Inspirasi Tanpa Batas

Cara Agar Do’a Mudah Dikabulkan Tuhan dan ini Tidak Banyak Diketahui Orang

0 11.000

Konten Sponsor

5,352Cara Agar Do’a Mudah Dikabulkan Tuhan. Doa adalah curhat seseorang atau penyampaian hajat. Bagaimana perasaan kita pada saat punya masalah kemudian masalah itu kita sampaikan kepada seseorang dan orang itu sangat bijaksana, dewasa, jawabannya enak, amanah, lalu pada saat orang itu kasih kita jawaban, kita merasa mendapat solusi.

Kira-kira bagaimana perasaan anda? Senang dengan orang itu? Setiap punya masalah akankah anda kembali minta solusi kepada orang yang sama? Jawabannya pasti kembali! Itulah gambaran jika kita mengadu atau berdo’a kepada Allah.

Orang mukmin tahu, bahwa sebaik-baik tempat untuk curhat itu bukan manusia tapi Allah. Para ulama selalu kembalikan semua masalah kepada Allah SWT, apa saja! Mulai dari hal terkecil sekalipun. Pernah suatu riwayat bukhari menyatakan bahwa para sahabat jika sandal mereka putus, mereka mengangkat tangan ke langit dan mengatakan “Ya Allah sandal saya putus, gantikanlah” pada saat mereka lapar, mereka berkata “Ya Allah saya lapar, berikanlah makanan”.

Memang Allah tidak akan melemparkan sandal dan makanan dari langit, tapi Allah akan memberikan jalan keluar lewat perantara, misal tiba-tiba anda bertemu dengan teman lalu teman anda itu mengajak anda makan.

Lalu ketika anda sakit, maka anda datang ke dokter, konsultasi, diberi resep obat dan sembuh. Maka Allah jadikan obat dan dokter itu sebagai perantara anda menjadi sembuh. Dan begitu banyak jalan yang diberikan Allah SWT untuk menolong hambanya.

Lima Syarat Utama Dikabulkannya Do’a

Cuma memang harus diketahui bahwa ada beberapa syarat do’a. Pertama ikhlas. Dalam semua ibadah kita harus ikhlas, jangan karena ingin dipuji oleh orang, hanya karena sebuah rutinitas atau kebetulan saja, misal karena teman-teman anda berdo’a lalu anda ikut berdo’a. Maka akan berbeda dengan orang yang mengkhususkan berdo’a dengan ikhlas kepada Allah SWT.

Kedua tidak meminta sesuatu yang harram. Sebagaimana sabna Nabi Muhammad SAW, do’a yang diikuti dengan sesuatu atau permintaan yang harram, tidak akan di ijabah oleh Allah.

Ketiga, berdo’a kepada Allah sementara hatinya yakin. Kata Nabi SAW, berdo’alah kepada Tuhan kalian dan harus yakin Allah akan memberikan ijabah, karena Allah tidak akan menerima do’a dari hati yang lalai.

Keempat, jauhi sumber-sumber harram, baik itu makanan, minuman, pakaian, pekerjaan dan lain-lain.

Kelima tidak isti’jal dalam ijabah atau tidak buru-buru. Nabi berkata, pasti Allah kasih jawaban do’a di anatara kalian selama kalian tidak tergesa-gesa. Para sahabat bertanaya, bagaimana ciri orang yang tergesa-gesa? Nabi menjawab, seseorang berkata saya sudah berdo’a, tapi allah belum kabulkan lalu orang itu meninggalkan do’a.

Dalam ibadah apapun, termasuk dalam berdo’a, kita harus ikhlas dan sabar. Yakin saja Allah akan mengabulkan selama yang kita minta adalah suatu kebaikan. Sesungguhnya Allah tidak akan mengingkari janji. Dia maha mengetahui dan Dia akan memberi yang terbaik untuk hamba-Nya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar