7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Kuliah di Belanda

0 772

1Mengapa Kamu Harus Memilih Kuliah di Belanda? – Belanda adalah sebuah Negara yang berada di wilayah barat laut benua Eropa. Belanda saat ini menjadi tujuan studi favorit bagi para pelajar dunia. Lembaga nonprofit di bidang pendidikan tinggi Belanda, Nuffic Neso Indonesia, bahkan menyebut bahwa 1 dari 10 siswa yang kuliah di Belanda adalah mahasiswa internasional. Artinya mahasiswa di Belanda adalah 10% dari total seluruh mahasiswa berasal dari Luar negeri.

Dilansir dari eurogates.nl, kantor Pendidikan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda (DUO) melaporkan bahwa jumlah siswa internasional meningkat 6.136 untuk tahun 2016-2017 dibandingkan dengan statistik tahun sebelumnya, yang membuat jumlah siswa internasional di Belanda naik menjadi 81.392. Jumlah ini membuat 11,4% ( 0,7%) dari populasi siswa secara keseluruhan.

Sekitar 70% dari mereka, atau 55.740 siswa, datang ke Belanda dengan tujuan mendapatkan gelar Doktor. Sekitar 30%, atau 25.652 siswa, ingin menyelesaikan gelar Master. Sebagian besar siswa Master belajar di universitas riset, di mana rasio antara mereka dan siswa Bachelor adalah sekitar 50:50. Di universitas-universitas ilmu terapan, rasionya sangat berbeda karena 94% siswa berada di tingkat Sarjana sementara hanya 6% yang terdaftar dalam program Master.

A. Daya magnet Kuliah di Belanda

Ada sekitar 1.600 mahasiswa di Belanda adalah berasal dari Indonesia. Mereka menyebar diberbagai Universitas di negara kincir tersebut. Lalu pertanyaannya, apa sih daya magnet kuliah di negeri kincir itu?

  • Pendidikan yang Berkualitas Tinggi

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Kuliah di Belanda
Photo: University of Applied Sciences Netherlands

Negara kincir ini ternyata bukan hal sepele dalam bidang bidang pendidikan dan keterampilan. Hampir seluruh perusahaan di Negara ini menomor satukan pendidikan dan keterampilan dalam  merekrut karyawannya. Pendidikan dan keterampilan adalah syrat utama jika kamu mau mendapatkan pekerjaan di Belanda. Hal ini telah diakui dunia bahwa Belanda menpunya index yang cukup tinggi dalam bidang pendidikan dan keterampilan. Kenapa demikian?

  • Ini dibuktikan salah satunya dengan pernytaan OECD Better Life Index. Bahwa, Negara Belanda mendapat angka yang cukup tinggi di atas rata-rata dalam hal pendidikan dan keterampilan.
  • Selain itu, Sistem belajar mengajar di Belanda bersifat interaktif dan berpusat langsung kepada siswa. Kamu sebagai mahasiswa tak perlu ragu lagi untuk mengutarakan pendapat dan pikiran terbuka.
  • Jika kamu sudah memiliki keterampilan, kamu akan dibimbing langsung untuk dapat mengembangkan keterampilan yang kamu miliki.Seperti menganalisa, memecahkan masalah secara praktis, dan berpikir kreatif.
  • Di sisi lain, biaya kuliah dan biaya hidup di Belanda juga tergolong lebih murah dibandingkan dengan negara-negara berbahasa Inggris lainnya.
  • Ditambah lagi, ada begitu banyak beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Belanda, seperti Studeren in Nederland, Netherlands Fellowship Programme, juga Orange Tulip Scholarship, dll.
  • Mudah Berkomunikasi

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Kuliah di Belanda
Photo ilustrasi komunikasi mahasiswa asing di Belanda

Belanda merupakan salah satu negara yang memiliki bahasa tersendiri. Tetapi bukan berarti Bahasa lain tidak masuk ke negara ini. Banyak sekali bahasa yang digunakan disana salah satunya bahasa internasional ya itu bahasa Inggris.

Universitas-universitas di Belanda menawarkan program berbahasa Inggris yang terbesar di benua Eropa, yakni sekitar 2.100 program. Tentu hal ini menjadi kemudahan sendiri bagi mahasiswa asing. Mereka tidak diwajibkan untuk bisa berbahasa Belanda.

Tidak sebatas mahasiswa saja, ternyata 95 persen dari penduduk Belanda mahir berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Ini tentu akan membuat pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia, mudah membaur dengan masyarakat lokal.

  • Kenyamanan dan Kedamaian

Ilustrasi kedamaian antar mahasiwa
Ilustrasi kedamaian antar mahasiwa, dan sebagai alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa di Belanda adalah Sepeda.

Menurut sejarah yang dikutip dari holland.com, Masa Keemasan Belanda berlangsung pada sebagian besar abad tujuh belas. Paruh pertama abad tujuh belas diisi dengan Perang Delapan Puluh Tahun (Eighty Years’ War): Perang Kemerdekaan Belanda Melawan Penjajahan Spanyol.

Setelah berhasil meraih kemerdekaannya, Republik Belanda menjalankan negaranya secara damai selama paruh terakhir abad tujuh belas. Selama periode ini, para penjelajah Belanda berhasil memetakan wilayah baru dan bermukim di luar negeri.

