5 Fakta Menarik Stadion Megah Gelora Bandung Lutan Api (GBLA)

0 506

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) merupakan salah satu stadion terbesar di Bandung. Selain jalak harupak, stadion ini juga selalu dijadikan home Persib Bandung ketika berlaga di berbagai kompetisi. Stadion ini berada di desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, kota Bandung1.

Stadion ini dibangun mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2013. Kemudian setelah itu pemerintah kota Bandung me-renovasi stadion GBLA pada tahun 2016 dan menghabiskan biaya kurang lebih 545 milyar rupiah.

Sekarang stadion ini menjadi home base tim Persib Bandung dan menjadi salah satu stadion termegah yang ada di Indonesia. Dengan desain yang sangat megah, tidak heran jika stadion ini selalu dijadikan tempat selfie atau foto-foto oleh para penonton. Selain itu berikut fakta menarik tentang Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Stadion Berstandar Internasional (FIFA)

Stadion termegah di Jawa Barat ini memliki standarisasi Nasional maupun Internasional. Selain stadion GBK yang ada di jakarta, ternyata Bandung juga memiliki stadion yang patut di banggakan. Sama halnya dengan Gelora Bung Karno, Stadion ini juga menggunakan rumput Zoysia Martella(Linn), rumput ini memiliki kekuatan akar yang kuat. Selain itu, stadion GBLA juga dilengkapi dengan tempat atletik, perkantoran, menggunakan tribun full keliling, dan dilengkapi dengan scoring board. Stadion ini mampu menampung kurang lebih 38.000 penonton dengan menggunakan kursi merk ferco. Jadi tidak heran dengan fasilitas tersebut GBLA merupakan stadion berstandar Internasional (FIFA).

Lokasi Stadion

Lokasi GBLA sangat strategis, Stadion ini terletak diantara jalan Bypass Soekarno-hatta dan jalan tol Purwakarta-bandung-cileunyi KM 149. Selain itu, akses menuju stadion akan dibangun pintu tol khusus pada tol purbaleunyi dan ruas jalan dari Stasiun KA cimekar. Stadion ini dibangun diatas sawah dengan kualitas tanah labil sebab sawah tersebut merupakan bekas danau bandung purba.

Nama Stadion

Sebelum di beri nama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), nama stadion ini memiliki banyak perubahan. Awalnya stadion ini diberi nama dengan sebutan Stadion Utama Sepabola(SUS) Gedebage. Karena waktu itu walikota bandung sedang dijabat oleh dada rosada, maka ada usulan stadion ini diberi nama Stadion Gelora Rosada. Karena menimbulkan banyak polemik dan kontroversi, maka DPRD kota bandung mengadakan rapat paripurna untuk menentukna nama stadion ini. Hasilnya stadion ini diberi nama dengan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Home Base Persib Bandung

Persib Bandung merupakan salah satu tim besar Jawa Barat yang berlaga di liga1 indonesia. Sebelum stadion GBLA, persib Bandung menjadikan stadion si jalak harupat sebagai home base. Stadion sijalak harupat juga memiliki fasilitas yang baik, tetapi stadion GBLA memiliki fasilitas yang lebih baik daripada jalak harupat. Dengan hadirnya stadion GBLA tetap saja Stadion Sijalak Harupat juga terkadang dijadikan laga kandang ketika stadion ini digunakan.

Fasilitas Stadion

Fasilitas Stadion ini cukup lengkap mulai dari ruangan gedung dan kantor dengan 4 lantai dengan luas ruangan 72.000 m2. Kemudian dilengkapi 766 buah toilet dan ruangan mushola di setiap ruangan. Selain itu, stadion ini memiliki layar digital dengan ukuran besar dan memiliki tempat landasan helikopter. Didalam stadion terdapat ruangan VVIP untuk para petinggi Negara yang dilengkapi dengan kaca anti peluru. ***aG

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.