Inspirasi Tanpa Batas

4 Sistem operasi komputer Yang Harus Diketahui

0 41

Konten Sponsor

Sistem operasi Merupakan sebuah software yang mengatur kinerja komputer. Sistem operasi juga berupa intruksi untuk menjalankan sebuah perintah sesuai dengan pabrik komputer masing-masing. Tanpa adanya sistem operasi pada komputer maka kinerja komputer akan berantakan. Maka dari itu sistem operasi sangat penting bagi komputer untuk mengendalikan sistem komputer dengan baik dan teratur.

Di zaman sekarang sistem operasi banyak digunakan di berbagai merk komputer. Selain komputer, smartphone juga memiliki sistem operasi masing-masing. Jika dilihat dari pengguna user, penggunaa sistem operasi dibagi menjadi dua. Diantaranya CLI  (Command Line Interface) dan GUI (Graphic User Interface)

Berikut beberapa sistem operasi pada komputer

1. Windows

Windows pertam akali diperkenalkan oleh William Hendry atau lebih dikenal Bill Gates. Windows didirikan pada tahun 1985 oleh salah satu perusahaan yang ada di Amerika Serikat yaitu Microsoft Corporation.

Sejak pertama kali didirikan windows sudah membangun beberapa operasi sistem dengan berbagai versi. diantaranya, Windows 1.0, Windows 2.0, Windows 3.0, Windows 3.11, Windows 95, Windows 98, Windows NT, Windows ME. Windows 2000, Windows XP, Windows 2003, Windows 2005 Windows Vista,Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

2. Mac OS

Macintosh Operating System merupakan operasi system yang kurang terkenal di negara indonesia. Mac OS merupakan sistem operasi yang di produksi oleh Apple. Sebuah perusahaan Silicon Valley yang terletak di Cupertino Clifornia. Apple di perkenalkan oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insyiur Atari Ronald Waynee pada tanggal 1 april 1976.

Meskipun kurang begitu populer, tetapi Macintosh Operating System (Mac OS) adalah salah satu saingan dari Windows.

3. Unix

Sistem operasi UNIX merupakan OS yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie kemudian di kembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Sistem Operasi ini di desain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, multi-user, sistem berkas hierarkis dan utilitas.

4. Linux

Sistem operasi linux merupakan salah satu OS yang cukup terkenal di pasaran dunia. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari sistem operasi dari UNIX. Berbeda dengan Windows yang harus dibeli karena memiliki hak cipta yaitu Microsoft Corporation. LINUX ini bersipat open sources atau sebuah pemrograman yang terbuka dan dapat di modifikasi dengan bebas oleh penggunanya.

Tetapi jika pengguna ingin menggunakan LINUX maka spesifikasi laptop harus bagus. Kemudian Jika penggunaanya tidak ingin lambat maka spesifikasi laptop minimal pentium 4 dengan memori yang cukup tinggi. Meskipun Sistem Operasi ini terbilang murah daripada windows dan Mac OS tetapi tetap saja windows  paling banyak di gunakan di indonesia. ***Agni Fauzan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar