5 Fakta Unik Mesin Jahit Fatmawati Yang Menghasilkan Sang Saka Merah Putih

0 170

Mengenang kemerdekaan Indonesia tentu tidak terlepas dari tokoh yang ada dibelakangnya. Namun tidak hanya itu,  jika kita meilik catatan sejarah kemerdekaan Indonesia yang kini mendekati seabad, ternyata banyak benda yang tertinggal yang menjadi saksi bisu bagaimana proses kemerdekaan tersebut bisa berlangsung. Salah satunya yaitu mesin jahit Fatmawati yang kini ada di kota Bengkulu.

Perlu diketahui, bahwa sda fakta unik di balik mesin jahit tersebut, berikut ini 5 Fakta Unik dari Mesin Jahit Fatmawati:

1. Mesin Jahit Fatmawati Menghasilkan Sang Saka Merah Putih

Tentu kita sudah tau, bahwa berkat tangan gemulai Ibu Fatmawati bendera sang saka merah putih terbentuk. Walaupun di balik prosesnya penjahitnya menggunakan mesin jahit. Dan ada tokoh seperti  Shimizu, Chaerul Basri  yaitu tokoh penting lain di balik berkibarnya bendera merah putih milik Indonesia. [Baca di artikel Tokoh di Balik Berkibarnya Bendera Merah Putih]

2. Mesin Jahit Fatmawati Tersimpan di Kota Bengkulu Bukan di Jakarta

Banyak orang mengira, mesin jahit yang menyambungkan kain merah dan putih itu ada di rengas dengklok atau di jakarta, Namun faktanya mesin jahit tersebut ada di Kota Bengkulu, yakni di sebuah rumah panggung yang pernah didiami oleh Fatmawati, istri dari Proklamator Kemerdekaan Indonesia Ir.H. Soekarno, presiden pertama Indonesia.

3. Mesin Jahit Fatmawati bermerek Singer buatan tahun 1941

sin Jahit Fatmawati bermerek Singer buatan tahun 1941 Mesin Jahit Fatmawati Tersimpan di Kota Bengkulu Fakta Unik Mesin Jahit Fatmawati Yang MenghasilkanMesin jahit tangan itu bermerek ‘Singer’ buatan tahun 1941 dan terdapat dalam ruang berukuran sekira 3×4 meter, berikut dengan kursi untuk duduk Fatmawati saat menjahit bendera Merah Putih.

4. Bukan Hanya Bendera Pusaka Mesin Jahit Ini Menghasilkan Berbagai Pakaian Pribadi

Berada di rumah panggung yang berukuran 10X15 yang beralamat di jalan Fatmawati No 10 Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. mesin jahit ini sering digunakan Ibu Negara sebagai pengisi kekosongan kegiatan, namun mesin jahit ini tidak Hanya menghasilkan Bendera Pusaka, namun menghasilkan juga Berbagai Pakaian Pribadi milik fatmawati maupun anak-anaknya.

5. Tersimpan Di Tempat Kelahiran Fatmawati

Ibu Fatmawati yang lahir di Bengkulu, 23 Februari 1923, merupakan putri tunggal dari pasangan Hasan Din dan Siti Khadijah. Saat Soekrano diasingkan di Bengkulu, pada Tahun 1943 beliau menikahi Fatmawati. di Rumah inilah tersimpannya mesin jahit fatmawati. Ya.. Di Tempat Kelahiran dan di besarkanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.