6 Tips Entrepreneurial Dale Carnegie

0 37

Dale Carnegie ialah seorang pengajar terkenal dan seorang penulis sekaligus pengembang kursus yang sangat populer di bidang pengembangan diri, keahliannya dalam menjual, pelatihan korporat, keterampilan interpersonal, dan keterampilan berbicara di depan khalayak publik.

Dale Carnegie menulis buku pertamanya yang berjudul “How to Win Friends and Influence People”. Buku tersebut menjadi best seller dan mempengaruhi pikiran banyak para pembacanya.

Sejumlah prinsip yang dikemukakan oleh Dale Carnegie dalam menjalani kehidupannya yang lebih baik dijelaskan di bawah ini. Semuanya relevan dengan kehidupan entrepreneur yang penuh tantangan saat ini. Silakan membaca.

Ubah reaksi untuk ubah perilaku orang lain

Salah satu prinsip dasar dalam berhubungan dengan manusia yang lainnya adalah kemampuan untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain untuk berpikir/ bertindak sesuai apa yang kita inginkan. Namun di kehidupan nyata, takkan semudah itu.

Dale Carnegie berargumen bahwa kita dapat mengubah perilaku orang lain terhadap kita dengan mengubah reaksi Anda terhadap reaksi mereka. Renungkanlah, kemudian terapkan maka itu akan mengubah kehidupan Anda.

Diam timbulkan ketakutan

Diam membuat kita akan merasa ragu dan takut. Tindakan sebaliknya justru akan mendorong munculnya kepercayaan diri dan keberanian. Jika Anda hendak menaklukkan ketakutan tersebut (dalam berbisnis, misalnya), jangan hanya duduk diam dan berpikir tentang hal tersebut. Keluarlah dan sibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang positif dan tepat.

Sibukkan diri Anda hari ini juga! Jika Anda mempunyai ide bagus, ujilah ide tersebut di kehidupan nyata. Berdiam diri hanya akan membuahkan diam dan tindakan membuahkan hasil yaitu tindakan. Satu hal yang dapat dipastikan ialah jika Anda ingin menjadi sukses, Anda harus melakukan berbagai tindakan yang besar. Jadi isilah waktu Anda dengan kesibukan sekarang!

Kegagalan ialah batu pijakan menuju keberhasilan

Kembangkan keberhasilan dari kegagalan. Keputusasaan dan kegagalan adalah dua batu pijakan yang pasti mengantarkan kita menuju keberhasilan yang cerah.

Sering kita jumpai orang-orang yang mengalami kekalahan terbesar juga akan menikmati kemenangan paling besar. Dalam dunia bisnis, kita ketahui banyak entrepreneur luar biasa sukses justru karena ‘kekalahan’ mereka di masa lalu yang teramat sangat pahit.

Tentukan kebahagiaan Anda sendiri

Kebahagiaan bagi Carnegie tak bergantung kepada kondisi eksternal apapun. Kebahagiaan ditentukan oleh sikap mental diri.

Kebahagiaan ialah keputusan, bukan berdasarkan pada apa yang terjadi di sekeliling. Apa yang ada di dalam diri inilah yang lebih menentukan kebahagiaan. Kebahagiaan didasarkan pada pikiran yang telah kita pilih untuk perhatikan, pikiran yang kita pilih untuk miliki.

Dale Carnegie berpendapat, “Kebahagiaan bukan apa yang Anda miliki atau siapa itu Anda atau di mana Anda atau apa yang telah Anda lakukan. Kebahagiaan ialah apa yang Anda pikirkan.”

Sebagai entrepreneur, jangan sampai kebahagiaan Anda sepenuhnya ditentukan oleh pencapaian finansial saja (meski itu krusial), atau melupakan kebahagiaan lain yang lebih hakiki, yaitu kebahagiaan sisi spiritual.

Ingatlah tiap tindakan Anda menyampaikan pesan

Ada 4 cara manusia berhubungan dengan dunia. Kita dievaluasi dan dikelompokkan berdasarkan 4 jenis hubungan ini: apa yang kita lakukan, bagaimana kita terlihat, apa yang kita katakan dan bagaimana kita mengatakannya.

Tentukan pesan apa yang akan Anda sampaikan ke dunia dan perbaiki diri Anda sehingga pesan itu bisa tersampaikan dengan baik ke dunia. Kirimkan pesan keberhasilan dan dunia akan menerimanya.

Lakukan yang Anda nikmati

Orang sangat jarang berhasil kecuali mereka benar-benar menikmati apa yang mereka lakukan. Jika Anda ingin berhasil, jangan lakukan pekerjaan (atau mendirikan bisnis) hanya untuk uang. Uang tidak bisa menjadi motivasi yang cukup kuat bagi seseorang untuk tetap berpegang teguh dalam usahanya di saat banyak kendala akan muncul. Jika Anda ingin berhasil, habiskan waktu kita untuk melakukan pekerjaan yang kita sukai. Dengan begitu saat Anda berhasil, Anda akan menikmati kesuksesan itu. (dhirga)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.