Inspirasi Tanpa Batas

Jaringan 5G ? Berikut Fakta yang Harus Kalian ketahui

0 41

Konten Sponsor

Perlu diketahui bahwa penggunaan internet di Indonesia terbilang cukup tinggi. Saat ini jaringan 4g sangat populer dengan kecepatan yang super cepat. Dengan hadirnya 4G menyebabkan penggunaan teknologi di Indonesia semakin meningkat khususnya di bidang smartphone yang sudah menggunakan jaringan 4G.

Kabarnya kecepatan jaringan 4G ini akan di kalahkan oleh jaringan generasi ke-5 yaitu 5G. Di Indonesia sendiri jaringan 5G belum ada, Tetapi di beberapa negara asia lainnya jaringan ini sudah mulai di gunakan. Di antaranya negara Jepang, Korea Selatan dan negara Tiongkok.

Masyarakat Indonesia tentunya sangat menunggu kehadiran jaringan 5G ini. Sebab, di beberapa negara asia dan negara Amerika serikat sudah menikmati kecepatan jaringan ini. Bahkan di kabarkan kurang lebih ada 100 kota di China yang sudah mulai melakukan uji coba jaringan generasi ke-5 ini.

Berikut beberapa kelebihan teknologi nirkabel generasi kelima atau 5G.

1. Kecepatan 5G Lebih Cepat dari 4G

Jaringan generasi kelima ini mempunyai kecepatan yang sangat tinggi di banding jaringan 4G atau yang lainnya. Pasalnya, salah satu negara asia Tiongkok telah menguji coba kecepatan jaringan 5G ini melalui sebuah operator seluler lokal Tiongkok. Kecepatan jaringana 5G ini bisa mencapai 20Gbps. Luar biasa bukan, bayangkan  jika kalian mengakses sebuah internet atau mendownload sebuah video dengan gambar HD. Mungkin akan bisa di download dalam waktu beberapa detik saja.

Salah satu smartphone yang sudah mencoba jaringan ini adalah Huawei. Produk asal Tiongkok ini mencoba jaringan generasi ke-5 ini bisa mencapai dengan kecepatan sampai 70Gbps. Bayangkan kecepatannya jika kita mau streaming atau download video HD sekalipun.

2. Jaringan Akan Lebih Stabil di Banding 4G atau 3G

Jaringan 3G atau 4G memang sangat cepat ketika kita mengakses sebuah internet. Tetapi kadang-kadang ketika mengakses internet atau mendownload sebuah video dengan jaringan 3G/4G suka lelet atau lemot. Ini yang membuat para pemakai tekhnologi terkadang bete.

Beberapa masalah tadi kabarnya akan segera di lupakan dengan hadirnya jaringa 5G yang super cepat ini. Jaringan generasi ke-5 ini Akan lebih stabil. Sebab dalam jaringan ini sebuah data akan dikirim melalui gelombang radio yang terbagi menjadi frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi disiapkan untuk komunikasi yang berbeda aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televisi dan mobile data. Luar biasa memang sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik.

3. Kabarnya Latensi Semakin Kecil

Dalam sebuah jaringan pasti adanya latensi. Maksud latensi adalah jumlah waktu yang diperlukan agar permintaan data diterima dan dibalas ketika kita mengklik sebuah aplikasi.

Kabarnya latensi pada jaringan 5G ini akan semakin kecil sampai mencapai 1 milidetik saja. Latensi ini di kabarkan mencapai 10 kali lebih kecil di bandingkan dengan jaringan 4G yang memiliki 10 milidetik saja.

4. Sangat Mendukung Kemajuan Teknologi

Dengan adanya jaringan 5G tentu sangat mendukung kemajuan teknologi di bidang lain. Berkat lahirnya jaringan ini beberapa perusahaan sangat di untungkan. Lahir sebuah konsep Internet of Things (IoT) untuk peralatan rumah tangga.

Diperkirakan Konsep ini akan sangat sukses pada tahun 2020. Dimana peralatan  rumah tangga yang ada di sekitar kita seperti lemari es, televisi, listrik akan terhubung dan terkontrol dengan mudah. Beberapa perusahaan besar sudah memulai konsep luar biasa ini diantarnya Intel, Microsoft dan oracle.

5. Bisa di akses Tahun 2020

Jaringan generasi kelima ini memang belum resmi di luncurkan di Indonesia, walaupun sudah diadakan beberapa pengujian di berbagai negara. Tetepi, kabarnya jaringan 5G ini akan resmi hadir pada tahun 2020 mendatang. Peresmian ini akan selenggarakan bersamaan dengan olimpiade di tokyo.

Jika di berbagai negara sudah melakukan uji coba 5G misalnya di negara Korea Selatan. Kabarnya uji coba kecepatan 5G  mencapai 100 kali lipat di bandingkan 4G. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Salah satu perusahan Indonesia di bidang provider yaitu telkomsel di gadang gadang sudah menggandeng Huawei untuk menguji penerapan teknologi 5G. Berbagai model jaringan seperti 3rd Generation Partnership Project (3GPP) Massive Internet of Things (IoT) dan teknologi Frequency Division Duplexing (FDD) Massive Multiple-Input and Multiple-Output (MIMO).

Semoga jaringan super cepat ini bisa cepat hadir dengan segera. Kemudian mampu di manfaatkan dengan baik dan mempermudah segala aktifitas yang akan di kerjakan. ***Agni Fauzan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar