Inspirasi Tanpa Batas

5 Manfaat dari Menulis yang belum banyak diketahui

0 57

Konten Sponsor

Menulis adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak di batasi umur, gender, kasta atau kepintaran. Apapun itu bisa kita tulis. Mau itu coretan yang tidak bermakna, tidak beralur ataupun sebaliknya. Menulis bukanlah hal yang sulit. Banyak penulis-penulis yang terkenal melalui keisengan tulisannya. Factor pendorongnya mungkin semangat dalam menulis. Sehingga seiring berjalannya waktu Tuhan memberikan anugrah terhadap tulisan tersebut.

Banyak yang mengatakan bahwa menulis itu harus banyak ide, mood sedang bagus dan lain sebagainya. (sepertinya termasuk penulis yang menulis artikel ini.hihi). Tidak salah memang ketika seseorang merasakan hal tersebut. Tetapi ide dan mood jangan dijadikan tolak ukur, karena akan menghambat kreatifitas kita dalam menulis.

Tuhan memberikan segala sesuatu pasti ada manfaatnya, termasuk kegiatan menulis ini. Oleh sebab itu, penulis akan menyampaikan kepada kalian tentang 5 manfaat dari aktivitas menulis. Yuk simak artikel berikut ini.

5 manfaat luar biasa dari kegiatan menulis

1 Melepas stress dan membuat diri bahagia

Ketika seseorang sedang merasa sedih, stress dan sakit hati, biasanya akan lebih cepat menuangkan kata-kata dalam tulisan. Jika kita menuangkannya dalam kata-kata, akan sedikit mengurangi rasa sedih yang dialami. So ingin bahagia? Tuangkan isi hati dan pikiranmu ke dalam tulisan.

2 Meningkatkan kecerdasan

Ternyata dengan menulis juga akan meningkatkan kecerdasan emosional kita. Ketika menulis secara tidak langsung kita akan belajar mengeksploarasi bahasa. Menemukan kosa kata baru. Dengan belajar berbahasa kamu akan terlatih untuk mengolah kata-kata jika akan menulis. Ini akan membuatmu lebih cerdas secara emosional. Masih ragu buat memulai menulis ??

3 Melatih kreatifitas

Dalam menulis pasti kita banyak menemukan kebuntuan-kebuntuan. Tetapi semakin kita banyak berfikir semakin otak kita berputar untuk mencari solusi. Sehingga kita akan merasa tidak terduga ketika kreatifitas tiba-tiba muncul dalam pikiran. Itu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri.

4 Menjaga ingatan tetap kuat

Untuk kalian yang merasa sulit mengingat cobalah untuk mulai menulis dan terus menulis. Menulis seringkali mendorong kita untuk terus berfikir, menemukan ide-ide, memilih kosa kata, mengembangkan tulisan. Ini akan merangsang otakmu menerima dan menyerap informasi sehingga lebih mudah dalam mengingat sesuatu. (tetapi bukan berarti mudah mengingat kenangan mantan loh yaaa )

5 Lebih disiplin

Menulis merupakan keterampilan yang memang perlu dilatih, untuk itu perlu membiasakan diri menulis. Jika menulis sudah menjadi kebiasaan, kegiatan ini akan memicu perkembangan baik dalam realita. Misalnya ketika ada tugas kamu bisa lebih awal mengerjakannya di banding dengan yang lain. Lebih cepat tuntas karena otak dan pikiranmu sudah biasa dalam merangkai kat  -kata. (Sumber : Akun Line  Freak But Awesome)

“Menulis adalah pekerjaan untuk keabadian”

–Pramoedya Ananta Toer-

Nah itulah guys manfaat dari menulis yang belum banyak diketahui orang. Dan tips terakhir dari penulis yaitu banyak-banyaklah membaca. Masih enggan untuk menulis? Hilangkanlah hal tersebut. Mulailah menulis dengan tingkat yang mudah-mudah dulu saja, seperti kegiatan sehari-hari. Terimakasih, semoga bermanfaat. Baca juga penulis sukses itu yang seperti apa?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar