5 Makanan Ini Tidak Baik Jika Dikonsumsi Setiap Hari

0 9

Kesehatan memang bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan semua takkan ada artinya. Kalimat tersebut cukup menggambarkan betap pentingnya kesehatan untuk hidup kita bukan? Karena, terkadang seseorang tak terlalu memperhatikan kesehatannya, namun ketika sakit melanda barulah mereka berusaha agar menyembuhkannya.

Akankah kita dapat bekerja dengan baik saat kondisi tidak sehat? Saat kita tidak bekerja, bagaimana dengan kondisi financial keuangan milik kita? Tentu hal itu akan menjadi sebuah kendala terhadap kehidupan kita. Untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan dalam tubuh kita.

Semua jenis dan nama makanan pada umumnya memiliki nutrisi yang saling melengkapi. Tapi, ada beberapa makanan atau minuman yang hanya dianggap enak akhirnya kita konsumsi setiap hari, sehingga kebutuhan gizinya menjadi berlebihan dan tak dibutuhkan tubuh.

Maka dari itu, ada beberapa makanan yang perlu dibatasi, seperti dikutip Times of India, seperti berikut ini:

Susu

mengkonsumsi susu setiap saat juga tak akan memberikan manfaat
mengkonsumsi susu setiap saat juga tak akan memberikan manfaat

Minumlah segelas susu setiap hari. Seolah jargon iklan itu memberikan persepsi bahwa kita harus terus mengkonsumsi susu pada saat sarapan, setelah makan siang, atau juga mungkin sebelum tidur.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan susu. Namun mengkonsumsinya setiap saat juga tak akan memberikan manfaat. Justru kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi pada susu akan membuat diet harian Anda gagal.

Cobalah berhenti untuk minum susu selama satu bulan dan perbanyak mengonsumsi air putih. Hal kecil seperti ini akan membantu penurunan berat badan sekaligus membersihkan dan mencerahkan kulit Anda.

Makanan manis

Banyak orang memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang manis setelah makan. Ketahuilah, ini tidak perlu dan Anda mungkin mengetahui hal itu.

Penambahan gula setelah makan hanya akan meningkatkan kandungan gula dalam darah, sehingga juga dapat menyebabkan resiko diabetes. Biasakan untuk mengkonsumsi buah terlebih dahulu untuk menghindari adanya antrean cerna dalam usus serta untuk proses penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Karbohidrat untuk makan malam

Ini hal yang paling sering dilakukan hampir semua orang. Rasa lapar karena makan sedikit saat siang hari membuat nafsu makan mereka lebih tinggi ketika malam hari. Masalahnya, makanan tinggi karbohidrat ini cenderung dipilih.

Sebagai alternatif untuk menu pilihan makan malam, Anda bisa mengkonsumsi protein dan lemak sehat, seperti ikan atau kacang-kacangan dengan tambahan sayur. Dan yang terpenting, jangan langsung untuk tidur setelah makan.

Kentang

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Harvard, kentang mungkin bukan pilihan yang tepat untuk diet. Kentang menawarkan 37 gram serta 5 gram karbohidrat serta protein. Dibanding kentang, sayuran segar merupakan makanan yang rendah kalori dan juga menyehatkan.

Makanan sehat

Camilan sehat harus diganti dengan makanan bergizi yang nyata. Namun, seperti apa sih makanan sehat? Bukan lagi berpedoman pada slogan 4 Sehat 5 Sempurna (4S5S) namun Pedoman gizi seimbang (Nutrition Guide for Balance Diet). Makanan pokok dan sayuran harus seimbang dalam takaran jumlahnya. Sedangkan sisanya untuk lauk pauk dan buah. Ditambah peringatan untuk dapat membatasi gula, garam dan minyak serta minumnya air putih.

Komentar
Memuat...