Take a fresh look at your lifestyle.

6 Tips Jitu Memerangi Kebiasaan Menunda-Menunda

0 56

Kebiasaan menunda dapat mengakibatkan sejumlah konswkuensi dalam kehidupan. Selain dapat dikatakan tidak profesional dan tidak disiplin wkatu, kebiasaan tersebut juga dapat menimbulkan stress akibat pekerjaan yang menumpuk. Jika kita punya kebiasaan menunda pekerjaan, tentu hal ini bisa menjadi masalah. Tapi tenang aja, karena ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut, diantaranya:

1 Mulai dari yang paling sulit

Mulai dari yang paling sulit

Buatlah daftar yang harus dikerjakan dan buat penada tugas yang dianggap paling sulit atau paling membosankan. Kerjakan tugas itu di awal untuk memudahkan kita mengerjakan tugas yang lainnya.

Jika kita mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu, maka kita akan cenderung menjadi malas saat mengerjakan tugas yang sulit. Hal tersebut akan membuat kita menundanya lagi.

2 Langsung Kerjakan saja

Langsung Kerjakan saja

pekerjaan menumupuk akan membuat kita semakin malas. maka ketika mendapat tugas, langsung kerjakan saja. Meskipun kita  merasa tidak sepenuhnya siap atau termotivasi.

Sering kali dengan tindakan spontan akan membawa kita untuk merasa termotivasi dan tertarik pada apa yang dilakukan. Jangan biarkan rasa malas mendominasi pikiran kita. Langsung kerjakan tugas pertama yang terpikirkan di pikiran kita.

3 Coba mulai bekerja sedikit demi sedikit

Coba mulai bekerja sedikit demi sedikit

Malas merupakan penyebab utama mengapa kita menunda-nunda, Misalnya kita diminta untuk menulis artikel. Walaupun kita merasa tidak bisa, tapi coba saja, jangan langsung menyerah. Setidaknya tulis dulu beberapa kata atau pararaf .

walaupun sedikit, tetapi dengan memulai sedikit demi sedikit, maka tak akan terasa bahwa kita telah menyelesaikannya.

4 Buatlah penghargaan atau hadiah untuk diri sendiri

Buatlah penghargaan atau hadiah untuk diri sendiri

 

Cara ini berguna agar kita termotivasi. Misalnya, kita membuat target, jika kita berhasil menyelelsaikan tugas tersebut, maka kita berhak mendapat liburan sehari. Kuality time bersama keluarga atau pacar, makan enak di restoran, berbelanja ke mall, jalan-jalan ke tempat-tempat indah.

Hal ini akan membuat kita semakin semangat lagi dan cara ini sangat ampuh untuk memotivasi kita mengerjakan suatu tugas. Selain itu pekerjaan kita akan capat selesai karena kita ingin mendapatkan hadiah tadi.

5 Mintalah dukungan atau support kepada teman, pacar, atau keluarga

Mintalah dukungan atau support kepada teman, pacar, atau keluarga

 

Jika kita mempunyai tugas yang sulit untuk dikerjakan, maka tidak ada salahnya jika kita meminta dukungan kepada orang terdekat. Misalnya kepada teman, pacar, atau keluarga.

Jangan lupa untuk minta solusi bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tersebut, bahakan siapa tahu mereka dapat memotivasi kita. Barangkali mereka juga dapat membantu kita menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut.

Cara ini sangat ampuh untuk membangkitkan semangat kita. Apalagi jika kita mendapat dukungan dari pacar, biasanya dukungan dari sang pacar akan membuat kita menjadi lebih semangat.

6 Buatlah pengumuman di media sosial

Buatlah pengumuman di media sosial

Entah itu instagram, facebook, twitter atau media sosial lainnya tentang tugas yang akan kita kerjakan. Pendapat yang diberikan orang lain pada kita, akan memnerikan rasa kepuasan sekaligus semangat agar kita bisa menyelesaikannya. Kita juga bisa mengumumkan jika tugas terdebut telah berhasil kita tuntaskan.

beberapa tips berikut bisa kita lakukan untuk menghindari kebiasaan menunda pekerjaan. Cobalah tips-tips di atas, siapa tahu berhasil dan dapat membantu. Semoga dapat membantu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar