6 Jenis Makanan Ini Akan Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

0 16

Saat seharian telah dihabiskan dengan rutinitas kerja, tentu kita sangat menginginkan istirahat yang cukup dan bisa terjaga di malam hari. Namun tak jarang juga seseorang tidak bisa terjaga dalam tidurnya, entah itu terganggu oleh fikiran pekerjaan atau apapun masalahnya itu. Padahal harapan kita tersebut ingin tidur malam dengan nyenyak dan paginya juga dapat beraktifitas dengan tubuh yang bugar.

Ternyata mengkonsumsi makanan tertentu sebelum tidur dapat membuat Anda terjaga semalaman. Namun sebetulnya ada juga jenis makanan yang dapat membuat Anda dapat tertidur pulas.

Makanan yang akan membuat Anda terlelap adalah makanan yang mengandung tryptophan (asam amino yang berubah menjadi zat kimia otak yang akan membuat rileks seperti serotonin dan melatonin), karbohidrat dari gandum utuh yang bisa meningkatkan produksi serotonin, mineral seperti kalsium serta magnesium, dan beberapa herbal yang juga memberi efek menenangkan.

Berikut adalah enam jenis makanan yang bisa Anda konsumsi agar tidur lebih nyenyak, dilansir dari situs Sleep.org:

Separuh pisang dan segenggam almond

Kombinasitryptophan, karbohidrat, serta magnesium akan menenangkan Anda dan bisa membuat Anda mengantuk. Jika anda tak suka pisang, Anda bisa menggantinya dengan cherry, buah ini juga merupakan sumber alamimelatonin.

Biskuit gandum utuh dan selai kacang

Ini merupakan paduan yang sempurna (tryptophan dan karbohidrat kompleks) yang akan membuat Anda mendengkur dengan nyaman.

Segelas susu hangat

Segelas susu hangat
Segelas susu hangat

Minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membantu Anda terlelap lebih nyenyak. Susu mengandung tryptophan, kalsium, juga magnesium.

Anda cukup dengan meminum susu hangat dalam takaran mug kecil untuk mendapatkan manfaatnya.

Semangkuk sereal dengan susu

Tryptophan, kalsium, dan magnesium dalam susu yang dipadukan dengan karbohidrat dan magnesium dari sereal ampuh akan membuat Anda mengantuk. Pilihlah sereal dengan memiliki kandungan gula sedikit sehingga tak meningkatkan kadar gula darah Anda secara berlebihan.

Setengah porsi sandwich kalkun

Pilih roti gandum utuh yang kaya akan karbohidrat kompleks dan magnesium kemudian tambahkan daging kalkun (sumber tryptophan) untuk mendapatkan kualitas tidur nyenyak.

Secangkir teh herbal

Teh chamomile memiliki efek sedatif
Teh chamomile memiliki efek sedatif

Teh chamomile, passionflower, serta teh valerian memiliki efek sedatif. Untuk efek yang lebih menenangkan, Anda dapat menambahkan satu sendok teh madu (mengandung tryptophan). Namun, sebaiknya Anda ini menghindari teh ginseng karena memiliki efek menstimulasi.

Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebihan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.