16 Cara Jitu Menghilangkan Stress Dalam Hidup

0 32

Setiap manusia pasti akan mengalami yang disebut dengan stress, hanya orang yang memiliki sakit jiwa yang tidak akan mengalami stress. Semakin banyaknya tekanan yang melibatkan baik lahir ataupun batin membuat hati kita terasa jenuh. Salah satu yang menyebabkan seseorang stress adalah masalah yang berkaitan dengan masalah pekerjaan, hubungan percintaan dan hutang. (16 Cara Jitu Menghilangkan Stress Dalam Hidup)

Menghilangkan Stress dengan cara:

Beban dari setiap orang memiliki tekanan yang berbeda dan tantangan hidup yang berbeda pula. Stress murapakan fakta kehidupan dari semua orang yang merasakan stress dalam menjalani hidupnya. Semakin tinggi tingkat stress akan sangat berbahaya bagi dirinya. Ini semuanya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik maupun mental. Orang terlalu banyak stress akan membuat dirinya tidak bisa berpikir secara benar, sehingga menyebabkan menurunnya efisiensi dan atau produktivitas dan akan mengganggu emosionalnya.

Mendengarkan Musik Sebagai Terapi

Dengan musik pikiran kita akan merasa tenang dan memberikan efek rileks bagi dari semua ketegangan dan stress. Dengan mendengarkan musik favorit kita atau memainkan gitar atau piano ketika kita merasa stress dengan cara kita mencobanya akan sangat lebih baik.

Perbanyak Sholat

Bermunajah kepada Allah SWT, ketika kita bercerita tentang apa saja yang menjadi beban, maka kita meminta dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat, dan meminta agar diberikan kemampuan dalam menghadapi masalah yang menjadi beban pikiran kita.

Perbanyak Bersyukur

Dengan kita bersyukur terhadap apa yang kita miliki sekarang, banyak orang seringkali merasa stress dan depresi dikarenakan mengharapkan sesuatu impian yang terlalu tinggi dan jauh dari kenyataan. Bukan berarti kita tidak memiliki ambisi tetapi dalam merencanakan sesuatu yang lebih realistis.

Cobalah Cari hal-Hal yang MembuatTertawa

Tertawa adalah cara pengobatan yang baik. Dengan rasa humor yang baik, kita kurang rentan terhadap stress, depresi dan kecemasan. Ketika kita menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan sampai kehilangan senyum di wajah kita dan hadapilah sebagai seorang yang tidak pernah mengutuk takdir.

Mengidentifikasi Sumber Stress

Pertama-tama, cobalah untuk mencari tahu apa yang paling membuat diri kita merasa tertekan. Kadang-kadang sumber-sumber luar seperti lingkungan kerja, lingkungan teman sebaya, beban pikiran terlalu banyak atau masalah pasangan dan keluarga penyebab utama atau sumber pikiran kita sendiri, kekhawatiran, emosi tidak stabil yang memicu kondisi menjadi stress.

Belajarlah untuk Berkata Tidak dalam Kehidupan

Sangat sulit rasanya untuk mengatakan “TIDAK” dalam kehidupan pribadi atau profesional kadang kita berpikir bahwa dengan menolak, bahwa orang lain akan merasa jengkel. Dengan bersikap tegas, fokus pada suatu tujuan kita sendiri dan berani mengatakan TIDAK kepada mereka justru memberikan kita ketenangan, ini tentu akan mencegah diri kita terbawa dengan pikiran stress daripada terpaksa berkata YA sementara kadang kita tak mampu melakukannya, pada akhirnya dapat menyebabkan stress.

Menganalisis Waktu

Ketika kita merasa terbebani dengan banyak tanggung jawab, cobalah untuk menganalisis, memprioritaskan dan mengatur tugas-tugas yang telah kita buat daftar yang harus dilakukan dan menyusun tugas-tugas yang paling penting dan harus segera dilakukan. Kemudian, membagi waktu sesuai dengan prioritas tugas. Dengan beberapa tugas terlalu besar untuk dilakukan pada satu waktu, bagilah tugas dalam kelompok-kelompok kecil. Jangan membebani diri sendiri dan untuk coba menemukan waktu untuk bersantai atau rilek sejenak. Dengan kita bias memenaj waktu adalah kunci keberhasilan dan jika kita mengatur waktu dengan baik, maka kita akan merasa lebih fokus dan energik dan stress akan jauh dari diri kita.

Tidak Menekan Pikiran dan Emosi

Bila perilaku seseorang yang mengganggu dan membuat kita stress. Berbicara dengan sopan dan ceritakan tentang hal yang menjadikan diri kita stress. Dengan cara kita menguasai pikiran dan emosi, jangan sampai amarah yang akan membuat keadaan menjadi tambah rumit.

Berikan Luang Waktu untuk Diri Sendiri

Coba bersantai, beberapa waktu kita habiskan dengan keluarga, menonton film atau membaca buku, bermain olahraga tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman, benar-benar akan menenangkan pikiran kita dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stress.

Bergaul dengan Orang Positif

Bergaul dengan orang-orang positif, setidaknya akan memperkuat mental kita untuk bertahan menghadapi stress. Dianjurkan bagi kita untuk bertukar pikiran untuk membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

Menggunakan Pola Makan yang Sehat

Ketika orang-orang dilanda stress, mereka mulai lebih sering makan junk food, meningkatkan asupan teh atau kopi. Dengan melakukan justru dapat menyebabkan kondisi traumatik yang berkepanjangan. Setipa orang harus memiliki menu harian yang sehat dan seimbang lengkap dan komponen nutrisi yang cukup. Salah satu makanan yang bernutrisi adalah tanaman organik dan termasuk sayuran berdaun hijau maupun buah-buahan yang memiliki anti-oksidan dan memiliki vitamin C yang membantu menurunkan hormon stress.

Berolahraga Setidaknya 30 Menit Perhari

Dengan kita berolahraga, paru-paru dan organ tubuh lainnya akan mengembang dan mendapatkan banyak oksigen yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan membantu mengurangi tingkat stress. Dengan olah dapat juga membantu untuk membiasakan tidur teratur. Kita dapat melakukan latihan ringan seperti berjalan, berenang atau aerobik untuk mengalahkan stress.

Tidur dengan Cukup

Dalam sehari semalam tidur minimal 6 sampai 8 jam karena akan meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Ketika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah dan berkonsentrasi bekerja dengan baik yang selanjutnya menyebabkan stress.

Pernapasan Perut

Ketika kita stress, maka napas kita menjadi sesak yang berarti kekurangan oksigen dalam tubuh. Sedangkan pernapasan perut tidak hanya melibatkan paru-paru tetapi juga perut atau diafragma.  Hal ini akan memberikan lebih banyak oksigen dalam tubuh dan akan membantu otak agar membuat gelombang panjang dan lambat untuk dapat menenangkan pikiran dan membantu untuk mengurangi tingkat stress.

Hindari Sikap Anti-Sosial

Bergaulah dengan orang lain, pergi ke ketempat-tempat hiburan bersama teman-teman, dan berbincang-bincang dengan tetangga atau dengan teman sekantor walaupun cuman hanya bergisuf. Hindariu diri kita jangan samapai kita mengurung diri dan tenggelam dalam kesendirian atau masalah yang pada akhirnya menyebabkan stress berkepanjangan.

Cinta dan Kasih Sayang

Perbanyak waktu berkualitas dengan orang-orang yang kita sayangi dan cintai seperti halnya anggota keluarga, sahabat dan pasangan. Jika berkomunikasi dengan mereka setiap hari walaupun dengan waktu yang sangat singkat tapi dapat membuat perasaan menjadi aman, nyaman dan damai.***Herman Beni

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.