Inspirasi Tanpa Batas

4 kelebihan Bahasa pemrograman java

0 237

Bahasa pemrograman java diciptakan oleh programmer professional James Gosling, dia adalah seorang pengembang perangkat lunak asal kanada. James lahir pada tanggal 19 Mei 1955 dan biasa disebut sebagai bapak Bahasa pemrograman java. Sebenarnya skema Bahasa java mirip dengan Bahasa C dan C++, sebab sintaksis Bahasa java banyak mengadopsi dari kedua Bahasa tersebut.

Bahasa java diciptakan lebih sederhana dan mudah dipahami, maka tidak salah jika Bahasa java paling sering digunakan para programmer. Bisanya Bahasa java digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak pada aplikasi untuk PC atau smarphone.

Berbeda dengan bahsa yang lain, bahasa pemrograman java bersifat open sources dan bisa digunakan dalma berbagai platform yang berbeda. Berikut beberapa kelebihan Bahasa pemrograman java.

1. OOP

OOP (Object-Oriented Programming) adalah salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Berbeda dengan pemrograman lain yang terstruktur, OOP berfungsi untuk memisahkan sebuah data dengan kelas dan objek yang berbeda-beda. Ai??Hal ini dapat mempermudah mengubah sebuah program dan bisa digunakan dalam berbagai macam perangkat lunak. Selain itu, OOP juga Bahasa yang mudah dipahami dan mudah dikembangkan.

2. Multiflatform

Kelebihan dari bahasa java adalah bisa dijalankan dalam beberapa system operasi. Seorang programmer cukup menulis sebuah program java kemudian diubah dari baasa manusia kedalam Bahasa mesin (bytcode). Jika seorang programmer sudah menemukan sebuah bahasa, maka bahasa tersebut bisa dijalankan dalam platform yang berbeda-beda. Maka tidak heran jika sampai saati ini Microsoft, Linuk, Mac OS dan Sun Solaris selalu menggunakan Bahasa pemrograman java.

3. Mirip C++

Bahasa C++ awalnya adalah bahasa yang begitu populer di berbagai unversitas yang ada di Amerika, karena Bahasa C++ begitu terkenal. Tetapi dengan melesatnya penggunaan Bahasa pemrograman java banyak pengguna Bahasa C++ beralih ke Bahasa java. Kenapa demikian? Sebab Bahasa java sendiri lebih mudah dipahami dan sangat cocok bagi para programmer pemula.

4. Memiliki Class Lengkap

Java sangat terkenal dengan perpustakaan bahasa yang lengkap dan disertakan dalam pemrograman java (library). Hal ini sangat membantu para programmer untuk membangun sebuah aplikasi. Selain itu, sampai saat ini java terus mengembangkan perpustakaan untuk memudahkan semua pengguna java untuk membangun berbagai macam aplikasi.

selain itu banyak sekali para perusahaan luar ngeri khususnya indonesia yang membangun sebuah aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman java. kenapa? sebab bahasa java merupakan bahasa yang paling populer didunia dan penggunaannya sangat mudah dipahami.

Komentar
Memuat...