6 Tips Mengelola Bisnis Keluarga

0 100

Memiliki usaha berkembang dan bertahan memang menjadi impian hampir setiap orang. Namun, tentunya tak mudah untuk mengelola bisnis tersebut apalagi jika anda harus mewariskan dikemudian hari ke anak anda. Tak sedikit juga usaha yang akhirnya gulung tikar saat kepemimpinannya jatuh keturunannya. Oleh karenanya, sebelum anda berniat mewariskan usaha anda, pastikan calon pewaris Anda ini mengetahui tips mengelola bisnis keluarga.

Tips mengelola bisnis keluarga harus anda lakukan meskipun anda belum berniat untuk mewariskan bisnis anda tersebut. Karena hal ini akan menjadi sarana belajar, baik untuk anda ataupun juga calon pemimpin baru bagi usaha anda kelak sehingga bisnis anda akan tetap eksis seiring dalam perkembangan jaman.

Berikut beberapa tips dalam mengelola bisnis keluarga adalah sebagai berikut :

Mempersiapkan calon penerus bisnis keluarga

Untuk mempersiapkan calon penerus bisnis harus dipersiapkan sekarang dan sedini mungkin agar calon penerus anda tak merasa bingung dengan kondisi atau posisi barunya terhadap menjalankan bisnis keluarga. Dengan mempersiapkan secara dini, penerus anda memiliki kesempatan untuk belajar terlebih dahulu dan memahami bisnis anda, sehingga perlahan-lahan akan mengerti kondisi atau posisinya.

Bedakan antara bisnis dan keluarga

Dalam menjalankan bisnis keluarga, anda harus dapat membedakan antara bisnis dengan keluarga. Meskipun yang anda jalankan adalah bisnis keluarga, anda harus bisa fokus dan tidak boleh mengaitkan urusan keluarga dengan bisnis karena tentu hal ini akan mempengaruhi perkembangan laju bisnis anda. Profesional lah dalam menjalankan bisnis, agar bisnis Anda dapat terus berjalan dengan baik.

Membangun Komunikasi yang efektif

Membangun komunikasi yang efektif harus dilakukan agar segala sesuatu dapat dibicarakan terlebih dahulu dan menghindari kesalah pahaman yang sewaktu-waktu akan terjadi.

Mempertahankan ciri khas usaha keluarga dari generasi ke generasi

Kesuksesan yang didapat dalam bisnis keluarga terletak pada kekuatan ciri khas ataupun cita rasa yang terus terjaga dari mulai generasi perintis sampai generasi penerusnya. Oleh karenanya, apabila anda ingin melakukan sebuah inovasi baru untuk memperlebar usaha bisnis anda. Usahakan untuk tetap mempertahankan ciri khas yang ada, guna menjaga loyalitas konsumen yang telah terbangun dari generasi sebelumnya.

Keutamaan dalam bisnis keluarga

  • Kebersamaan – Anda dan keluarga anda cenderung untuk berbagi etos yang sama serta keyakinan tentang bagaimana sesuatu harus dilakukan. Ini akan memberi anda rasa tambahan tujuan dan kebanggaan dan keunggulan kompetitif untuk bisnis anda.
  • Komitmen yang kuat – membangun suatu perusahaan keluarga yang langgeng berarti anda lebih mungkin untuk dimasukkan pada jam-jam ekstra dan upaya yang diperlukan untuk membuatnya sukses. Keluarga anda lebih mungkin untuk memahami bahwa anda lebih mungkin untuk memahami bahwa anda perlu mengambil pendekatan yang lebih fleksibel pada jam kerja anda.
  • Loyalitas – Ikatan pribadi yang kuat berarti anda dan anggota keluarga cenderung tetap bersama-sama dalam masa-masa sulit dan menunjukkan tekad yang dibutuhkan agar sukses dalam bisnis.
  • Penurunan biaya –anggota keluarga mungkin lebih bersedia untuk berkorban keuangan demi bisnis. Misalnya, menerima membayar lebih rendah dari mereka akan mendapatkan tempat lain untuk membantu bisnis dalam jangka panjang upah, atau menunda selama krisis arus kas.

Bersenang-senang dengan keluarga

Bersenang-senang dengan keluarga

Meski Anda sangat menikmati berbagai proses mengelola serta menjalani bisnis dengan keluarga. Namun perhatikan juga waktu untuk bersenang-senang dengan mereka di luar jam bisnis. Ada baiknya meluangkan waktu untuk bersenang-senang atau melakukan acara keluarga yang biasa Anda dan saudara anda sering lakukan. Jangan sekalipun menyinggung tentang bisnis ketika anda sedang bersenang-senang, ada saatnya anda tidak memikirkan bisnis ketika bersenang-senang. Bila anda bisa menjalin ikatan yang kuat dengan sanak keluarga, otomatis relasi dalam dunia bisnispun bisa tercipta dengan baik.

Kemampuan sebuah keluarga dalam menjaga kerukunan antar anggotannya. Memberikan peranan penting bagi para pelaku usaha dalam mempertahankan eksistensi bisnis keluarga dalam waktu yang cukup lama. Maju terus UKM Indonesia.

Komentar
Memuat...