Take a fresh look at your lifestyle.

2 Cara Sederhana dan 6 Langkah Jitu Berhenti Merokok

0 249

Fakta merokok membahayakan tubuh sejatinya sudah diketahui para perokok. Namun, kandungan nikotin yang kuat yang menyebabkan candu dalam tubuh perokok membuat mereka hampir tidak bisa meninggalkan rokok. Selain itu, minimnya pengetahuan tentang cara sederhana dan langkah jitu Berhenti Merokok disinyalir jadi salah satu faktor para perokok tidak bisa berhenti merokok.

Dalam beberapa penelitian dijelaskan bahwa rokok mengandung  4.000 komponen kimia, dan 250 diantaranya berbahaya bagi kesehatan manusia (Centers for Disease Control and Prevention US). Dalam beberapa tahun tidak kurang dari 480.000 kematian di Amerika Serikat yang disebabkan oleh rokok. Pertanyaan sederhananya, Bisakah Peroko berat dan ringan berhenti merokok secara total? jawabanya tentu sangat bisa. Untuk itu, berikut ini Cara Sederhana dan Langkah Jitu Berhenti Merokok yang disarankan Kementrian Kesehatan RI :

Tips Berhenti Mereokok

Untuk berhenti merokok menurut penelitian yang dilakuakan tim riset Kemenkes dan di terbitkan dalam Informasi kesehatan Kemenkes ada dua cara dan 6 tahapan. Berikut ini ulasannya :

1. Berhenti Seketika

Untuk kebanyakan orang yang berhenti merokok ini ternyata cara yang paling jitu, “hari ini merokok, esok berhenti seketika”  untuk tips yang pertama ini berikut tahapannya :

  • Motivasi. Bulatkan tekad untuk berhenti merokok.
  • Menahan Diri. Ini mungkin akan terasa berat, Namun kembali ke niat dan motivasi tinggi bawa anda mulai berhenti merokok.
  • Kenali situasi dan waktu anda ingin merokok, dengan begitu anda akan memiliki kesiapan dan alternatif ketika anda ingin merokok.
  • Mengurangi Candu. ada banyak cara mengurangi reaksi candu, dari mulai makan makanan yang manis, minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan saat anda ingin merokok.
  • Rajin berolahraga, dan sibukan diri dengan aktifitas. Karena kebanyak merokok itu saat santai. Minta dukungan keluarga dan orang disekitar bahwa anda berhenti merokok.
  • konsultasi ke dokter dan pakar kesehatan.

2. Mengurangi Secara Bertahap

Cara yang kedua ini bisa dibilang penyesuaian, prosesnya cukup panjang, namun ini bisa membawa pecandu rokok berhenti merokok. Berikut ini tahapannya:

  • Jumlah rokok yang dihisap setiap hari dikurangi secara berangsur-angsur hingga o batang pada hari yang di tetapkan.
  • Mengurangi kadar nikotin dari rokok yang dihisap, misalnya biasa menghisap rokok A dengan kadar nikotin 3,2 dikurangi dengan mengganti Rokok A dengn rokok B yang nikotinnya 1,0.
  • Konsisten dan Mengurangi Candu, dari mulai makan makanan yang manis, minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan saat anda ingin merokok
  • Rajin berolahraga, dan sibukan diri dengan aktifitas. Karena kebanyak merokok itu saat santai.
  • Minta dukungan keluarga dan orang disekitar bahwa anda berhenti merokok.
  • konsultasi ke dokter dan pakar kesehatan.

Jadi, sebenrnya banyak hal mudah yang bisa  dilakukan untuk berhenti menghisap merokok. Dari 2 Cara Sederhana dan 6 Langkah Jitu Berhenti mengkonsumsi rokok diatas bisa kita terapkan pada orang-orang disekitar yang perokok. Tidak ada pilihan “Ingat, berhenti samasekai atau menunggu tubuh hancur” . dalam artikel selanjutnya akan kita bahas Dampak berhenti menghisap rokok bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba.. *** Ali Alamsyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar