Take a fresh look at your lifestyle.

3 Cara Untuk Menemukan Gairah Menuju Entrepreneurship Sejati

0 13

Perjalanan menjadi entrepreneur tidak hanya mengenai persoalan sebuah pencapaian ekonomi atau sosial, namun lebih luas dari itu. Entrepreneurship untuk sebagian orang lebih cenderung pada panggilan jiwa. Panggilan jiwa inilah yang menjadi dasar yang sangat kokoh untuk menjalani dunia bisnis yang persaingannya sangatlah ketat. Panggilan tersebut sering disebut sebagai true passion atau gairah sejati seseorang. Ibarat sebatang pohon, entrepreneur yang memiliki gairah sejati memiliki akar yang menghunjam sangat dalam ke tanah, membuatnya tahan terhadap hembusan angin kencang sekalipun. Dan bagaikan sebuah mobil, gairah menjadi sebuah kemudi yang menentukan arah kita untuk mencapai sebuah tujuan.

Sebagai seorang entrepreneur, untuk mencapai kesuksesan pertama sendiri harus mengenali gairah sejati kita masing-masing. Namun, salah satu hal terpenting untuk sebagian besar seseorang ialah kembali membahas pertanyaan dasar seperti:

* Mengapa saya berada di sini?
* Apakah alasan saya untuk hidup dan berada di sini?
* Apa sumbangsih penting yang akan saya berikan?

Saat seseorang yang buta tentang apa yang harus dilakukan di kehidupannya, hal terbaik yang ia dapat lakukan ialah dengan tak melakukan apapun. Selama masa yang sulit seperti ini, seorang justru tak seharusnya membuat keputusan yang akan memberikan dampak yang besar pada kehidupannya. Carilah pengetahuan tentang diri Anda terlebih dulu.

Berbagai tekanan kehidupan cenderung menyebabkan orang menjalani kehidupan tanpa semangat, yang akhirnya menggiring kepada kepecundangan. Kehidupan yang selalu biasa saja sudah terasa lebih dari cukup, seperti seorang anak sekolah yang sudah puas dengan nilai-nilainya yang sedang/rata-rata dan masuk sekolah hanya agar lulus dengan cepat. Atau tim basket yang puas akan prestasi mereka sepanjang mereka tidak terdegradasi. Macam ha; seperti inilah yang menjadi musuh yang harus ditaklukkan sebelum mensabotase kehidupan kita ini.

Berikut adalah 3 poin kunci yang dikemukakan oleh Genevia Gee Fulbright mengenai bagaimana kita menemukan gairah sejati tersebut sementara pada saat yang sama juga dapat bersikap jujur pada diri sendiri dan setia pada tujuan kita:

Diam dan tatap cermin

Agar dapat menemukan gairah sejati kita, kita harus bercermin dan memperhatikan diri tidak hanya secara fisik tetapi harus mendalam. Batin kita. Saat kita benar-benar memperhatikan diri, kemampuan dan bakat. Kita akan lebih mudah untuk mendapatkan pandangan yang lebih sesuai tentang gairah pada hidup. Adakah sesuatu yang akan kita lakukan jika kita memiliki banyak waktu luang? Hal apa yang sering kita lakukan tanpa banyak berpikir? Apakah itu menulis? Jika iya, maka kemungkinan besar kita adalah seorang penulis. Apakah itu bisnis? Maka kemungkinan besar kita adalah seorang pebisnis. Jadi mulailah hari dengan bercermin dan bertanya pada diri sendiri apakah dan siapakah diri saya ini sebenarnya.

Nikmati yang sudah dimiliki

Hal apakah tentang sifat manusia yang menyebabkan kita selalu mengabaikan hal-hal yang sudah kita miliki? Pebisnis cenderung dapat melihat siapa saja yang berbakat dalam potensi berpromosi tetapi sangat jarang menemukan bakat di depannya sendiri. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau dibandingkan rumput kita. Kenali kelebihan dalam diri dan sekitar kita dan gunakan sebaik-baiknya daripada terus menerus memandang dan memburu tanpa henti hal yang tidak kita miliki. Masyarakat kita harus diakui telah membentuk dan mengkondisikan kita sebagai pengikut, bukanlah pemimpin. Itulah mengapa banyak kita temui orang-orang yang sebenarnya hebat dan mampu tetapi belum mampu menunjukkan prestasi mereka dengan maksimal. Maka dari itu, terimalah diri kita apa adanya, gunakan kelebihan kita dengan optimal.

Kejarlah gairah

Salah satu unsur yang hilang di kehidupan modern adalah gairah hidup. Banyak orang hanya menghabiskan waktu dengan bercanda, menjalani kehidupan tanpa tekad dan gairah dalam benak mereka. Inilah waktunya bagi orang untuk mulai bangkit dan menunjukkan keunikan mereka sendiri dan juga berhenti berkata ‘tidak’ pada tantangan yang diberikan.

Sebagai entrepreneur, kita harus mengejar gairah sejati kita karena hanya itulah jalan menuju keberhasilan dan kepuasan hakiki. Jadi,siapkah Anda mengejar gairah sejati Anda? (dhirga)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar