Inspirasi Tanpa Batas

10 Prinsip Marketing Dalam Memasarkan Franchise

0 176

10 Prinsip Marketing Dalam Memasarkan Franchise – Tidak ada produk yang dapat sukses jika tidak ada konsep pemasarannya. Pentingnya pemasaran atau marketing ini adalah untuk dapat meraih sukses di pasaran. Untuk komoditi yang tingkat persaingannya terbilang tinggi membutuhkan usaha marketing yang sangat brilian. Tanpa konsep marketing yang begitu jelas, sebuah produk mungkin akan tidak berkembang.

Dalam usaha franchise kita membutuhkan usaha-usaha marketing agar keunggulan produk kita bisa terlihat. Namun yang perlu Anda ingat franchise seorang franchisee memiliki keterbatasan karena harus mendapatkan persetujuan dari franchisor untuk menyelenggarakan kegiatan pemasaran.

Ada 10 prinsip marketing yang dapat dilakukan dalam memasarkan usaha franchise, dikutip dari situs Franchise Bible.

Kenali Pelanggan dan Pasar

Anda tak pernah membeli sebuah franchise jika tidak adanya permintaan tehadap produk yang Anda tawarkan. Permintaan terhadap produk menjadi syarat utama guna menjalankan sebuah usaha. Anda juga harus mengenali para pelanggan Anda. Pebisnis yang sukses harus tahu mengenai pelanggannya, dan mampu mengadopsi kultur dan tren masa kini yang terjadi di lingkungan pelanggannya tersebut.

Produk dan Jasa

Di saat situasi persaingan semakin ketat dan juga diisi oleh orang yang menawarkan produk sejenis, maka sebuah merek serta kemasan menjadi hal yang beigtu penting. Merek serta kemasan harus memiliki keunikan agar berbeda dengan yang ditawarkan oleh para pesaing. Kenapa kita harus seperti itu, karena konsumen takkan membeli produk melainkan yaitu sebuah merek.

Promosi

Promosikan produk Anda melalui berabagai kampanye marketing, media public, media sosial, iklan TV, radio dan juga direct mail. Banyak franchisor memilih PR sebagai tempat representation dan panduan ditingkat perusahaan.

Posisikan Diri Anda Sebagai Ahli

Posisikanlah diri Anda sebagai seorang yang ahli agar dapat meningkatkan brand awareness. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjadi penulis dalam media atau kontributor ahli dibidang yang Anda geluti sekarang.

Jaga Pelanggan

Jagalah pelanggan Anda agar mereka kembali untuk membeli. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan in store promotion , loyalty program, kupon potongan atau spesial promo. Libatkan para pelanggan setiap kegiatan sponsorship atau juga amal.

Website

Gunakan website untuk mendapatkan para pelanggan. Kebanyakan franchisor memiliki website yang menyediakan pilihan untuk memilih berbagai lokasi, hal ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan lokal pasar kita.

Tambahan Informasi

Berikan pelanggan kita informasi tambahan tentang usaha Anda tersebut, informasi dapat berupa brosur ataupun sales video. Tak semua franchise memiliki kegiatan marketing tambahan. Materi ini dapat tidak relevan dengan franchise fastfood. Namun hal ini penting untuk franchise yang bergerak di bidang B2B.

Database

Memanfaatkan database, database sangat bermanfaat untuk kemajuan usaha Anda karena hal tersebut bertujuan menjaga konsumen dan juga menjadikan usaha Anda terdepan.

Referensi

Mantapkan referensi sistem dengan beberapa tambahan yang Anda miliki sekarang. Kemudian sajikan hal tersebut kepada konsumen Anda. Kemudian mintalah testimoni dari pelanggan agar dapat mengukur efektivitas promosi yang Anda lakukan.

Inovatif

Identifikasi pendekatan inovatif agar dapat mendapatkan lebih banyak pelanggan. Sebuah kesalahan jika kita menjalankan bisnis secara statis tanpa adanya inovasi baru. Untuk menjadi yang terdepan dalam usaha, Anda harus berani untuk berinovasi.

Komentar
Memuat...