5 Fakta Menarik Air Mancur Sri Baduga Maharaja di Purwakarta

0 338

Air mancur yag terletak di Kabupaten purwakrta ini memang unik, megah dan menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Air Mancur Sri Baduga Maharaja diresmikan pada tahun 2013 oleh Bupati Purwakarta, tentu biaya pembuatan yang tidak sedikit sebanding dengan karya yang di hasilkan. Namun, ada yang menarik di balik megahnya air mancur Sri Baduga Maha Raja, yang terletak di taman kota Sri Baduga, Situ Buleud ini. berikut beberapa fakta di antaranya :

Penamaan Sri Baduga Maharaja pada Air mancur

Penamaan air mancur ini sepertinya mengacu pada Sosok patung Sri Baduga yang berdiri megah di tengah tengah air mancur. Sri Baduga Maha Raja  sendiri dikenal dengan nama Prabu siliwangi. Sosok raja yang membangun kepemimpinannya melalui nilai kasih sayang. Penamaan ini sendiri ternyata hasil diskusi panjang, dan terpilihnya nama tersebut merupakan bagian citra kecintaan pada budaya, dan sosok Prabu Sri Baduga adalah peletak dasar toleransi, dan visioner, yang di kenal oleh masyarakat Sunda. (Baca : Prabu Siliwangi dan ajaran silih asah silih asih silih asuh)

Perancangnya orang Pribumi Warga Purwakarta

Nama perancang atraksi taman air mancur Sri Baduga adalah Hery Sugihardi.  Sosok yang lahir pada Tanggal 10 Januari 1971 Ini adalah asli orang Purwakarta. Beliau bersama keluarganya, kini, tinggal di Perumahan Citalang Indah, Desa Citalang, kabupaten Purwakarta. Dari tangan dinginnyalah, atraksi air mancur yang bebkelas dunia ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan Masyarakat.

Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

Air mancur ini merupakan yang terbesar di Indonesia dengan diameter mencapai satu hektare. Awalnya, ketinggian air yang memuncrat ke atas hanya dua meter. Kini, ditambah jadi enam meter. Tak hanya itu, air akan menyemburkan dengan memantulkan cahaya berwarna-warni dilengkapi dengan video animasi (video maping). Adegan ini untuk memanjakan wisatawan. air mancur ini juga di sebut-sebut sebagai air mancur terbesar mengalahkan Milik Singapura dan negara-negara Lain di kawasan Asia Tenggara.

Terjadwal Namun Gratis

Nah Buat Kamu yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur di Taman Air Mancur ini sebaiknya  mengatur ulang waktu kunjunganmu. Mengapa? Karena air mancur Sri Baduga tidak setiap hari loh pertunjukannya. Air mancur  ini sendiri akan digelar rutin setiap hari sabtu atau malam minggu pada pukul 19.30 WIB dan berakhir kira-kira pukul 22.30 WIB. Yang serunya lagi untuk menyaksikan  indahnya tarian air ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Sedangkan bagi Anda yang hanya ingin sekadar menikmati suasana taman air mancur, maka kawasan Situ Buleud akan dibuka secara umum setiap harinya. Pada hari biasa, air mancur tetap akan menyembur tetapi tanpa ada efek tambahan. Untuk pagi hari dibuka mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB berbarengan dengan waktu olah raga masyarakat. Adapun pada malam hari kawasan tersebut dibuka sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Membuat Purwakarta Tekenal

Air mancur ini, kini menjadi ikon baru wilayah ini. Selain, lokasinya berada Taman Sri Baduga atau dulu dikenal Situ Buleud. Taman Sri Baduga ini merupakan kawasan hijau di jantung kota Purwakarta. Setiap akhir pekan atau saat libur tiba sejak beroperasinya air mancur Sri Baduga ini, ribuan orang datang berkunjung ke Purwakarta untuk menyaksikan pertunjukkan. Tak ayal Purwakarta kini semkin di kenal di indonesia bahkan di mancanegara.[aL]

Untuk Lebih Mengenal Wisata Ini Baca Wisata Purwakarta “Air Mancur Sri Baduga Maharaja

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.