10 Tips Penting Memilih Tempat Waralaba

0 2

Tips Penting Memilih Tempat Waralaba – Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum kita memulai bisnis waralaba adalah memilih lokasi yang strategis untuk tempat usaha. Karena lokasi juga ikut berperan penting menentukan tingkat kesuksesan usaha Anda. Jika belum memiliki bayangan seberapa strategis lokasi yang ingin Anda pilih, sebaiknya memintalah kepada franchisor untuk memberi gambaran tentang lokasi tempat usaha tersebut. Atau bsia juga, mintalah nasehat kepada franchisor dimana sebaiknya lokasi yang tepat dan bagus untuk usaha Anda.

Biasanya, franchisor akan melakukan riset pasar sebelum memberikan persetujuan kepada si franchisee. Riset ini salah satunya mengenai trade area franchisee untuk mengetahui secara demografis potensi usaha dan juga informasi yang berhubungan dengan lokasi atau tempat belanja masyarakat. Tak ada salahnya juga jika Anda meminta lebih rinci gambaran serta potensi lokasi yang direncanakan. Berikut adalah beberapa yang harus dipertimbangkan Anda dalam memilih lokasi.

Kepadatan penduduk

Kepadatan penduduk menjadi salah satu indikator besarnya potensi pasar usaha yang ingin Anda geluti, meskipun hal ini belum menjadi ukuran final. Apakah bisa dijadikan sebagai tempat belanja masyarakat.

Penghasilan

Jika kepadatan penduduk tidak linear dengan daya beli masyarakatnya, maka berarti lokasi itu tidak tepat sebagai tempat atau pusat perbelanjaan. Karena itu, perlu Anda cermati bagaimana penghasilan penduduk di area trade Anda tersebut. Apakah lingkungan dekat menyukai jika mereka ditawarkan produk dari usaha franchisee atau pusat perbelanjaan yang Anda miliki tersebut?

Jumlah usaha

Adakalanya, lokasi yang dipilih adalah pusat shopping (pusat shopping) atau titik sentra perdagangan. Nah, apakah banyaknya usaha berpengaruh kepada lokasi kita? Apakah tipe bisnis di area itu menggunakan produk atau juga service yang ditawarkan franchisee?

Tempat

Ada beberapa tipe tempat yang dapat dipilih untuk usaha Anda seperti mall (shopping mall), sentra usaha, perumahan, pinggir jalan dan lain sebagainya. Anda perlu menanyakan, apakah kebanyakan franchisee yang sukses berada di lokasi franchise seperti dengan di dalam mall, di bagian yang paling ramai, di bagian terpisah dari mall, stand atau bangunan tersendiri atau bisa di sentra industri?

Lalu lintas

Berapa banyak kendaraan yang lalu lalang di lokasi tersebut per harinya? Apakah orang yang lalu lalang akan dapat melihat tanda bisnis (plang/sign) Anda? Apakah lokasinya dapat mudah diakses?

Pusat keramaian

Jika lokasi berada di bagian mall misalnya contoh Mall Depok Town Square, kebanyakan pusat lalu lalang yang terbaik adalah di outlet-outlet makanan. Kadang-kadang, di seberang jalan mall juga menjadi tempat yang di penuhi orang lalu lalang dan juga biasanya harga sewanya juga lebih murah. Bisa juga lokasinya di rumah sakit, kampus atau dapat di pusat-pusat orang datang.

Akses karyawan

Bisa saja lokasi yang jarak tempuhnya sangat jauh menjadi kontra produktif untuk karyawan Anda. Karena itu, lokasi sebaiknya terbilang cukup dekat terutama untuk karyawan utama Anda. Misalnya Grage Mall Cirebon.

Zona

Jika lokasi yang Anda pilih bukanlah daerah perdagangan semacam shopping mall atau tak cocok dengan usaha Anda, sebaiknya tidak dipaksakan. Maka, perlu juga Anda menanyakan, apakah zona lokasi cukup pantas untuk bisnis Anda tersebut.

Kompetisi

Pertimbangkan juga tingkat kompetisi usaha yang ingin Anda jalankan. Jika di lokasi tersebut sudah jenuh dengan usaha yang menawarkan produk yang sejenis, bisa jadi lokasi itu menjadi tak strategis buat Anda.

Lingkungan

Anda pasti ingin usaha Anda terlihat berwibawa dan juga lingkungan di sekeliling lokasi tidak mengganggu usaha franchise Anda. Tanyakan kepada franchisor, apakah area lokasi itu cukup bersih dan terkendali? Apakah lingkungannya juga cukup baik?

Selanjutnya, mintalah franchisor membantu Anda bernegosiasi untuk mendapatkan lokasi yang strategis dan juga harga sewa yang lebih murah. Karena bisa saja dalam kasus tertentu, usaha tersebut dibutuhkan, misalnya oleh real estate untuk menjaring pasar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.