Inspirasi Tanpa Batas

4 Cara Ampuh Agar Konsumsi Baterai pada Hp Tidak Cepat Habis

0 53

Konten Sponsor

Cara Mengatasi Baterai Hp Agar Tidak Cepat Habis

Pengguna smartphone biasanya sering mengeluh karena pemakaian baterai yang boros atau cepat habis. Hal ini biasanya disebabkan terlalu banyak aplikasi yang aktif. Meskipun kapasitas baterai cukup besar tetapi jika pemakaian aplikasi juga banyak, maka tetap saja baterai yang digunakan akan cepat habis.

Borosnya baterai pada smartphone mempengaruhi banyak sekali produksi-produksi software untuk menghemat baterai pada hp. Selain itu baterai smartphone zaman sekarang banyak sekali yang menyediakan baterai berkapasitas besar. Hal ini tidak membuat baterai hp semakin lama, Sebab semakin besar kapasitas baterai, semakin banyak pula memori internal yang digunakan.

Solusi paling baik agar baterai hp awet adalah tergantung bagaimana pengguna terhadap pemakaian smartphone tersebut. Selain aplikasi-aplikasi untuk menghemat baterai, ternyata banyak cara sederhana untuk menghemat baterai hp awet dan tahan lama.

Berikut cara mengatasi baterai hp agar tidak cepat habis.

1. Atur Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar pada hp sangat berpengaruh terhadap konsumsi sebuah baterai. Padahal cara untuk mengaturnya sangat mudah dilakukan, tetapi kebanyakan pemakai selalu menyepelekan cara sederhana ini. Kecerahan layar yang berlebihan sangat berpengaruh terhadap konsumsi baterai terlebih jika hp tersebut memiliki resolusi Full HD ataupun Quad HD. Selain itu bisa mengubah pengaturan layar dari otomatis menjadi manual. Kemudian bisa mengatur layar sleep dalam jangka waktu tertentu, tergantung seberapa lama kita mengaturnya.

2. Matikan Notifikasi

Mematikan notifikasi adalah salah satu cara untuk menjaga agar baterai tidak boros. Hal ini sangat berpengaruh, sebab biasanya banyak notifikasi masuk yang tidak penting. Misalnya dari aplikasi sosial media, game atau aplikasi yang selalu terhubung langsung dengan internet. Para pengguna smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar bisanya sering mengabaikan hal ini. Bahkan kebanyakan para pengguna selalu mengaktifkan semua notifikasi aplikasi pada smartphone. Padahal cara untuk mematikan notifikasi sangatlah mudah, salah satu langkahnya adalah pergi ke menu setting -> Pilih Apps -> pilih aplikasi yang tidak ingin di tampilkan notifikasinya kemudian hilangkan tanda centang nya. Sangat mudah bukan.

3, Menutup Aplikasi yang Jarang Dipakai

Selanjutnya agar baterai hp tidak cepat habis yaitu dengan menutup aplikasi yang tidak dipakai. Selain itu aplikasi sosial media seperti facebook, twitter atau instagram biasakan logout jika jarang dipakai. Hal ini sangat berpengaruh sebab notifikasi akan muncul jika aplikasi tersebut tidak dikeluarkan. Selain itu cara untuk mematikan sebuah aplikasi sangat mudah. Kalian tinggal masuk ke menu setting -> pilih Apps -> running service dan tinggal memilih mana aplikasi yang tidak dipakai.

4. Memakai Tema Default

Cara yang ke empat adalah jangan memasang tema produk luar. Cara ini memang sangat bagus untuk mempercantik tampilan pada smartphone. Tetapi biasanya jika menggunakan tema dari luar(bukan bawaan) biasanya cepat menghabiskan baterai pada hp karena biasa memiliki resolusi yang baik. Selain itu penggunaan tema bukan bawaan sering menampilkan banyak iklan. Sebaiknya sobat memakai tema bawaan atau tema sederhana saja yang tidak mempunyai banyak fitur-fitur aneh.

kesimpulannya untuk mengurangi konsumsi baterai pada hp, sebaiknya sobat mendownload atau menggunakan aplikasi yang penting saja. Jangan terlalu banyak mengunduh aplikasi yang kurang penting. **Agni fauzan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar