5 Hal Yang Akan Membentuk Kekompakan Tim Anda

0 94

5 Hal Yang Akan Membentuk Kekompakan Tim Anda – Pekerjaan yang bagus terkadang tak hanya muncul dari diri kamu, namun juga dengan adanya kehadiran dari rekan kerja yang saling melengkapi. Namun tak dapat dipungkiri bahwa untuk membangun kekompakan tim kerja itu tak mudah, butuh saling pengertian, adanya satu visi dan misi, serta mampu menjadi individu yang dapat melebur satu dengan yang lainnya.

Di dalam sebuah perusahaan, pasti ada struktur pemimpin dan ini merupakan satu kesatuan struktur untuk tercapainya tujuan organisasi. Fungsi dalam organisasi akan bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan adanya komunikasi dan serta koordinasi baik dari atas kebawahan maupun sesama bidang. Akan terjadi keheningan jikalau satu sama lain anggota tidak saling berkomunikasi dan koordinasi, bahkan bisa menjadi kesalahpahaman. Dibawah ini hal-hal yang bisa mempengaruhi kekompakan dalam tim kerja Anda.

Kondisi Kerja yang Stabil

Saat perusahaan sedang bermasalah atau status kerja tidak jelas, tidak jarang juga kerja tim menjadi sedikit berantakan. Hal itu dapat dikarenakan para anggotanya tengah merasa tertekan. Untuk itu kondisi kerja yang stabil juga dibutuhkan. Dengan begitu, karyawan dapat lebih tenang dalam menyelesaikan tugas harian serta target kerja bisa cepat tercapai.

Perintah yang Jelas

Bagi divisi yang kedatangan anak baru, berikanlah kepada mereka perintah dengan jelas. Kemudian sampaikanlah juga hal-hal yang seharusnya mereka capai. Hal ini dilakukan agar anak baru dapat cepat mengerti dan beradaptasi dengan job desk baru sehingga tim akan cepat solid. Selain itu, disarankan pula agar para manajer memberi gambaran tentang kekuatan tim lainnya sehingga antar tim dapat saling bekerjasama untuk membantu satu sama lain.

Pelatihan dari Atasan

Selain informasi yang jelas, para anak baru disarankan agar mendapat coaching atau juga pelatihan dari para manajer atau senior. Karena bimbingan tersebut akan menjadi bekal bagi mereka untuk semakin mengerti dan mengenal pekerjaan baru. ‘Mentransfer ilmu’ juga dapat semakin mempererat hubungan antara karyawan baru dan karyawan lama.

Organisasi Tim yang Terstruktur

Perusahaan dengan struktur organisasi yang jelas juga membuat kerja tim jadi lebih solid. Karena dengan begitu, para karyawan akan fokus pada pengembangan dan juga penyelesaian job desk masing-masing. Jika ada beberapa karyawan yang kerjanya merangkap bisa jadi suatu waktu akan timbul permasalahan.

Perusahaan yang Mendukung

Untuk menciptakan kerjasama tim yang solid, tak dapat hanya mengandalkan para anggotanya saja yang mengusahakan. Pihak perusahaan juga harus ikut andil. Perusahaan dapat membangun kekompakan para karyawan melalui kebijakan yang mereka keluarkan. Misalnya dengan memberi liburan atau outing bersama satu sampai dua kali setahun.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.