Melihat dari sejarah tersebut tak herah jika negara Belanda itu dinobatkan sebagai salah satu negara teraman dan paling bahagia di dunia. Menurut indeks Global Peace 2016, Belanda masuk ke dalam daftar 25 negara teraman di dunia. Tak hanya aman dari tindak kriminalitas, Belanda juga memiliki keamanan tinggi dalam sistem transportasi.

Maka tak heran, Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, menyarankan agar para pelajar Indonesia mencoba sepeda sebagai alat transportasi saat di Belanda. Selain cepat, sehat, dan murah, bersepeda juga menjadi praktik nyata untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Di sisi lain, Belanda berada pada posisi enam dalam daftar negara paling bahagia versi World Happiness Report 2017. Memang, secara umum, masyarakat Belanda mengaku puas dengan kehidupan mereka. Ketika diminta untuk menilai kepuasan umum mereka terhadap kehidupan dalam skala dari 0 sampai 10, orang-orang Belanda memberi nilai 7,3.

  • Komunitas Internasional (Internatonal Community)

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Kuliah di Belanda
Photo Ilustrasi Komunitas Mahasiswa Belanda

Seperti disebutkan sebelumnya, Belanda memiliki lebih dari 112.000 mahasiswa internasional. Mereka berasal dari 190 negara berbeda.

NegaraJumlah mahasiswaNegaraJumlah mahasiswa
Jerman22.198 ( 16)Perancis1937 ( 333)
Cina4347 ( 5)Rumania1842 ( 266)
Italia3347 ( 729)India1525 ( 221)
Belgium2976 ( 308)Indonesia1504 ( 297)
Inggris2778 ( 473)Polandia1157 ( 93)
Yunani2370 ( 184)Lithuania920 ( 18)
Bulgaria2281 ( 257)Amerika Serikat807 ( 157)
Spanyol2023 ( 383)Hongaria730 ( 98)

Sumber: www.eurogates.nl

Artinya, saat menuntut ilmu dan menetap di Belanda, mahasiswa akan berinteraksi dengan masyarakat global, saling bertukar pikiran, serta mempelajari kebudayaan dari berbagai negara.

  • Karier Tingkat Internasional

Dikutip dari nesoindonesia.or.id, Belanda merupakan negara dengan perkonomian terbesar ke-17 di dunia. Beberapa perusahaan multinasional terbesar di dunia, termasuk Philips, Heniaineken, KLM, Shell, ING dan Unilever, berasal dari Belanda. Belanda terkenal dengan keahlian dalam banyak bidang, termasuk pertanian, pengelolaan air, seni & desain, logistik dan energi yang berkelanjutan.

Nah, guna menjajal bagaimana berkarier di negara tersebut, Pemerintah Belanda memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional untuk mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapat selama kuliah.

Mahasiswa internasional yang telah lulus dari masa studi dapat mengajukan permohonan izin tinggal selama satu tahun untuk mencari pekerjaan atau memulai bisnis di sana.

  • Jelajah Eropa

Menempuh studi di Belanda akan memberi kesempatan untuk menjelajah daratan Eropa. Hanya dalam tiga jam, kita sudah bisa berfoto di Menara Eiffel, yang menjadi ikon kota Paris.

Sementara itu, perjalanan pergi-pulang menuju London dan Berlin hanya menghabiskan lima sampai enam jam dengan berkereta

Mulai karir di Belanda Lulus Studi

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Kuliah di Belanda
Ilustrasi mahasiwa sedang berkomunikasi dengan teman – teman kampus

Pemerintah Belanda memberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan bakat mahasiswa internasional di Belanda. Sehingga, mahasiswa internasional yang kuliah di Belanda dan telah lulus dari masa studinya, maka kamu dapat mengajukan permohonan izin tinggal sementara.

Biasanya Pemerintah Belanda akan memberikan ijin tinggal selama satu tahun untuk mencari pekerjaan atau memulai bisnis. Izin ini dapat diajukan dalam waktu tiga tahun setelah kelulusan.

B. Kampus Faforit Mahasiswa Asing di Belanda

  • Maastricht University
  • University of Groningen
  • Erasmus University Rotterdam
  • Fontys University of Applied Sciences
  • TU Delft
  • University of Amsterdam (UVA)
  • Universitas Leiden
  • The Hague University of Applied Sciences
  • Saxion University of Applied Sciences
  • Universitas Utrecht

C.   Bidang Studi / Jurusan Yang Paling Populer di Belanda

Di universitas risetDi universitas – universitas ilmu terapan
  1. Ekonomi dan bisnis,
  2. Ilmu Human dan Ilmu Sosial,
  3. Teknik,
  4. Seni dan Budaya,
  5. Ilmu,
  6. Ilmu dan Ilmu Pengetahuan Liberal.
  1. Ekonomi dan Bisnis,
  2. Teknik,
  3. Seni dan Budaya,
  4. Ilmu Human dan Ilmu Sosial,
  5. Kesehatan,
  6. Pendidikan.

Sumber: www.eurogates.nl
Disusun oleh: Acep Lutvi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.