Inspirasi Tanpa Batas

5 Rahasia Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

5 Rahasi Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan
0 320

Binahong dengan nama latin Anredera cordifolia. Merupakan tanaman yang masih asing terdengar nama nya. orang Jawa biasa menyebutnya dengan gendola. Secara morfologi, binahong merupakan tumbuhan menjalar yang panjangnya mencapai 5 m. Tanaman merambat yang tumbuhnya mengikuti sinar matahari.

Daun nya tunggal, dengan warna daun hijau, bertangkai pendek, susunannya berseling dan berbentuk jantung. Batangnya lunak dan silindris, saling membelit dengan permukaan halus dengan warna kemewahan. Bunga nya majemuk rimpang, dan bertangkai panjang, terlihat pada bagian ketiak daun dengan warna mahkota krem keputihan berjumlah lima helai. Akarnya berbentuk rimpangdan ketika dipegang akan terasa lunak.

Bagian yang dimanfaatkan nya yaitu daun dengan kandungan yang ada didalamnya yaitu flavonoid, asam oleanolik, protein, asam askorbat, dan saponin. Pemnafaat daun tersebut dalam dunia kesehatan diantaranya sebagai obat radang usus, melancarkan dan menormalkan peredaran darah serta tekanan darah, mencegah stroke, asam urat, maag, menambah vitalitas tubuh, serta mampu mengatasi diabetes.

Binahong sudah dimanfaatkan dibeberapa negara didunia seperti Amerika, Kolombia, Meksiko, Cina Filipina, Laos, Taiwan, dan Vietnam. Sebagaimana peelitian yang telah dilakukan di Tshikalange pada tahun 2004 menunjukan bahwa pada bagian akar binahong juga memiliki khaisat. Dimana ekstrak dari akar binahong tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. Aureus, dan E. Coli dengan konsentrasi hambat minimum nya sebesar 60 mg/ml.

Berikut ini adalah 5 Rahasia Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan cara penggunaannya.

Cara penggunaan:

  1. Mengobati Kanker Ginjal. Ambil daun binahong dan daun keladi masing-masing sebanyak 15 g, ditambahkan air sebanyak lima gelas, kemudian direbus samapai mendidih hingga tersisa air rebusan tersebut sebanyak 3 gelas. Ramuan yang sudah dibuat tersbut setiap akan diminum ditambahkan dengan gula aren. Minum ramuan tersebut setiap hari!
  2. Menjaga daya tahan tubuh. Cara penggunaan lain dapat dilakukan dengan cara mengambil 10 lembar daun binahong kemudian direbus dengan satu gelas air hingga mendidih, setelah mendidih dan dingin dilakukan penyaringan dan air rebusan tersebut diminum sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain itu, bisa dilakukan dengan cara daun binahong sebanyak 10-15 lembar di jus dengan ditambahkan air sebanyak 100-200 ml air.
  3. Mengobati luka berdarah. Tumbuk daun binahong atau dihaluskan secukupnya. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan selama luka jika luka masih dalam kondisi basah.
  4. Mengobati jerawat. Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawat secara teratur. Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong air kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Tambahkan manfaat madu secukupnya, untuk menambah rasa.
  5. Menjaga Kesehatan Wajah. Tips ini cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, cukup menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Tumbuk 5-6 binahong kemudian oleskan pada wajah yang bersih setiap sebelum tidur.

Cara penggunaan daun binahong ini jangan digunakan dengan stimulan lain nya seperti kafein. Kafein tersebut seperti kopi dan teh. Karena kemungkinan tersebut akan mendapatkan efek samping yang bisa mengancam jiwa.

Semoga bermanfaat! Aamiin

Penulis: Paridah Jakiyah

Komentar
Memuat...