5 Manfaat Buah Labu dan Kandungan Yang Terdapat Pada Buahnya

1 436

Sebelumnya saya pernah menulis tentang Tiga Cara Ampuh Membuat Ramuan Buah Kersen Bagi Kesehatan untuk yang membutuhkan silahkan baca artikel lengkapnya. kali ini saya akan menulis tentang manfaat buah labu bagi kesehatan, simak artikel dibawah ini.

Labu mempunyai nama latin yaitu Cucurbita moschata. Orang Sunda menyebutnya waluh dan orang Jawa menyebutnya bugis. Buah ini merupakan buah yang sering digunakan untuk sayuran atau kolek. Buah labu mempunyai banyak jenis diantaranya ada labu kuning, labu siam, labu manis dan lain-lain. Dari sekian banyak jenis labu, labu kuning (Cucurbita moschata) adalah yang paling sering digunakan dalam masakan yang mempunyai nama lain yaitu labu parang atau pumpkin. Selain enak untuk dijadikan bahan makanan ternyata banyak manfaat buah labu ini bagi kesehatan tubuh dan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Buah labu merupakan tanaman yang berupa semak, merambat. Batangnya berkayu dan lunak serta mempunyai lendir. Daun nya berwarna hijau dan pada bagian organ batang serta daun nya terdapat bulu-bulu halus. Buahnya berwarna kuning dan biji nya berwarna putih kekuningan. Biji nya pun selain digunakan sebagai bibit, digunakan pula sebagai makanan ringan.

Manfaat Buah Labu Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Labu Bagi Kesehatan

Buah labu ini mudah sekali dalam penanamannya tidak perlu susah dalam memeliharanya. Ketika biji buah labu di tanam sembarang pun tanaman tersebut akan tumbuh. Bagian yang dimanfaatkan dari buah labu ini yaitu daun, buah dan biji. Daun nya bisa digunakan sebagai lalab, dan buahnya bisa digunakan sebagai sayuran atau kolek serta biji nya bisa digunakan sebagai makanan ringan.

Manfaat Labu ini banyak sekali bagi kesehatan tubuh, karena kandungan yang terdapat pada buah labu yaitu kaya akan β-karoten, vitamin B1, vitamin C, kalsium fosfor, besi, kalium, natrium serta mengandung Vitamin A dan zinc. Nutrisi dalam labu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buah labu pun bermanfaat untuk membantu pencernaan, meurunkan panas, mencegah jantung koroner, dan cacingan.

Secara terperinci dalam tulisan Dr. Sri Handayani menyebutkan berbagai macam manfaat buah labu diantaranya, yaitu:

  1. Labu mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai gangguan bakteri dan virus.
  2. Sebagai antioksidan, dimana labu kaya akan beta-karoten yang berperan sebagai antioksidan dan antiinflamsi yang kuat. Beta-karoten juga membantu dalam mencegah pengendapan kolesterol di dinding arteri dan menurunkan resiko stroke.
  3. Anti penuaan. Selain mengandung beta-karoten, labu pun menganung beta-karoten, vitamin A, C, dan seng yang berfungsi memperlambat proses penuaan dan mencegah pembentukan katarak.
  4. Masalah pencernaan. Labu mengandung kadar serat yang tinggi pula sehingga bisa menghilangkan racun dari saluran pencernaan makanan dan mencegah sembelit.
  5. Kepadatan tulang. Labu mengandung seng yang mnguntungkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kepadatan tulang. Oleh karena itu, orang yang beresiko osteoporosis makanan sehat ini wajib untuk di konsumsi.

Cara menggunakan sangatlah mudah, cukup dengan mengkonsumsi langsung secara teratur.
Jaga selalu kesahatan sebagai ikhtiar untuk melanjutkan kehidupan!

  1. Ali Alamsyah berkata

    Visitor Rating: 5 Stars

  2. Lutvi berkata

    Visitor Rating: 5 Stars

  3. Eltendi Dhirgan
    Eltendi Dhirgan berkata

    Tapi sayangnya buah labu ini kurang familiar dan kurang populer, padahal dibalik itu manfaat yang didapatkan sangat banyak. Mari terbiasa dengan makan buah minimal 1 buah dalam 1 hari.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.