5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Ketika Memulai Bisnis Waralaba

0 42

Ketika Memulai Bisnis Waralaba – Dari tahun ke tahun bisnis kemitraan atau yang biasa kita sebut waralaba ini semakin menjamur. Menurut data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), jumlah waralaba pada tahun 2010 mencapai 1.300 merek. Dengan tidak kurang dari 3.000 unit gerai. Dari jumlah tersebut perputaran uang yang ada sekitar Rp 114 triliun. Angka tersebut meningkat signifikan di tahun 2011 dengan 1.700 merek, 36.000 gerai, serta perputaran uang Rp. 214 triliun.

Namun bukanlah hal yang mudah untuk pemilik merek atau franchisor dalam memperoleh kepercayaan dari calon franchisee dalam membeli lisensinya. Diperlukan persiapan yang matang dan lengkap sebelum franchisor dapat memasarkan bisnisnya kepada si calon pemodal. Apa sajakah hal yang harus dilakukan oleh franchisor untuk bisa memenuhi syarat sebagai franchisor yang tangguh?

Konsep yang matang

Buatlah sebuah konsep bisnis waralaba yang bisa menarik minat dari calon pembeli merek atau franchisee, konsep bisnis inilah akan menjadi senjata utama dalam membangun sebuah bisnis waralaba. Sebuah produk usaha tak dapat begitu saja diwaralabakan. Bisnis ini memerlukan bukti dan ketangguhan di lapangan. Diperlukan waktu sampai calon pembeli merek melihat kesuksesan bisnis itu. Konsep bisnis ini meliputi program promosi dan juga keuntungan yang didapat.

Bentuk tim waralaba

Bentuklah sebuah tim yang bisa membantu kita dalam membangun Bisnis Waralaba ini, baik dalam sisi strategi bisnis, hukum serta etika franchisee. Tim inilah juga yang nantinya membentuk format mengenai dukungan yang bisa diberikan kepada franchisee dalam menegatasi masalah yang mucul di lapangan. Hal ini jugalah yang bisa kita jual kepada calon franchisee sebagai daya tarik franchise kita.

Buat produk seunik mungkin

Persaingan waralaba yang kini semakin ketat mengharuskan para pengusaha untuk dapat selalu berinovasi. Buat keunikan dari barang atau jasa yang akan dipasarkan, karena hal inilah yang dapat menentukan laku atau tidaknya barang atau juga jasa yang kita jual kepada konsumen, serta juga memudahkan kita untuk melakukan penetrasi pasar dalam persaingan dengan perusahaan lain yang sejenis.

Buat paket-paket yang menarik

Susunlah secara menarik berbagai paket waralaba yang dapat dipilih oleh calon pembeli merek. Semakin banyak paket yang kita tawarkan, calon franchisee pun semakin mudah memilih franchise kita sesuai dengan kemampuannnya itu. Paket-paket ini dapat dibedakan dari harga, serta dukungan fasilitas yang diperoleh.

Konsultasi

Berkonsultasilah dengan pihak yang sudah berpengalaman dalam bidang Bisnis Waralaba atau konsultan untuk memastikan legalitas usaha kita. Ketahuilah berbagai dasar waralaba dan peraturan-peraturannya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.