Take a fresh look at your lifestyle.

1000 Budaya Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Indonesia

0 233

Negara indonesia merupakan negara kepulauan yang di dalamnya terdapat banyak kebudayaan. Ini yang menjadi daya tarik negara Indonesia dibanding dengan negara-negara tetangga atau negara lainnya yang ada di dunia. Sebuah kebanggaan bagi masyarakat Indonesia untuk mempertahankan nilai-nilai budaya dan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Indonesia. Dengan semboyan negara Bhineka Tunggal Ika yang artinya beragam budaya dan lainnya tetapi tetap satu untuk Indonesia.

Budaya Dan Pola Pikir

Budaya merupakan kebiasaan atau pola pikir masyarakat yang menjadi kebiasaan dalam sebuah kelompok tersebut dan diturunkan pada generasi selanjutnya. Budaya memang tidak langsung terbentuk pada masyarakat karena beberapa unsur yang menjadi rumit. Kenapa budaya itu dapat lahir?salah satu peninjauannya itu bisa kita katakan dari perbedaan agama, unsur politik dan ras Bahkan yang paling di butuhkan masyarakat tentang kebutuhan ekonomi.

Ekonomi merupakan kebutuhan setiap individu tanpa dengan penunjang ekonomi kita akan kewalahan melawan permasalahan hidup. Dapat dikatakan ekonomi menjadi sebuah kebutuhan pokok yang mendasar. Jika ekonomi mapan maka masyarakatpun sejahtera tentu negara pun akan semakin siap bersaing dengan negara-negara maju.

BACA JUGA: Nasib Ekonomi Indonesia Di Masa yang Akan Datang

Indonesia masih termasuk negara berkembang sekian ratus juta penduduk indonesia dengan sekian ratus budaya dan suku masih belum memecahkan permasalahan ekonomi. Masih banyak masyarakat miskin yang kehidupannya serba kekurangan padahal jika 2% masyarakat indonesia menjadi pengusaha saya punya keyakinan negara indonesia akan maju dan masyarakatnyapun sejahtera.

Kenapa Indonesia Belum Menjadi Negara Maju?

Alasan kenapa Indonesia belum dikatakan negara maju ini terjadi pada faktor budaya masyarakat Indonesia. Budaya masyarakat indonesia lebih kepada konsumtif. Selalu ingin menikmati hasil produk orang lain (katakanlah orang asing), tidak mau kreatif untuk menciptakan sebuah produk untuk saling menikmati. Gagasan baru dari individu masyarakat harus merubah pola pikir dari budaya konsumtif menjadi budaya produktif,. Menciptakan sebuah usaha baru demi terciptanya lapangan kerja yang baru juga.

Jika budaya ini diturunkan pada generasi selanjutnya ini akan menjadi budaya ekonomi yang luar biasa. Demi kemajuan negara indonesia, negara yang lahan luas dan bahan baku yang melimpah siap di olah untuk menjadikan sebuah produk yang diterima oleh setiap kalangan. **Karim Pamela

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar