Take a fresh look at your lifestyle.

5 Tips Menulis Artikel Website Supaya Dibaca Pengunjung

0 85

Menulis Artikel Website berbeda dengan menulis buku atau skripsi yang cara penulisannya harus memenuhi karakter yang sudah ditentukan oleh dosen atau guru bahasa Indonesia disaat anda SMP/SMA. Lain halnya dengan menulis artikel untuk sebuah website atau blog, yang paling penting dalam penulisan artikel website Anda harus memastikan artikel Anda mudah dibaca oleh Audiens.

Mengapa demikian, karena orang yang membaca buku, majalah atau korang memang mereka sedang fokus untuk membaca, sedangkan pembaca di iternet kebanyakan mereka ingin membaca lebih cepat dan mecari sumber-sumber lain dari wesbite lainnya. Intinya membuat tulisan yang bagus dan mudah dibaca akan menghasilkan lebih banyak pengunjung kembali dan betah tinggal diwebsite anda.

Fokus pada audiens Anda!

Audiens / pengunjung adalah hal terpenting untuk para blogger, atau yang hobi menulis artikel online lainnya, bagaimana kita bisa mempertahankan pengunjung kita supaya betah berselancar di website kita?, ya salah satunya kita harus fokus dan memanjakannya.

Ibarat kita bertamu kesebuah rumah lalu yang punya rumah itu cuex kepada kita, bahkan untuk sekedar menyapapun tidak apalagi memberi minum, hemmm.. gimana coba rasanya? Sakit kan.. Hehhe..

Saran saya yang paling penting dalam menulis sebuah artikel anda harus memastikan bahwa audiens tidak merasa sulit untuk membaca tulisan anda. Jika menulis tentang remaja dan sasaran anda para remaja, tulisan anda harus mudah dibaca dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Tapi jika sasaran audiens anda adalah orang bergelar (SPd, M.Pd, atau diatasnya) anda boleh menggunakan bahasa yang agak menantang yang cocok dengan audiens.

Dibawah ini ada Lima tips yang kami sajikan yang merupakan aturan umum dalam penulisan artikel untuk sebuah website/blog. Untuk beberapa penonton, teks dapat dibuat lebih sederhana, sedangkan untuk penonton lain aturan akan sedikit terlalu ketat. Tips ini kami rangkum dari pakar seo ternama di Dunia yaitu Yoast SEO Tools.

Tip 1: Isi Paragraf Harus Jelas

Pastikan anda menulis paragraf yang jelas. Untuk posting blog, kami akan menyarankan Anda selalu memulai paragraf dengan kalimat yang paling penting (Focus Keyword). Kemudian menjelaskan atau menguraikan kalimat itu. Dengan cara ini udiens/pembaca akan dapat memahami konten yang paling relevan dari artikel Anda, dengan hanya membaca kalimat pertama dalam paragraf tulisan Anda. Pastikan paragraf tidak terlalu panjang (7 atau 8 kalimat per paragraf).

Tip 2: Kalimat Pendek

Cobalah untuk menulis kalimat pendek. kalimat pendek akan lebih mudah untuk dibaca dan di fahami daripada kalimat-kalimat yang panjang. Selain itu, Anda akan cenderung untuk membuat kesalahan dalam tata bahasa sebagai kalimat Anda agak pendek.

Artikel anda jangan melebihi 20 kata dalam satu kalimatnya, ini sangat penting karena jika kalimat dalam sebuah artikel yang terlalu panjang maka akan menyulitkan audiens untuk memahami isi artikel anda. Pastikan Anda hanya memiliki beberapa kalimat saja dalam posting blog yang mengandung lebih dari 20 kata.

Tip 3: Menggunakan Sub Judul

Selain harus membuat kalimat yang pendek menggunakan sub judul juga sangat penting dalam membuat artikel untuk website, karena jika artikel kita tanpa menggunakan sub judul (untuk artikel yang diatas 300 kata) akan membuat pembaca bosan dan cenderung akan langsung meninggalkan website anda. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Yoast dan menjadi pengaturan penting dalam plugin yoast, Setiap 300 kata artikel anda harus dipisah dengan subjudul.

Tip 4: Gunakan Kata Transisi

Anda dapat membuat teks supaya lebih mudah dibaca dengan menggunakan kata-kata transisi (atau kata-kata sinyal, hal yang sama). kata transisi adalah kata-kata seperti ‘paling penting’, ‘karena’, ‘demikian’, atau ‘selain itu’. Mereka memberikan arahan kepada pembaca Anda.

Kata transisi ( kata konjungsi ) adalah kata penghubung antar dua kalimat misalkan , dan , atau , keuali, sedangkan, akan tetapi, dan lain sebagainya.

Contoh :

Jokowi belusukan ke bandara Soekarno Hatta

Jusuf Kalla ditugaskan memantau demo 212 di Kantor Wapres

Ditansisiakan atau konjungsikan menajadi

Jokowi belusukan ke bandara Soekarno Hatta sedangkan Jusuf Kalla ditugaskan memantau Demo 212 di Kantor Wapres

Kata-kata ini memberikan sinyal bahwa ada sesuatu yang penting: jika Anda meringkas, Anda akan menggunakan pertama, kedua, ketiga, dll Jika Anda ingin kontras Anda akan menulis yang sama, kurang, lebih, sementara atau baik. Jika Anda ingin menyimpulkan, Anda akan menggunakan karenanya, akibatnya atau karena.

Menggunakan kata-kata transisi akan seperti meletakkan hubungan antara kalimat Anda. Hubungan antara dua kalimat menjadi jelas dengan menggunakan kata-kata transisi. Pembaca akan memahami konten Anda jauh lebih baik.

Tip 5: Menggunakan Kalimat Bervariasi (Mix it up)

Untuk teks menjadi menarik bagi pembaca, itu harus sangat bervariasi. Ini berarti bahwa Anda harus mencoba untuk mencampurnya sedikit! Alternatif paragraf lagi dan kalimat dengan yang pendek dan upaya untuk menggunakan sinonim untuk menghindari terlalu banyaknya kata yang diulang-ulang.

Beberapa orang menggunakan kata ‘dan’ atau ‘terlalu’ sangat sering. Mencampurnya dengan ‘juga’ atau ‘apalagi’ bisa membuat teks lebih menarik dan jauh lebih mudah dibaca juga.

Kesimpulan

Jika Anda ingin audiens membaca seluruh posting blog Anda, Anda harus memastikan bahwa teks artikel yang dibuat harus mudah dibaca. Jangan membuat teks lebih sulit dan bertele-tele. Hindari kalimat yang panjang dan menulis paragraf yang jelas.

Cara lain untuk memastikan artikel dapat dibaca adalah dengan memilih tipografi yang tepat. Anda tidak harus menggunakan font kecil dan pastikan jarak antara garis cukup lebar. Jika anda tertarik dengan artikel seputar website, media dan teknologi silahkan kunjungi website kami yang dikhususkan membahasa seputar informasi Media dan Teknologi  di www.techpedia.id.

Jika ada pertanyaan seputar penulisan artikel website/blog silahkan komentar dibawah. Terimakasih..!!

Sumber: yoast seo premium

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar