Take a fresh look at your lifestyle.

5 Keunikan dan Keistimewaan Dibalik Indahnya Overpass Pelangi Antapani Kota Bandung

0 73

Kota Bandung memang terus berbenah di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil. Kali ini pembangunan fly over di kawasan antapani yang menjadi sorotan atas berkembangnya kota Bandung beberapa tahun ini. Fly over yang di beri nama “Overpass Pelangi” ini diresmikan pada tanggal  24 Januari 2017 Oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla.

ternyata bukan hanya sebagai jembatan dan pengendali kemacetan, namun ada beberapa keunikan dan keistimewaan Di Balik Indahnya Overpass Pelangi Antapani Kota Bandung, apa saja? berikut ini beberapa diantaranya:

Nama Pelangi Yang Digunakan

Kata “pelangi” dipilih karena overpass tersebut bercorak abstrak berwarna-warni hasil karya seniman John Martono, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Nama tersebut dikukuhkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla,

Jadi satu-satunya Fly Over Yng Warna Abstrak dan Cantik

Selain karena warnanya yang cantik, jembatan tersebut adalah hasil karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan menggunakan teknologi terbaru. “Inovasi-inovasi di dalamnya akan mengubah wajah infrastruktur Indonesia,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Mozzaik Kramik

Overpass Antapani menampilkan mosaik warna-warni, perspektif tiang melengkung teratur, dan terowongan dengan nilai seni yang disuguhgan adalah gambaran kreatifnya warga bandung. ternyata mozaik tersebut adalah yang di tata dan di padukan sedemikian rupa, hingga menghasilkan warna dan corak yang unik.

Jembatan Pertama di indonesia yang mengunakan Teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP)

Jembatan Pertama di indonesia yang mengunakan Teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP)

Berdasarkan rilis yang dilansir oleh Kementerian PUPR, Overpass Pelangi Antapani ini merupakan proyek percontohan dengan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Struktur baja yang digunakan di jembatan tersebut berbentuk corrugated atau armco dengan tiga jumlah bentang. Panjang untuk bentang tengah adalah 22 meter dengan tinggi ruang bebas vertikal 5,1 meter dan lebar bentang lainnya (u-turn) adalah 9 meter.

Yang Istimewanya Lagi Overpass Pelangi Antapani Kota Bandung Hasil karya Anak Bangsa

CMP sendiri adalah teknologi yang dihasilkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kementerian PUPR. Teknologi ini merupakan pengembangan teknologi timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang.

Biaya Pembuatan Hemat Hingga 250%

Seperti kata bapak walikota Bandunhg, Dengan panjang yang sama biasanya fly over ini harganya Rp100 miliar. Ini kurang lebih hanya Rp30an miliar. Sehingga Bapak bisa bayangkan dengan teknologi ini bisa menghadirkan perubahan 2,5 kali lipat. Itu yang kita banggakan. Selain itu, waktu pengerjaan konstruksi juga jauh lebih cepat dari teknologi biasanya. Normalnya, pengerjaan sebuah proyek fly over bisa memakan waktu hingga 12 bulan. Kini, dengan metode baru ini, durasi pembangunan hanya 6 bulan saja.

Overpass ini telah mengalami berbagai tahap pengujian, mulai dari uji statis maupun dinamis. Dan jembatan ini telah layak untuk digunakan seiring peresmiannya beberapa hari yang lalu. Namun performancenya perlu terus dimonitor.[aL/dari berbagai sumber]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar