5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Para Penikmat Kartu Kredit

0 15

Sebagai pengguna kartu kredit adalah satu hal yang wajar dan telah begitu lumrah dilakukan oleh banyak orang saat ini. Dan bagi sebagian orang kartu kredit seperti telah menjadi sisi kebutuhan yang wajib dan juga gaya hidup. Yang diterapkan oleh beberapa orang yang selalu mengedepankan kenyamanan dan kemudahan dalam hidup mereka.

Kemudian, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga seorang penikmat semua layanan kenyamanan kartu tersebut? Jika iya, maka alangkah baiknya mengetahui dengan jelas. Ada apa saja fitur dan fasilitas yang ada di dalam kartu kredit yang anda miliki.

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda dapat menyesuaikan dan memilih kebutuhan jenis kartu kredit yang akan Anda gunakan. Hal ini sangat penting, mengingat setiap orang tentu memiliki batasan kebutuhan tersendiri dan tak ada salahnya juga untuk memaksimalkan pemanfaatan kartu kredit yang anda miliki.

5 poin di bawah ini adalah manfaat kartu kredit yang wajib Anda ketahui seperti dilansir dari Liputan6.com:

Fasilitas Balance Transfer

Ini merupakan sebuah fasilitas yang ditawarkan oleh bank tertentu dan wajib dijadikan pertimbangan Anda, terutama untuk yang memiliki sejumlah tagihan di dalam kartu kredit yang lama.

Fitur ini dilakukan dengan cara memindahkan tagihan dari kartu kredit yang lama ke dalam kartu kredit yang baru (sekitar 80 persen dari jumlah tagihan). Dan selanjutnya tagihan tersebut akan Anda baya lunas di kartu kredit yang baru saja anda miliki.

Hal tersebut biasa dilakukan karena adanya pertimbangan bunga yang tentu saja lebih kecil atau adanya fasilitas cicilan yang menguntungkan. Sehingga Anda merasa tak perlu lagi menggunakan kartu kredit yang lama dan memutuskan untuk menutup kartu lama tersebut.

Fasilitas Tarik Tunai

Fasilitas ini diberikan oleh seluruh kartu kredit, namun ada juga beberapa kartu kredit yang memberi jumlah persentase penarikan tunai yang terbilang cukup besar bagi para nasabahnya.

Namun, Anda juga harus mempertimbangkan dengan matang keputusan melakukan tarik tunai melalui kartu kredit anda. Karena setiap melakukan transaksi penarikan tunai akan dikenai biaya yang tidak sedikit dan ditambah dengan bunga harian yang terhitung sejak terjadinya transaksi penarikan tunai Anda.

Fasilitas Cicilan 0%

Ini merupakan sebuah fasilitas yang menjadi pemancing karena menggiurkan bagi para pengguna kartu kredit. Bagaimana tidak, Anda diberi kemudahan dalam membayar cicilan tagihan anda tanpa adanya bunga selama jangka waktu tertentu, hal ini tentu saja sangat menggiurkan bukan?.

Namun alangkah baiknya Anda selalu berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit ini, jangan sampai fitur yang niatnya meringankan beban Anda malah berbalik akan menjadi beban hutang yang tak terbayar di kemudian hari.

Reward Points

Pada umumnya rewards atau bonus yang diberikan bank penerbit kartu kredit adalah dalam bentuk point dan cashback yang akan Anda dapatkan. Dari pembelanjaan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit Anda.

Fasilitas ini juga sangat menguntungkan bagi anda karena dengan menggunakannya anda dapat menghemat dan mengumpulkan cashback yang anda dapatkan setiap kali berbelanja. Untuk poin yang Anda dapatkan, biasanya akan ditukarkan dengan berbagai macam barang menarik yang ditawarkan. Yang di informasikan melalui katalog bulanan yang dikirimkan bersama tagihan Anda.

Transaksi Mata Uang Asing

transaksi mata uang asing
transaksi mata uang asing

Fitur ini akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan/pembelanjaan dalam transaksi mata uang asing. Terutama bagi Anda yang menyukai bepergian ke luar negeri. Bagi Anda pemegang kartu kredit yang memiliki fitur foreign currency transaction ini. Anda akan diberi kemudahan dalam pembelanjaan yang menggunakan kurs asing. Karena di dalam tagihan transaksi tersebut Anda akan ditagihkan dalam bentuk mata uang rupiah. (dhirga)

(transaksi mata uang asing) (tarik tunai)

Komentar
Memuat...