Inspirasi Tanpa Batas

5 Jenis Bahasa Pemrograman yang Umum di Gunakan Para Programmer

0 60

Konten Sponsor

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan untuk berinteraksi antara programmer (manusia) dengan komputer. Awalnya bahasa ini muncul ketika para tekhinis erofa merasa kesulitan untuk menjalankan atau mengontrol sebuah komputer, maka terciptalah bahasa pemrograman. Bahasa mesin ini kemudian di pakai secara umum untuk mengatasai berbagai masalah dengan komputer.

Bahasa pemrograman awalnya hanya menggunakan kode biner saja, bahasa ini sangat sulit di mengerti oleh programmer maupun mesin. Tetapi, berkat ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi di berbagai sektor, maka bahasa pemrograman sudah mudah dipahami.

Setelah bahasa kode binner dikenal luas oleh masyarakat, maka lahir beberapa bahasa baru yang tersebar luas di dunia pendidikan informatika. Sekarang bahasa pemrograman sudah mencapai level tinggi dimana bahasanya mudah dipahami oleh programmer maupun oleh mesin.

Fungsi bahasa pemrograman adalah alat untuk mengoperasikan sebuah mesin, sebagai alat komunikasi antara manusia dengan mesin. Dengan bahasa pemrograman sebuah mesin dapat di perintahkan dengan baik sesuai keinginan programmer.

Jika melihat keseluruhan, jenis bahasa pemrograman sendiri sangatlah banyak. Berikut penulis akan menyebutkan beberapa jenis bahasa pemrogramman yang umum di gunakan para programmer.

1. Java

Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu bahasa yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi, baik aplikasi komputer atau smartphone. Bahasa ini sangat populer di kalangan programmer karena memiliki konsep bahasa yang mudah dipahami.

Bahasa ini mulai dikembangkan oleh SUN microsystem pada tahun199. Nama java sendiri terinspirasi dari kopi buatan indonesia, tepatnya di daerah jawa. Dengan nama itu maka terciptalah lambang secangkir kopi.

Bahasa java sendiri adalah salah satu produk dari perusahaan Oracle. Perusahaan ini sudah meluncurkan berbagai aplikasi atau software yang bisa di manfatkan oleh user yang ada didunia.

Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan masing-masing dan mempunyai tahapan pembahasan berbeda agar programnya mudah di mengerti. Berikut beberapa kelebihan bahasa pemrograman java.

  • Metode penyusunan script cukup mudah.
  • Bahasanya mudah dikembangkan.
  • Komponen pada library cukup lengkap.
  • Berorientasi pada objek atau OOP.

Sampai sekarang bahasa java masih banyak digunakan oleh para programmer, karena bahasanya mudah dipahami. Dengan bahasa ini banyak sekali produk-produk software yang sudah berkembang dan tersebar di masyarakat luas. Berikut beberapa software yang menggunakan bahasa pemrograman java :

  • Aplikasi Windows Phone
  • Aplikasi handphone era 2000-an (non-OS)
  • Aplikasi handphone dengan OS, Seperti Symbian, Android.

2. Java Script

Kegunaan Bahasa pemrograman java script hampir sama dengan bahasa PHP. Bahasa ini juga digunakan untuk pengembangan sebuah website atau situs-situs internet.

Pengembangan bahasa ini berawal dari sebuah perusahaan bernama Netscape Navigator. Perusahaan ini mengembangkan sebuah jaringan komputer dan internet yang digunakan untuk sebuah browser dan diberi nama Netscape Navigator.

Kelebihan dari bahasa java Script yaitu tidak membutuhkan memory yang besar, Bisa dijalankan di berbagai SO. Selain itu java Script juga mudah untuk dikembangkan.

3. PHP

PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page, bahasa ini pertama kali dikenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Awalnya PHP digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Bahasa PHP merupakan bahasa yang biasa digunakan untuk mengembangkan sebuah situs-situs internet. Bahasa ini sangat populer di masyarakat luas, baik para pelajar maupun para perusahaan. Dengan bahasa PHP seorang programmer bisa mengatur basis data yang dimiliki. Bahasa PHP memiliki beberapa keunggulan diantaranya :

  • Kemampuan membuat sebuah website yang dinamis.
  • Bahasa PHP ini sifatnya gratis
  • Bebas untuk diedit tergantung kebutuhan programmer

4. Bahasa C

Bahasa pemrograman selanjutnya adalah bahasa C. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman paling tua diantara bahasa pemrograman yang pernah ada. Bahasa ini pertamakali dikembangkan pada era 70-an. Meski sudah jarang digunakan, bahasa pemrograman ini merupakan induk dari bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa C ini sudah melahirkan beberapa bahasa populer yang sering digunakan, seperti Bahasa C ++, C #, Java. Bahasa C umumya sering digunakan untuk pengenalan dasar dari bahasa pemrograman. Biasanya bahasa ini sering digunakan untuk media pembelajaran bagai para calon programmer. Jika bahasa ini sudah di pahami, maka beberapa bahasa pemrograman lain juga akan mudah di pahami.

5. Python

Bahasa python juga salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipahami. Bahasa python biasa digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi software baik berbasis platform atau berbasis web.

Bahasa Python sendiri termasuk bahasa yang multifungsi, bahasa ini bisa membuat berbagai macam aplikasi dari platform yang berbeda-beda. Bahasa ini termasuk bahasa tingkat tinggi dimana komunikasi antara programmer dengan mesin dapat berjalan dengan baik.

Penggunaan bahasa Python sendiri banyak digunakan oleh programmer-programmer handal. Salah satu karya dari bahasa python sendiri seperti, Instagram, Pinterest, Yahoo dan pengembang google. Hal ini menunjukan bahwa bahasa python sangat cocok digunakan untuk membangun sebuah aplikasi.

4 cara ampuh agar konsumsi baterai pada hp tidak cepat habis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar