12 Cara Mengatasi Masalah Psikis atau Stress

0 3.330

Cara Mengatasi Masalah Psikis atau Stress. Pernah mendengar kata “stress”??? semua orang pasti pernah bahkan sering mendengarnya. Salah satu penyakit kejiwaan yang semakin hari semakin meningkat adalah penyakit stress yang terus berkembang dalam kehidupan manusia. Stress sering datang kepada manusia yang tidak sanggup mengahadapi kesulitan-kesulitan dalam hidup bahkan tidak mampu mengatasi berbagai persoalan yang menimpa dalam hidupnya. Dilihat dari kacamata psikologis ada beberapa faktor yang melatar belakangi  seseorang yang dapat menyebabkan stress diantaranya adalah :

Ketakutan yang tidak diketahui, ketidak mampuan dirinya untuk mengenal dan mengawasinya Kekurangan segala sesuatu. orang-orang yang berada dikehidupan kita tidak semuanya menyenangi. Tidak mampu menatap masa depan yang baik “maka kita akan mengalami stress ketika kita tidak berfikir masa depan, dan tidak memiliki cita-cita dan harapan” Banyaknya konflik-konflik, kegagalan  dan kenyataan untuk menerima suatu realitas.

Maka tidak heran banyak manusia yang berlomba-lomba untuk mencari kesenangan atau dengan kata lain di sebut refresing agar tidak mudah terkena stress. Banyak cara untuk dilakukan menghilanhkan stress dengan cara shoping, main game, meminum obat penenang, bisa jadi orang sampai menggunakan narkoba. Tapi dengan cara apaun yang dilakukan, bisa dipastikan suatu saat nanti stress akan datang lagi.

Cara Untuk Menghilangkan Stress

Ada beberapa cara untuk menghilangkan stress diataranya:

  1. Bacalah Al-Qur’an atau Buku.
  2. yaitu jujur pada diri sendiri bahwa diri ini sedang menghadapi masalah. Katakan bahwa masalah yang kita hadapi cukup berat dan butuh pemikiran orang lain. Rengkuh masalah itu. Rasakan seperti halnya kita sedang ada dalam dekapan kekasih yang begitu dirindui.
  3. Menangis, menangislah di hadapan orang yang dapat dipercaya. Ceritakan masalah yang sedang kita hadapi. Dengan mengungkapkan rasa pahit agar bisa mengurangi beban mental yang dihadapi.
  4. Makan, makanan yang bisa meringankan stress, seperti, pisang yang banyak mengandung potassium, coklat, teh hijau hangat, sup ayam kampong dll.
  5. Berolahraga, dengan berkeringat dan perasaan lelah setelah olah raga bisa membuat tubuh terasa segar.
  6. Menulislah, dengan cara menuangkan semua rasa sedih, duka lara itu ke dalam tulisan. Buatlah, puisi, cerita pendek atau apapun bentuknya.
  7. Jalan-jalanlah. Lihatlah kehidupan nan lebih pahit dari hayati Anda. Bersyukurlah akan keadaan Anda sekarang.
  8. Sibukkan, dengan cara kita menyibukan diri dari berbagai kegiatan yang benar-benar kita senangi.
  9. Berkumpulah dengan teman-teman yang baik.
  10. Yakin, bahwa kita tak sendiri dalam menghadapi permasalahan. Setiap mahluk yang diciptakan Allah pasti mempunyai masalah.
  11. Pasrah, dengan cara kita mempasrahkan diri kepada Allah SWT. Karena kita tidak memiliki daya dan upaya yang akan sukses tanpa seijinNya.
  12. Mendengarkan alunan musik yang menenangkan. Misalkan lagu-lagu yang memiliki suara yang jernih dengan musik keindia-indiaan, yang cukup menyentuh qolbu. Bernyanyi, menari, nikmati setiap alunan irama musiknya.

Dengan cara kita berpasrah kepada Yang Kuasa ialah merupakan obat yang mujarab terbaik bagi penyakit psikis atau Stress. Dengan cara berdo’a, rebahkanlah seluruh jiwa dan raga dalam kehangatan malam yang dapat dipenuhi oleh harapan-harapan.

Oleh : Herman Beni

Dosen IAIN Syeh Nurjati Cirebon

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.