Inspirasi Tanpa Batas

12 Tips Penting yang Harus di Persiapkan Bagi Para Pendaki Pemula

0 16

Konten Sponsor

Penulis akan memberikan beberapa hal yang harus dipersiapkan bagi para pendaki pemula. Diantaranya adalah :

1. Latihan Fisik dan Latihan Pernafasan

Sebelum kalian melakukan pendakian, hal yang harus kalian lakukan adalah latihan fisik dan latihan pernafasan. Bisa dengan lari-lari kecil di sekeliling kampung atau komplek kalian. Jangan melakukan hal ini tepat di H-1 pendakian ya. Sebaiknya kalian lakukan minimal dari H-3 ya dan selama 3 hari berturut-turut, agar kalian lebih terlatih.

2. Memakai sepatu gunung

Karena mendaki merupakan sebuah kegiatan yang sangat memerlukan banyak kekuatan kaki. Maka kalian harus memakai sepatu khusus untuk mendaki. Karena Sepatu Khusus untuk mendaki yang sering disebut “Sepatu gunung”. Tepatnya di bagian telapak sepatu yang terdapat sol kembang yang besar. Hal itu sangat berguna bagi pendaki awal. Supaya bisa lebih taft dalam melangkah dan tidak mudah terpeleset atau tergelincir.

Memang belum pernah ditemukan seorang pendaki meninggal karena masalah sepatu. Tapi apakah kita harus mengkaji masalah ini setelah baru ada yang meninggal?. (Jazuli Imam : 188)

4. Jangan memakai celana berbahan Jeans

Mengingat Iklim Indonesia yang tropis. Tentu membuat gunung-gunung dihiasi hutan-hutan yang lebat, lembab dan curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu sebagai pendaki awal kalian harus tahu terlebih dahulu tentang hal ini ya.

Memang jeans sekilas terlihat kuat, taft, tebal dan tidak mudah sobek. Tetapi karena bahan Jeans itu sendiri yang tidak mudah kering dan sirkulasi udaranya kurang begitu baik. Maka sebaiknya kalian memilih celana bahan yang lebih sedikit tipis dari jeans agar mudah kering. Jika sewaktu-waktu terkena hujan. (Jazuli Imam : 190)

5. Barang-barang yang rawan basah jika terkena air. Seperti sleepingbag dan pakaian-pakaian sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan plastik

Barang-barang yang rawan basah jika terkena air. Seperti sleepingbag dan pakaian-pakaian sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan plastik sebelum dimasukan kedalam Carrier. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya jika sewaktu-waktu Carrier kalian jatuh kekubangan air, sungai atau kehujanan. Kalian tidak perlu menunggu lama untuk menjemur kembali pakaian kalian dan sleepingbag yang terkena air tersebut. Agar pendakian kalian tidak diselimuti dingin karena tidak ada pakaian ataupun sleepingbag. (Jazuli Imam: 190)

6. Alat-alat yang berat sebaiknya disimpan paling atas tumpukan barang-barang lainnya

Supaya titik berat bawaan kalian jatuh tepat di punduk dan punggung kalian. Sebagaimana Carrier itu diciptakan untuk menitikberatkan barang-barang kalian khususnya di punduk dan punggung kalian. (Jazuli Imam : 191)

7. Barang-barang yang tidak terlalu harus dikeluar-masukan selama perjalanan. Sebaiknya disimpan ditempat paling bawah

Barang-barang yang ringan seperti Sleepingbag, pakaian dan barang-barang yang tidak terlalu harus dikeluar-masukan selama perjalanan. Sebaiknya disimpan ditempat paling bawah dalam Carrier.

8. Matras disimpan paling atas Carrier

Matras disimpan paling atas Carrier selain untuk membentuk adalah untuk melindungi barang-barang kita yang ada didalam Carrier.

9. Pasukan logistik berbentuk makanan sebaiknya dibanyakin ya guys

Syukur-syukur makanan kalian ada lebihnya. Kalian bisa memberikan makanan kepada pendaki lainnya. Tapi jangan terlalu banyak juga sampai memenuhi satu Carrier. Cukup satu kantong plastik yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga.

Mengingat dalam pendakian kalian itu memerlukan 4000 kalori tiap harinya. Kalo sudah terpenuhi kalori kalian kan kalian bisa lebih nyaman lagi mendakinya. ( Jazuli Imam : 191)

10. Kalian harus pinter manage air

Ditakutkan nanti sebelum sampai dipuncak. Air kalian sudah habis duluan. Bisa bahaya kalo kaya gini. Jangan terlalu lama juga menahan rasa haus kalian ketika mendaki ya. Nanti bisa-bisa kalian dehidrasi. Makannya sekali lagi penulis katakan. Kalian harus pintar-pintar memanage air ya.

11. Memilih jalur pendakian khusus bagi pemula ya guys

Ingat segala sesuatu itu harus mampu beradaptasi terlebih dahulu ya. Supaya kalian tidak merasa kaget dan tidak menyesal untuk kembali lagi ke puncak dikemudian hari. Jangan mentang-mentang kalian sudah latihan fisik atau merasa kuat. Sehingga jalur yang kalian ambil adalah jalur itu malah bisa membuat kalian berada dalam bahaya.

12.Jangan Malu mengatakan Lelah kepada Rekan Pendakian Kalian

Ini yang paling penting guys. Jika kalian lelah. Jangan pernah malu untuk mengatakannya kepada rekan pendakian kalian ya. Jika kalian terus memaksakan, Padahal kalian sudah tidak kuat lagi. Bahaya lho guys. Bisa-bisa nyawa kalian terancam.

Terakhir Sebelum mendaki hendaknya kalian lakukan Streching ringan terlebih dahulu dan berdoa. Supaya keselamatan selalu menyertai kalian

Dalam perjalanan pendakian kalian. Penulis ingatkan satu hal yang paling penting dan harus di perhatikan dari semua yang sudah dijelaskan diatas. Tidak lain adalah jangan pernah mengotori petualangan kalian dengan membuang sampah sembarangan !.

Tidak ada alasan melegalkan membuang sampah sembarangan bagi siapa saja. Sekalipun kalian adalah pendaki yang pemula. Justru kalian harus lebih memperhatikan hal ini. Apakah kalian tega melihat alam kalian sudah tidak asri lagi karena tercemari oleh tangan-tangan kalian yang tidak bertanggungjawab?.

Sumber : Jazuli Imam. 2017. “ Pejalan Anarki”. Yogyakarta : Jelajah Pustaka.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar