Inspirasi Tanpa Batas

6 Fakta Menarik Stadion Alianz Arena Yang Sangat Megah

0 24

Konten Sponsor

Stadion Alianz Arena adalah salah satu stadion sepakbola termegah di Dunia. Stadion ini bertempat di kota Munich, Batavia, Jerman. Stadion terbesar ketiga di Jerman ini memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 75.000.

Stadion ini dibangun pada tanggal 21 oktober 2002 dan mulai di resmikan tanggal 30 mei tahun 2005. Markas Bayern Munchen ini memiliki eksterior yang dilapisi dengan ETFE yang bisa mengembang. Warnanya bisa berubah-rubah dan terletak di 25 Werner Heisenberg-Allee.

Stadion megah ini pernah menjadi tempat diselenggarakannya final Liga Champions pada tahun 2011-2012. Ketika itu pertandingan mempertemukan antara tuan rumah Bayern Munchen melawan Chelsea. Waktu itu Chelsea mampu menjadi juara setelah menang dengan skor 3-5.

Selain itu Alianz Arena pernah menjadi tempat semifinal Piala Dunia tahun 2006 yang mempertemukan antara Prancis melawan Portugal. Sadion Aliianz Arena sering disebut dengan julukan “Schlauchboot” (perahu karet).

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Allianz Arena.

1. Kapasitas

Pada 16 januari tahun 2006 kapasitas stadion Alianz Arena meningkat menjadi 71.000 kursi yang awalnya berjumlah 69.000 kursi. Kemudian pada bulan januari tahun 2015 kapasitas stadion kembali bertamah menjadi 75.000 kursi penonton. Kebijakan ini merupakan ajang untuk persiapan menghadapi pertandingan bundesliga.

2. Fasilitas

Selain itu stadion ini memiliki fasiltas yang lengkap diantaranya lapangan untuk pemanasan pemain dengan luas 110 m2 per area. Memiliki tempat parkir underground, mempunyai 2 ruang ganti wasit, 4 ruang ganti pelatih dan 4 ruang ganti pemain. Stadion ini juga memiliki sel penjara untuk penonton yang membuat keonaran atau rusuh ketika berlangsungnya pertandingan. Alianz arena juga memiliki 550 toilet dan 190 monitor ketika bertanding.

3. Arsitek

Stadion yang di arsiteki oleh Herzog & de Meuron dibangun pada tahun 2002 dan resmi di buka pada tahun 2005. Stadion Alianz Arena mampu menerangi jantung kota munchen ketika ada pertandingan di malam hari berkat efek panel udara ETFE-foil. Arsitek asal swiss itu sudah mengarsiteki beberapa stadion. Diantaranya stadion nasional beijing, Taman St Jacob Stadion di basel dan desain Tate Modern Bankside di London.

4.Konstruksi Eksterior

Stadion ini memang stadion yang sangat megah dengan segala fasilitas dan penamilannya. Di bagian luar stadion allianz arena di bangun dari 2.874 panel udara ETFE-foil. Panel itu akan terus mengembang akibat udara kering bertekanan 3,5 Pa.

Panel tersebut tembus pandang ketika jaraknya berdekatan. Tetapi jika dilihat dari jauh panel ini tampak tebal dan memiliki warna yang berbeda.

Jika panel menyala berwarna putih berarti didalam stadion sedang diadakan pertandingan tim nasionl jerman. Jika panel berwarna merah berarti tim bayern munchen sedang bertanding dan jika berwarna biru berarti TSV 1860 sedang berlaga. Jadi warna panel dapat berubah sesuai pertandingan yang sedang di selenggarakan.

5.Biaya Pembangunan

Awalnya Biaya pembangunana Alianz Arena direncanakan akan memakan biaya sebesar 286 juta Euro. Tetapi ketika stadion sudah diselesaikan baiaya membengkak sampai 340 juta Euro. Kemudian pemerintah Jerman menyumbang sebesar 210 juta Euro dalam bentuk sarana dan infrastruktur.

Dengan biaya yang sangat tinggi rasanya sangat seimbang dengan kemegahan dan tampilan yang luar bisa dari Alianz Arena tersebut.

6.Kandang Tim Bayern Munchen dan TVS 1860 Munchen

 

Stadion ini merupakan kandang dari klub Bayern Munchen dan TSV 1860 Munchen plus tim nasional Jerman. Kedua klub ini juga berbagi stadion saat mereka masih bermarkas di Olympia. TSV 1860 Munchen lebih tua dari Bayern munchen. Klub TSV didirikan pada tahun 1860, sedangkan Bayern Munchen didirikan tahun 1900. ***Agni fauzan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar