14 Tempat Wisata Air Terjun Terindah Di Kabupaten Tasikmalaya

0 1.117

Kabupaten Tasikmalaya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Indonesia. Kabupaten Tasikmalaya berbatasan dengan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Majalengka di utara, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran di timur, dan Kabupaten Garut di barat. Samudera Hindia di selatan.

Terletak di daerah Priangan, Kabupaten Tasikmalaya sejauh ini dinilai sebagai kabupaten paling besar dan berperan penting di wilayah Priangan Timur. Sebagian besar wilayah Kabupaten ini merupakan daerah hutan hijau, terutama pertanian dan kehutanan, sementara mayoritas penduduknya adalah petani.

Kabupaten Tasikmalaya terkenal akan produksi Kerajinannya, Salak, sementara Nasi Tutug Oncom adalah makanan khas terkenal dari Kabupaten ini. Kabupaten Tasikmalaya juga dikenal sebagai pusat keagamaan terbesar di Jawa Barat, “Kota Santri” julukan yang terkenal untuk kabupaten ini, karena memiliki lebih dari 800 pesantren tersebar di penjuru wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Selain terkenal dengan produksi krajinan dan makanan khas, kabupaten Tasikmalaya juga memliki puluhan tempat wisata alam yang tak kalah menarik dengan wilayah lainnya di Indonesia.

Dari sekian banyaknya tempat wisata alam di kabupaten Tasikmalaya, kali ini kami akan memberikan informasi khusus tempat wisata air terjun atau “curug” (bahasa sunda) yang berada di di kabupaten Tasikmalaya. Sebagian Informasi ini kami dapatkan dari beberapa media sosial dan media online lainya seperti blog dan website.

1. Curug Dengdeng Tasikmalaya

Curug Dengdeng adalah sebuah air terjun yang paling terkenal di kabupaten Tasikmalaya. Curug Dengdeng menjadi terkenal setelah beredar luas photo-photo keindahannya melalui media sosial di tahun 2013 (Baca: 5 Tempat Wisata Alam Favorit Efek Media Sosial Di Jawa Barat). Curug Dengdeng berada di Sungai Cikembang, Kampung Cirerese, Desa Tawang, Kec Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

2. Curug Cimanintin Tasikmalaya

Curug Cimanintin

Obbjek wisata alam Air Terjun Cimanintin (Curug Cimanintin) beralamat di Desa Tanjungsari, Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Akeses untuk menuju ke tempat ini anda harus melewati jalanan berbatu dengan kendaraan bermotor dan dilanjutkan dengan jalan kaki.

Sepanjang perjalanan anda di suguhi pemandangan persawahan dan juga perbukitan yang menarik untuk di jadikan objek foto. perjalanan menuju curug ini saja sudah indah, gimana nantinya ketika sampai ke lokasi curug ya, dan pastinya curug ini tidak mengecewakan karena mempunyai pemandangan yang indah dan kebersihanya pun masih terjaga

3. Curug Ciwatin Tasikmalaya

Curug Ciwatin

Selanjutnya adalah Air Terjun Ciwatin (Curug Ciwatin) yang berlokasi di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya.

Akses di sekitar Curug Ciwatin jauh lebih mudah dijangkau dan nyaman, jadi membuat Curug Ciwatin memiliki potensi besar untuk dikembangakan sebagai objek wisata andalan di Desa Linggalaksana. Meskipun Curug Ciwatin merupakan curug yang pendek, namun memiliki daya tarik tersendiri, dengan kolamnya yang lebih luas dan airnya yang sangat tenang dan jernih.

4. Curug Batu Blek Tasikmalaya

Curug Batu Blek Tasikmalaya

Selanjutnya adalah Curug batu blek yang berlokasi di Desa Santana Mekar kecamatan Cisayong Tasikmalaya.

Akses untuk menuju Curugg Batu Blek mempunyai akses jalan yang tidak mudah di jangkau, yaitu harus melewati jalanan yang berbatu dan masih tanah menggunakan kendaraan bermotor. Selanjutnya di teruskan dengan jalan kaki melewati lembah dan pematang sawah.

5. Curug Ciparay Tasikmalaya

Curug Ciparay Tasikmalaya

Selajutnya Air Terjun Ciparay “Curug Ciparay” air terjun yang mempesona ini berada di kaki Gunung Galunggung kampung Cipareuntas Desa Cidugaleun Kecamatan Cilgalontang kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Curug Ciparay juga sering disbut dengan “Curug Kembar Ciparay”, karena ditempat ini terdapat dua Air Terjun dari dua aliran sungai dari Kaki Gunung Galunggung.

6. Curug Cihanjuang Tasikmalaya

Curug Cihanjuang Tasikmalaya

Curug cihanjuang merupakan curug yang berlokasi di Ds Santana Mekar, Kec. Cisayong Tasikmalaya. Curug ini juga maish jarang di kunjungi oleh wisatawan. Tentunya curug ini masih alami dan bersih. sangat di rekomedasikan bagi anda yang suka dengan wisata tersembunyi.

7. Curug Koja Tasikmalaya

Curug Koja Tasikmalaya

Wisata alam menarik curug koja berloaksi di Desa Linggajaya Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. untuk menuju ke loaksi tersebut anda harus menyusuri sungai, melewati pematang sawah dan juga lembah.

8. Curug Putih Tasikmalaya

Curug Putih Tasikmalaya

Curug putih adalah salah satu curug yang berloaksi di kaki gunung galunggung dan tepatnya berloaksi di Kp Cipeuteuy Ds Santana Mekar Kecamatan Cisayong Tasikmalaya. Perjalanan menuju air terjun ini pun tidak mudah anda harus melewati lembah dan menyusuri sungai.

9. Curug Sawer Mandalamekar Tasikmalaya

Curug Sawer Mandalamekar

Curug sawer madala mekar berlokasi di Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras tasikmalaya. Akses ajalan menuju ke curug ini sangat terjal dan agak rumit. jadi kami sarankan bagi anda yang akan berkunjung ke tempat ini di himbau untuk selalu berhati hati.

10.  Curug Arjuna Tasikmalaya

Curug Arjuna Tasikmalaya

Masih seputar tentang wisata alam air terjun di tasikmalaya, yaitu Curug arjuna yang berlokasi di Desa Santan Mekar Kecamatan Cisayong Tasikmalaya. Wisata ini tergolong yang yang masih jarang dikunjungi karena akses jalan menuju curug arjuna tidaklah mudah.

11. Curug Cileutak Tasikmalaya

Curug Cileutak Tasikmalaya

Curug ini berada di  Kampung Cieceng, Desa Sindang Asih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Airnya yang jernih dan masih bersih, mengalir dengan deras, belum lagi pemandangan sekitar yang menakjubkan.

Curug Cileutak yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan lebar sekitar 20 meter yang mengalir dari sungai Ciharuman, mempunyai kondisi air yang jernih, dan sangat sayang jika tak dinikmati kesegarannya. Belum lagi adanya sebuah kolam yang tidak terlalu dalam di bawah air terjun.

Curug ini bisa menjadi wahana bermain air yang menarik bagi anda karena curug ini aman di gunakan untuk berenang. Namun harus ada sedikit usaha yang lebih untuk bisa sampai ke curug yang indah ini.

12. Curug Gado Bangkong Tasikmalaya

Curug Gado Bangkong Tasikmalaya

Wisata air terjun tersembuni di tasikmalaya selanjutnya adalah Curug Gado Bangkong yang berlokasi di Desa Santan Mekar Kecamatan Cisayong Tasikmalaya. Untuk menuju ke lokasi ini anda hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua dan di lanjutnkan dengan berjalan kaki.

13. Curug Wayang Tasikmalaya

Curug wayang berloaksi di Desa Santana Mekar Kecamatan Cisayong Tasikamalaya. Ciri khas dari curug ini mempunayi air terjun dengan air yang jernih dan kolan yang tenang yang bisa anda jadikan sebagai tempat berenang yang sangat menarik.

14. Curug Galunggung Tasikmalaya

Tempat wisata air terjun di tasikmalaya yang terakhir adalah curug galunggung yang berloaksi di kaki gunung galunggung. Curug tersebut sangat sulit di jangkau karena hampir tidak ada akses yang memungkinkan untuk menuju curug tersebut. Anda hanya bisa menikmati curug tersebut dari kejahuan.

Gimana keren kan wisata alam di tasikmalaya? curug mana yang terindah menurut kalian? komentar dibawah.

Untuk mengetahui tempat wisata lainnya silahkan kunjungi Wisata LyceumID

Jika kalian menemukan tempat-tempat yang indah yang belum terpublikasikan silahkan kirim emai ke:

[email protected] atau [email protected]

kami akan membantu kalian mempublikasikannya. terimakasih..!!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.