6 Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Stress

0 9

Setiap permasalahan ada saja yang begitu berat, terkadang menjadikan diri merasa kesulitan untuk mengatasinya. Bahkan ditambah lagi dengan permasalahan baru yang menimpa, dimana problematika yang sebelumnya pun belum dapat terselesaikan secara tuntas. Tentunya hal demikian akan menjadikan anda mudah mengalami stres bukan…?. Selain itu terjadinya stres ini juga dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya problem dalam finansial, kondisi fisik dan mental, kegagalan, hubungan sosial serta yang lainnya.

Sehingga bila stres ini tak segera dihilangkan, maka akan menjadikan kondisi diri semakin terancam, baik itu secara fisik ataupun mental. Namun janganlah anda khawatir, bahwa ada beberapa cara yang terbilang cukup ampuh untuk mengatasi stress secara cepat dan efektif. Bahkan bisa dalam hitungan menit saja, rasa stress ini akan mudah hilang. Sehingga dapat menjadikan kondisi diri anda lebih tenang dan nyaman seperti awal anda fit.

Oleh karenanya, bila anda sering merasa stress dalam menghadapi berbagai macam problematika yang tengah anda hadapi. Setidaknya bisa segera menanggulanginya secara cepat dan tepat. Dan berikut inilah cara yang ampuh dalam menghilangkan stress, hanya dalam hitungan menit saja.

Pijat selama 15 menit

Berdasarkan penjelasan dari International Journal of Neuroscience, menunjukkan ternyata memijat diri sendiri selama 15 menit dalam dua kali seminggu, diyakini mampu menurunkan stres. Selain itu juga dapat membuat sistem saraf menjadi lebih tenang. Oleh karenanya dengan pijat selama 15 menit, bisa anda terapkan untuk mengatasi rasa stres yang ada. Bahkan dengan menggerakkan bola tenis yang berada di sekitar jari-jari tangan, juga akan memberikan efek sama layaknya teknik pijat ini.

Menulis selama 20 menit

Perlu anda ketahui, bahwa menurut hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping pada tahun 2010, menunjukkan ternyata kegiatan menulis dalam hitungan 20 menit selama dua hari, akan mampu menurunkan tingakat stres yang tengah dialami oleh seseorang. Dan tentunya dalam hal ini, Seseorang yang menuliskan tentang perasaan pada kertas, akan sangat membantu untuk melewati perasaan buruk, dan menanggulangi akan terjadinya emosi negatif yang ada. Dengan demikian juga, jika anda mengalami stres, maka anda bisa menjadikan cara tersebut dalam menanggulangi stress yang ada secara cepat dan efektif.

Minum teh hitam dalam waktu 12 menit

manfaat teh hitam untuk menghilangkan stress

Tips ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi sekitar tiga cangkir teh hitam dalam sehari, masing-masing dilakukan 12 menit pada tiap cangkirnya. Dengan cara tersebut akan mampu mengatasi stres yang ada lebih cepat. Bahkan level hormon kortisol pun akan bisa lebih rendah pada saat Anda mengalami stress. Menurut hasil penelitian yang ada di University College London, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan senyawa alami yang terdapat di dalam teh hitam, bisa menjadikan perasaan lebih tenang, santai, dan saraf pada otak pun juga tidak mudah untuk tegang.

Membersihkan rumah selama 60 menit

Membersihkan rumah selama 60 menit dalam kehidupan sehari-hari, juga mampu menurunkan ketegangan dalam pikiran yang ada. Sehingga beberapa tekanan yang ada dapat tertanggulangi secara tepat dan efktif. Dimana kebiasaan mengepel dan menyapu lantai memang cukup ampuh untuk membuat tubuh bisa lebih tenang. Sehingga rasa stress yang ada bisa hilang, dan bisa teratasi dengan baik juga.

Mendengarkan musik 30 menit

Dimana dengan cara anda mendengarkan musik selama kurun waktu 30 menit, maka dari situ akan mampu meningkatkan emosi yang positif, dan menurunkan tingkat stress yang anda alami. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan dalam Journal of Advance Nursing, Menunjukkan bahwa pasien yang mendengarkan musik dengan lagu pilihan mereka atau favorit, bisa lebih tenang ketika menghadapi operasi yang mereka jalani. Dimana gerakan dari irama lagu juga bisa menambah emosi positif, serta dapat menumbuhkan hormon kebahagiaan. Dengan begitu, mendengarkan musik favorit ini, juga bisa anda jadikan cara untuk mengatasi stress secara efektif.

Mengunyah permen karet 10 menit

Berdasarkan hasil penelitian yang ada di Australia dan Inggris, menunjukkan bahwa pada saat seseorang mengalami stress, kemudian mereka ini mengunyah permen karet, akan mampu mengurangi rasa cemas yang ada. Selain itu dapat menurunkan kadar hormon cortisol pada air liur hingga 18 persen. Sehingga dengan mengunyah permen karet ini, juga dapat dijadikan cara alternatif untuk mengatasi rasa stres yang ada.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.