Inspirasi Tanpa Batas

6 Manfaat Melamun Dalam Kehidupan Sehari-hari

3 135

Konten Sponsor

Melamun adalah kondisi dimana terputusnya pikiran seseorang dengan lingkungan yang ada sekitarnya. Melamun juga membuat kesadaran seseorang menjadi kabur kemudaian sebagian dari kesadaran digantikan oleh kayalan visual. Ada banyak hal yang bisa dilamunkan, misalnya tentang hal menyenangkan, sebuah harapan atau bahkan ambisi. Perlu diketahui juga, melamun tidak selamanya berkonotasi buruk . Mengapa tidak buruk?  Karena melamun tentu dialami dalam kondisi terjaga. Berikut ini Manfaat Melamun Dalam Kehidupan Sehari-hari :

1. Melamun Dapat Menambah Kapasitas Memori Otak

Dikatakan melamun menambah kapasitas memori otak karena berkaitan dengan ruang kerja mental yang digunakan. Ketika seseorang dapat menjumlahkan dua angka yang diucapkan tanpa perlu menuliskannya, tapi cukup dengan membayangkannya saja. Kapasitas tersebutlah yang dikaitkan dengan ukuran umum intelijen, seperti pemahaman membaca dan skor IQ.

2. Menambah Kemampuan intelektual lebih tinggi

Terdapat korelasi yang kuat antara mereka yang melamun dan kemampuan intelektual yang lebih tinggi. Hal ini mengacu pada hubungan orang-orang yang berpikiran kuat dan kebiasaan melamun. Banyak Para periset dan journal yang mengungkapkan bahwa individu yang biasa melamun lebih cerdas dan memiliki otak yang lebih efisien, dan menyisakan lebih banyak energi bagi otak untuk berpikir acak.

3. Melamun Bisa juga Sebagai Introspeksi

Dengan melamunlah kita bisa kembali ke masa lalu. Lamunanlah yang memberikan kita ruang dan gambaran tentang apa yang telah kita alami di masa lalu. Dengan begitu, kita akan ingat dan sadar akan kesalahan lama atau bahkan kita akan ingat hal-hal yang memalukan yang akan kita sesali. Tentu dengan mengingatnya dan menyesalinya kita sama saja dengan memotivasi diri kita agar lebih sigap dan lebih hati-hati untuk tidak melakukan kesalahan itu kembali.

4. Melamun Itu Bisa Menambah Semangat

Berimajinasi dalam lamunan itu sudah biasa, masa lalu yang buruk bisa membawa kita dalam lamunan dan memberikan kita motivasi bahkan lompatan dalam hidup. Jadi dengan lamunan kita bisa tetap menjaga optimisme terhadap apa yang sedang kita usahakan.

5. Melamun memberi ruang fokus pada masalah yang paling mendesak

Studi terbaru ini menggaris bawahi bagaimana memori kerja itu sangat penting dalam memungkinkan otak untuk fokus pada masalah yang paling mendesak. Dengan Melamun, maka seseorang dapat memberi ruang baru dalam otak, ini juga yag diyakini dapat memberi ruag fokus pada satu masalah tertentu.

6. Melamun Ternyata Memberikan Ide Baru

Jenuh, pikiran blank dan tidak bisa berpikir bebas jika kita ada masalah. Nah, jika mengalami hal-hal tersebut, cobalah melamun. Dengan melamun, ternyata akan melepaskan beban pikiran secara bertahap, sehingga dari yang semula tegang secara berangsur akan menjadi lebih ringan dan segar kembali.

Nah, jadi kesimpulanya Melamun Dalam Kehidupan Sehari-hari itu ada manfaatnya. Namun harus di ingat, Jangan terlalu sering melamun karena ada dampak buruknya juga. Dampak tersebut datangnya perlahan, sesuai hal apa yang dilamunkan. Jika postif, maka 6 manfaat di atas bisa kita raih namun jika sebaliknya maka kita akan jadi pemalas, berpikiran picik dan tidak peka.***Ali Alamsyah

  1. siti khodijah berkata

    Melamun adalah nikmat yang allah berikan untuk kita karena melamun kita bisa memberikan manfaat dan sebagainya..
    jadi intinya melamun bisa untuk mengasah otak untuk menerapkan di pendidikan karena tanpa ada nya melamun kita belum bisa muncul adanya ide ide baru dari melamun itu.

    1. Acep Lutvi
      Acep Lutvi berkata

      Ternyata melamun itu ada manfaatnya ya? jempol untuk penulis.. 😀

    2. kopifiksi berkata

      bener tuh,, semoga bermanfaat dan menambah wawasan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar