Inspirasi Tanpa Batas

10 Keahlian Bisnis Yang Harus Kampus Terapkan

0 10

10 Keahlian Bisnis Yang Harus Kampus Terapkan – Sebagian besar kampus atau sekolah terutama di Indonesia seperti yang telah kita ketahui bersama. Belum banyak mengakomodasi kurikulum serta pola pengajaran yang selaras dengan entrepreneurship. Maka itulah yang menjadi penyebab utama mengapa tidak banyak entrepreneur baru yang lahir dari dalam dunia akademik kita.

Berikut merupakan beberapa mata kuliah yang idealnya dapat diintegrasikan dalam sebuah institusi pendidikan yang ingin menelurkan lebih banyak lulusan yang dapat berkecimpung dalam dunia entrepreneurship, bukan hanya untuk menjadi pencari kerja.

Mata kuliah #1: Politik kantor dasar

Politik kantor meliputi jaringan kekuasaan dan juga status yang rumit, yang ada dalam setiap usaha, tak peduli skalanya masih kecil ataupun raksasa sekalipun. Jangan berharap jika seseorang akan mengajari Anda mengenai bagaimana menerjemahkan bahasa tubuh rekan kerja dan juga atasan, mengartikan gosip kantor, serta kapan saat yang tepat untuk diam atau bereaksi.

Mata Kuliah #2: Berbusana dengan baik dalam bisnis

Asumsi “Anda adalah apa yang Anda kenakan” sering berlaku pada kehidupan bisnis, seperti halnya di sekolah menengah. Namun tak seorang pun yang akan mengajari Anda tentang norma-norma berpakaian dalam kehidupan bisnis sehingga generasi muda (terutama untuk Generasi Y, yang lahir setelah tahun 1980) sering menyepelekannya kemudian datang ke kantor hanya dengan berpakaian seadanya. Anda tak bisa datang ke kantor dengan topi kumal, celana jeans usang, sandal, dengan tato di lengan serta berharap bahwa orang-orang di lingkungan kerja Anda akan memperlakukan Anda sebagai seorang eksekutif profesional yang layak untuk dihormati. Hormati diri Anda dengan berpakaian yang pantas, maka orang lainpun akan ikut menghormati Anda pula.

Mata Kuliah #3: Mengetik cepat

Sepertinya memanglah terdengar konyol. Namun jika Anda menyadari berapa banyak jam yang dihabiskan oleh kebanyakan profesional dan juga eksekutif sekarang ini hanya untuk mengetik di hadapan layar komputer dengan menatap keyboard terus menerus sambil berharap tidak menekan tombol huruf atau karakter yang salah atau berulang kali menekan tombol backspace guna menghapus ketikan yang salah? Semua itu menghabiskan waktu! Dengan mengetik lebih cepat dan juga tepat, Anda berpeluang menggunakan waktu secara lebih efektif dan bahkan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih singkat.

Mata Kuliah #4: Keterampilan menulis bisnis

Menulis dalam dunia bisnis tak sama dengan menulsi di lingkungan akademis. Di sekolah atau kampus Anda, Anda diajari untuk menjabarkan berbagai ide dalam benak Anda hanya demi melampaui target jumlah kata minimal atau jumlah halaman minimal. Dunia bisnis mengharapkan yang sebaliknya! Anda harus bisa menyampaikan ide yang sebanyak-banyaknya dengan cara yang seringkas mungkin. Tantangannya ialah bagaimana Anda bisa mengkomunikasikan ide dalam satu penjelasan yang ringkas dan padat. Jikalau memang detil diperlukan, Anda bisa menambahkannya dalam lampiran.

Mata Kuliah #5: Logika bisnis demistifikasi

Istilah lainnya untuk ini ialah bagaimana bersikap skeptis. Pahamilah cara-cara orang dapat menyesatkan secara sengaja atau tidak dengan angka, logika yang buruk serta retorika. Ditemukan ketidakbenaran yang tersembunyi dalam 99% dari semua hal yang Anda pernah dengar. Jadi bisakah Anda menemukannya?

Mata Kuliah #6: Manfaat dan anggaran bisnis

Fokusnya di sini ialah bagaimana semua detail kecil yang diperlukan dalam proses penyusunan anggaran dan pembiayaan dalam bisnis dilakukan dengan cara yang tepat dan efisien. Hal ini akan membayar dividen yang besar dalam upaya mendapatkan dana guna proyek favorit Anda atau memberikan pembenaran tentang gaji Anda sendiri atau menegosiasikan bonus.

Mata Kuliah #7: Teknik penjualan dalam bisnis

Kita bisa menemukan banyak sekali kursus ‘pemasaran’ di universitas serta kampus tetapi setiap orang harus berpikir bahwa ‘menjual’ bisa diketahui secara intuitif. Seni menjual ialah gabungan yang rumit antara kepiawaian dalam hubungan intrapersonal, teknik persuasif, negosiasi dan pengetahuan.

Mata Kuliah #8: Analisis akar masalah

Profesional dalam bisnis harus mampu menelaah masalah dari perspektif yang lebih besar. Banyak kelas dalam kampus yang berfokus pada suatu bidang minat yang sempit, yang hanya mengajarkan mahasiswa untuk berfokus pada masalah melalui satu lensa. Itulah mengapa berbagai konsekuensi yang tak terduga bisa terlewatkan begitu saja.

Mata Kuliah #9: Meminimalkan beban kerja dalam bisnis

Di kantor selalu ada pekerjaan yang jumlahnya melebihi waktu yang tersedia. Anda harus mampu memilah pekerjaan mana yang bisa ditinggal dahulu dan juga bagaimana untuk meninggalkan secara sementara dengan mengatur dan melakukan skala prioritas dan pada waktu yang sama berusaha untuk tetap memberikan kesan baik pada klien / konsumen Anda.

Mata Kuliah #10: Dasar-dasar pencarian kerja

Orang membutuhkan ekspektasi realistis tentang seberapa banyak usaha dan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan semua pekerjaan. Perbedaan antara deskripsi pekerjaan serta prestasi nampaknya masih kabur bagi sebagian orang.

Masalah yang mendasar bagi banyak orang ialah menemukan instruktur yang memenuhi syarat untuk mengajar. Hingga saat itu, alternatif terbaik yang dapat direkomendasikan ialah mendaftar magang kerja meskipun masih menjalani masa studi. Anda bisa saja menemukan pengalaman kerja langsung yang justru jauh lebih berharga daripada semua nilai A yang pernah Anda raih di kelas-kelas semasa kuliah atau mungkin Anda hendak mengubah jurusan kuliah. Anehnya, lebih banyak orang sekarang ini yang lebih terdidik namun memiliki persiapan yang kurang dari generasi sebelumnya. Menurut Anda, adakah kelas/ mata kuliah selain di atas yang bisa ditambahkan?

Komentar
Memuat...