Inspirasi Tanpa Batas

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia Dengan Koleksi Lengkap dan Menarik

0 20

Konten Sponsor

Bagi yang gemar membaca, perpustakaan selau menjadi bagian yang wajib dikunjungi ditiap pekannya. Seperti yang kita tahu, perpustakaan hadir sebagai salah satu kekayaan pengetahuan manusia. Di perpustakaan kita bisa mendapatkan aneka ragam kekayaan ilmu, menjelajahi dimensi lain,  mengungkap teks yang berabad-abad silam, bahkan menemukan inspirasi dan nmengenal seseorang atau karya dari mereka yang tidak diingat atau di kenal secara luas.

Nah, Buat kamu yang gemar membaca,mungkin wajib deh setahun sekai mengunjungi 10 Perpustakaan Terbesar di Dunia Dengan Koleksi Lengkap dan Menarik. Perpustaakan di apa dan mana?? yuk kita mulai.

10. Royal Danish Library (Kopenhagen)

Royal Danish Library

The Royal Library adalah perpustakaan nasional Negara Denmark dan juga berafiliasi dengan perpustakaan University of Copenhagen. perpustakaan ini berisi banyak harta sejarah dan salinan semua karya cetak negara Denmark abad ke-17. Bukan hanya itu, buku-buku Denmark pertama, yang dicetak pada tahun 1482 oleh Johann Snell pun tertata rapih di perputakaan ini. Kooleksiterdiri dari  35.400.000 item, 6.400.000 buku dan jurnal, 20.000.000 cetakan dan foto, 7.900.000 pamflet dan publikasi perusahaan. Sering perkembangan Zaman,  1.100.000 bahan bacaan dan Koleksi mulai di digitalisasi yang hampir menyimpan 1,5 juta Gigabyte (GB).

9. National Library of China (Beijing)

National Library of China

The National Library of China atau NLC adalah perpustakaan nasional dari Republik Rakyat Cina . Dengan koleksi lebih dari 35 juta item, perpustakaan ini adalah  salah satu perpustakaan terbesar di Asia. disini tersimpan koleksi terbesar dari literatur dan dokumen sejarah China di dunia. Didirikan pada tanggal 9 September 1909 oleh pemerintah dinasti Qing . Ini pertama kali dibuka secara resmi setelah Revolusi Xinhai , pada tahun 1912.

8. National Library of Russia (St. Petersburg)

National Library of Russia (St. Petersburg)

Perpustakaan Negara Rusia di Moskow adalah perpustakaan terbesar keempat di dunia dalam hal ukuran koleksi. Perpustakaan ini memiliki 44,4 juta item yang memanjakan pengunjung  sekitar 1,17di tiap tahunannya. Didirikan pada tahun 1862, perpustakaan umum ini membawa sekitar 200 lebih pembaca baru yang terdaptar di setiap harinya. Luarbisasanya hampir 4.000 pengunjung setiap hari. National Library of Russia memiliki 34 ruang baca yang akan memberi kenyamanan dan ketenangan bagi pengunjungnya.

7. Bibliothèque nationale de France

Bibliothèque nationale de France

Perpustakaan ini salah satu perpustaakaan digital di dunia. Pengguna online bisa mengakses ke perpustakaan ini jika telah daftar. Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1997 ini memeiliki 1.600.000 dokumen, 320.000 buku, 36.000 peta, 19.462 manuskrip, 410.000 gambar, 830.000 koran dan majalah dan 7.000 lembar musik.

6. National Diet Library (Tokyo)

National Diet Library adalah perpustakaan nasional Negara Jepang. Didirikan pada tahun 1948 untuk membantu anggota Diet Nasional Jepang dalam meneliti masalah kebijakan publik. Perpustakaan ini mempunyai Koleksi khusus yang penting diantaranya Sejarah politik dan konstitusional modern, Bahan-bahan yang menyangkut pendudukan pascaperang Jepang, Hukum dan catatan awal jepang,  Sains dan teknologi, Maps,  Musik, Buku-buku asing tentang Jepang dan Buku langka dan bahan lama. Jumlah Itemnya Yaitu 41,88 juta.

5. Russian State Library (Moskow)

 

The Perpustakaan Negara Rusia adalah perpustakaan nasional dari Rusia , yang terletak di Moskow . Ini adalah yang terbesar di negara ini dan yang terbesar keempat di dunia untuk koleksi buku-bukunya (17,5 juta). Dinamai Perpustakaan Negara Bagian Lenin VI dari tahun 1925 sampai namanya diubah pada tahun 1992 sebagai Perpustakaan Negara Rusia. perpustakaan ini menyimpan total 44,4 juta item.

4. The New York Library (New York City)

Perpustakaan umum New York City berfungsi sebagai tempat tinggal sekitar 53,1 juta item, jauh dari 170 juta item British Library. Dengan kekalahan 18 juta pengunjung per tahun, bagaimanapun, ini lebih dari 10 kali lebih populer daripada British Library. Perpustakaan Umum New York adalah perpustakaan umum terbesar kedua yang dikumpulkan di Amerika Serikat dan yang terbesar ketiga di dunia (mengikuti Perpustakaan Inggris dan Perpustakaan Kongres AS di atas), di bawah ini). Didirikan pada tahun 1895, koleksi perpustakaan yang luas mencakup beragam seni Amerika, buku langka dan bahkan Alkitab Gutenberg pertama di Dunia Baru. Popularitasnya tidak terkait hanya dengan umur dan koleksinya, namun Perpustakaan Umum New York juga ditampilkan dalam film-film seperti Ghostbusters, Spider-Man 2002 dan The Day After Tomorrow.

3. Library and Archives Canada

Dominion Archives didirikan pada tahun 1872 sebagai sebuah divisi di dalam Departemen Pertanian dan kemudian diubah menjadi Arsip Publik Otonomi Kanada pada tahun 1912 dan berganti nama menjadi National Archives of Canada pada tahun 1987. Kepemilikan LAC meliputi arsip arsip Pemerintah Kanada, arsip pribadi perwakilan , 20 juta buku yang diperoleh sebagian besar melalui setoran legal , 24 juta foto, dan lebih dari satu petabyte konten digital.

2. Library of Congress (Washington, DC)

Dari semua perpustakaan di dunia, tak ada yang lebih mahal untuk dipertahankan daripada Library of Congress. Dengan anggaran sebesar $ 647 juta, ini adalah perpustakaan yang paling didukung secara finansial. Perpustakaan Ini juga merupakan perpustakaan umum terbesar di Amerika Serikat dengan koleksi 151,8 juta item dalam koleksi dan tingkat pengunjung pertahunan hampir 1,75 juta orang. Tidak mengherankan bahwa perpustakaan penelitian ini yang didedikasikan untuk kebutuhan Kongres AS. Didirikan pada tahun 1800, dan Library of Congress juga merupakan perpustakaan nasional de facto di Amerika, dan juga simbol abadi sejarah Amerika.

1. British National Library(London)

The British Library Reading Room inside the British Museum, Bloomsbury, before the move of the British Library to its current location at St.Pancras.

Perpustakaan Inggris adalah perpustakaan terbesar di dunia dengan koleksi, menampung sekitar 170 juta item. 1,75 juta orang berkunjung setiap tahunnya, menjadikannya salah satu perpustakaan paling banyak dikunjungi di dunia. Dibuka pada tanggal 1 Juli 1973, perpustakaan nasional pada awalnya adalah bagian dari British Museum. Dengan demikian, museum ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah yang mengesankan yang disumbangkan dan diperoleh dari abad ke-18.[Ali Alamsyah/Dari berbagai Sumber]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar