Inspirasi Tanpa Batas

10 Kata Cantik yang Jarang Ditemukan dalam Tulisan

Boleh saja seseorang dengan asal menuangkan apapun yang ada dalam pikirannya. Namun, Agar tulisan kita memiliki bobot dan terlihat menarik, pemilihan kata juga harus dipertimbangkan, Agar tulisan tetap digandrungi, diingat dan dikenang.

0 131

Konten Sponsor

Tulisan tak ubahnya menjadi konsumsi yang masih banyak di gandrungi manusia. Baik tulisan ilmiah, sastra maupun esai. Mengenai hal ini, perlu metode agar pembaca tetap setia terhadap tulisan kita. Tentu dengan pembawaan yang nyaman dan ringan dibaca.

Kata dan kalimat harus diperhatikan dalam sebuah tulisan. Boleh saja seseorang dengan asal menuangkan apapun yang ada dalam pikirannya. Tetapi perlu diperhatikan untuk beberapa karya tulis yang memang harus menyesuaikan dengan aturan-aturan penulisan.

Agar tulisan kita memiliki bobot dan terlihat menarik, gunakanlah kata-kata yang tidak terlalu familiar. Oleh karena itu, ada 10 kata cantik berikut yang perlu kita ketahui. Apa saja itu?? Cek it…

10 Kata-kata Cantik dalam Tulisan

1 Dialektika

Dialektika adalah hal berbahasa dan bernalar dengan dialog sebagai cara untuk menyelidiki suatu masalah. Contoh : Jangan hanya asal kerja. Kerja itu harus berdialektika dengan ilmu agar hasilnya maksimal.

2 Distorsi

Distorsi adalah pemutarbalikan fakta, aturan penyimpangan. Contoh : demi kepentingan pribadi terkadang banyak orang yang melakukan distrorsi terhadap fakta yang ada

3 Enigma

Enigma adalah teka teki tidak jelas, misterius. Contoh : ucapan dia menimbulkan enigma terhadap kelompok lain.

4 Paradigma

Paradigma adalah pola piker kerangka berpikir. Contoh : kita harus merubah paradigm terhadap pendidikan bahwa pendidikan tidak hanya didapatkan dari sekolah saja.

5 Candala

Candala adalah merasa rendah diri. Contoh : De si Candala itu selalu menyendiri, padahal parasnya sangat cantik.

6 Mudita

Mudita adalah merasa bahagia ketika melihat kebahagiaan orang lain. Contoh : meskipun si A merasa kecewa melihat si B dengan si C. Si A tetap mudita karena rasa sayangnya terhadap si B.

7 Eunoia

Eunoia adalah pemikiran yang indah atau pemikiran yang baik. Contoh : teman-teman Rai menuduh bahwa Zo yang mencuri bukunya. Tetapi karena eunoia yang ada pada diri Rai, Rai tidak percaya itu.

8 Halai-balai

Halai-balai adalah kata lain untuk kusut, tidak karuan, terlantar. Contoh : karena stress yang dihadapi, kehidupannya menjadi halai –balai.

9 Panasea

Panasea adalah obat bagi semua penyakit atau kesulitan. Contoh : sakit yang dirasakan Yen  seketika berkurang karena pelukan Key. Pelukan Key adalah panasea baginya.

10 Kulacino

Kulacino adalah bekas air di meja akibat gelas dingin/basah. Contoh : Ra mengangkat gelas berbentuk love berisi minuman dingin. Meninggalkan kulacino yang indah diatas meja berwarna merah.

Itulah 10 kata cantik yang mungkin jarang bahkan belum pernah kita dengar. Mari kita mulai menulis karena banyak manfaatnya. Jika ada salah dalam penulisan dan pengertian kalimat atau ada tambahan kata-kata cantik yang lainnya, silahkan dikoreksi dan di tambahkan di kolom komentar. Trimakasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar