke-4 Asia. HKUST didirikan pada tahun 1991 masuk dalam jajaran kampus termuda di antara universitas top di Asia. Hong Kong University of Science and Technology HKUST saat ini mengajarkan sekitar 13.800 siswa dan yang sangat terkenal di kampus ini yaitu program gelar teknis dan wawasan internasional.

HKUST termasuk di antara universitas terkemuka di dunia, 19 jurusanya tahun ini termasuk dalam 50 posisi teratas diantaranya ilmu komputer, bisnis dan manajemen, akuntansi dan keuangan, teknik sipil dan struktural, statistik dan penelitian operasional, teknik elektro, ekonomi dan ekonometrik, kimia, teknik kimia, bahan ilmu, teknik mesin dan matematika.

5. Tsinghua University (TU)

Didirikan pada tahun 1911, Universitas Tsinghua terletak di ibukota Cina Beijing dan merupakan anggota dari ‘C9 League’ dari sembilan universitas bergengsi di China (mirip dengan AS Ivy League). Universitas Tsinghua membuat lompatan mengesankan dari 11 ke peringkat 5 tahun ini (menyalip Universitas Peking ). Universitas Tsinghua juga naik dari 47 ke 25 dalam edisi terakhir dari Peringkat terbaikUniversitas Dunia, dan tentu dengan begitu membuat Kampus ini jadi tanda sebagai salah satu bagian atas kebangkitan pendidikan negara China.

Tsinghua memiliki sekitar 46.200 mahasiswa dan berada di sejajar di antara universitas top di dunia untuk 33 mata pelajaran, 21 disiplin ilmunya berada  di 50 teratas, dan jurusan untuk arsitektur, teknik sipil dan ilmu bahan berada di 10 besar dunia.

6. Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST)

Korea Advanced Institute of Science & Technology, atau KAIST, Didirikan pada tahun 1971, KAIST merupakan Universitas yang menyediakan jurusan sains dan teknik pertama di Korea Selatan. Kampus ini terletak di kota Daejeon, salah satu kota yang dikenal untuk inovasi ilmu pengetahuan dan penelitian.

KAIST memang tidak menampung banyak mahasiswa dibanding dengan universitas-universitas top di Asia , hanya sekitar 10.000 mahasiswa. Saat ini 15 Jurusanya berada di 100 besar Peringkat dunia,  dan berada di 50 posisi teratas untuk ilmu bahan, teknik kimia, teknik elektro, kimia, teknik mesin, teknik sipil dan struktural dan ilmu komputer.

7. City University of Hong Kong

Kampus terbaik di asia

City University of Hong Kong mencapai status universitas penuh pada tahun 1994. Saat ini memiliki lebih dari 20.000 siswa yang terdaftar, termasuk 5.300 mahasiswa internasional. Ini peringkat sebagai salah satu universitas top di dunia untuk 25 mata pelajaran, yang mencakup 50 tempat untuk linguistik, komunikasi dan studi media, matematika, teknik sipil dan struktural, bisnis dan manajemen, akuntansi dan keuangan dan ilmu komputer dan sistem informasi.

8. Universitas Cina Hong Kong (CUHK)

Universitas Cina Hong Kong (CUHK) didirikan pada tahun 1963, merupakan Universitas yang tertua kedua setelah universitas Hong Kong. Mayoritas mata kuliah di masukan dalam program yang diajarkan dalam bahasa Inggris. CUHK memiliki hampir 20.000 siswa yang terdaftar dan termasuk dalam universitas terkemuka di dunia.  Untuk 32 mata pelajaran pada tahun 2016/2017 berada di 50 besar Rangking dunia. diantaranya,  teknik elektro, kebijakan sosial dan administrasi, ilmu komputer dan sistem informasi, keperawatan dan linguistik.

9. Peking University

Universitas Peking turun dua tempat di Asia peringkatnya tahun ini, meskipun begitu  tetap saja yang menjadi salah satu universitas paling terkenal di Cina. Sebuah universitas riset terbesar china, Peking adalah anggota dari Liga C9 dan didirikan pada tahun 1898. Kualitas tinggi pendidikan di Universitas Peking ini, menjadi alasan kampus  ini dihargai untuk keindahan arsitektur Cina tradisionalnya. 26 dari 35 Jurusannya berada di posisi 50 teratas dunia di yaitu bahasa modern, linguistik, kimia, kedokteran gigi, mineral dan teknik pertambangan dan kebijakan sosial dan administrasi.

10. Seoul National University

Best Campus Asia

Seoul National University dikenal sebagai salah satu universitas paling bergengsi di Korea Selatan. Seoul National University tahun ini berada di peringkat ke-36 Universitas Dunia top dunia. Didirikan pada tahun 1946 di ibu kota Korea Selatan, sebagai universitas nasional pertama di negara itu. Dan saat ini memiliki sekitar 28.000 mahasiswa yang terdaftar.

38 Jurusan yang dada Seoul National University berada di jajaran 100 besar top du dunia. Dari jumlah Jurusan tersebut, 29 Jurusan universitas ini berada di 50 besar Dunia. Diantaranya bahasa modern, kebijakan sosial dan administrasi, ilmu bahan, teknik kimia, kimia, teknik mesin, dan farmasi dan farmakologi. [aL]

Sumber:

timeshighereducation.com

topuniversities.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar