Inspirasi Tanpa Batas

4 Bahaya Ini Mengintai Untuk Mereka Yang Sering Duduk Menyilangkan Kaki

Menyilangkan kaki saat duduk sudah umum dilakukan terutama kaum hawa. Namun para pakar kesehatan melarang hal dilakukan berulang dan dengan waktu yang lama. Karena duduk dengan menyilangkan kaki berdampak buruk untuk kesehatan.

0 38

Konten Sponsor

Dduduk menyilangkan kaki memang dianggap sebagai great postur yang menampilkan kesan elegan. Namun, duduk dengan posisi menyilangkan kaki ternyata tak baik buat tubuh. Dan sebaiknya harus dihindari.

Duduk menyilangkan kaki umumnya dilakukan kaum hawa, Tentu yang jadi persoalan ialah seringkali tanpa sadar saat duduk, seseorang menyilangkan kaki. Kebiasaan ini, seperti  di lansir beberapa sumber, ternyata berefek negatif untuk kesehatan. Apa saja dampaknya? Berikut ini 4 bahaya saat seseorang sering duduk menyilangkan kaki:

Berefek buruk pada saraf

Pose duduk ini akan mempengaruhi pembuluh darah dan saraf pada kaki. Perlu di ketahui, posisi duduk menyilangkan kaki akan mengganggu saraf peroneal. Secara medis, saraf ini biasanya berfungsi untuk memberikan gerakan dan kepekaan pada bagian bawah kaki serta jari-jari pada kaki.

Menyebabkan pegal di punggung dan leher

Jika duduk sebaiknya kedua tapak kaki menyentuh lantai. Namun, itu sering diabaikan terutama kaum perempuan, banyak yang miring ke kanan, ke kiri, atau menyilangkan kaki. Padahl duduk seharusnya dengan posisi sempurna yaitu lulut dan tumit membentuk sudut 90 derajat karena penting menjaga keseimbangan tulang punggung.

Posisi duduk silang kaki ini akan membuat masalah pada posisi pinggul yang kemudian berefek ke tulang belakang. Semakin lama duduk dengan kaki menyilang, maka semakin besar tekanan pada tulang belakang, dan makin pegal.

Berpotensi Terkena Varises

Menyilangkan kaki saat duduk dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang bertanggung jawab mengalirkan darah kembali ke jantung. saat duduk dengan menyilangkan kaki, salah satu kaki akan menekan kaki lainnya, dan dapat memengaruhi aliran darah yang akan melemahkan atau menghambat aliran darah. Inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab varises.

Membuat Tekanan Darah Tinggi

Menyilangkan kaki saat duduk dapat membuat tekanan darah meningkat secara temporer. Menurut Madyoon yang di lansir CNN News dijelaskan bahwa darah di kaki mesti dipompa ke jantung melawan gravitasi. Ini tentu membutuhkan upaya keras, tapi ketika salah satu kaki menyilang posisi kaki lainnya, ada hambatan pada aliran darah. Dengan begitu, tubuh harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong darah kembali ke jantung. Tekanan darah ini mungkin tidak terasa gejalanya, tapi ketika posisi ini dilakukan berulang dan terus menerus maka akan berakibat fatal.

Jadi, masih mau duduk dengan menyilangkan kaki? Nah, jika sudah terbiasa sebaiknya dikurangi dengan bertukar kaki yang disilangkannya. Ini  setidaknya dapat membantu jeda dan fokus hambatan darah pada satu kaki. Namun, alangkah baiknya duduk dengan menyilangkan kaki tidak dilakukan. (Ali Alamsyah/dari berbagai sumber)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar