Inspirasi Tanpa Batas

7 Cara Mengurangi Rasa Cemburu Berlebihan Terhadap Pasangan

0 56

Konten Sponsor

Pernah cemburu pada pasangan? atau pernah menghadapi pasangan yang pencemburu? sering kita dengar “cemburu itu tanda cinta” yupzz,, itu memang benar. Namun, perlu Friendlyc tau ternyata rasa cemburu tidak selalu menjadi ekspresi dari cinta. Cemburu itu seperti dua sisi dari keping mata uang dimana ada kalanya menjadi bukti cinta pada pasangan, ada kalanya juga menjadi tanda dari sebuah ketidaknyamanan atau bahkan kecemasan dalam diri seseorang.

Rasa cemburu pasti dimiliki oleh setiap orang, tentu saja hal ini bagian dari masalah cinta. Cemburu adalah pelengkap yang menyempurnakan rasa cinta. Jika tidak ada cemburu bisa berarti sudah mati rasa. Karena meskipun cinta sudah menipis bahkan terkalahkan oleh rasa benci, rasa cemburu itu bisa saja terasa pada saat-saat tertentu.

Rasa cemburu yang berlebihan itu biasanya hadir karena “adanya rasa cinta yang berlebihan pula”. Ciri pasangan pencemburuan sendiri itu bisa terlihat saat  kita dekat dengan seorang perubahan akan terlihat, bercanda bersama orang lain, bahkan hanya berbicara bisa saja dapat menimbulkan perasaan cemburu padanya. Padahal itu masih di batasi dengan sewajarnya, dan sebenarnya tidak jadi masalah. Tapi persepsi pasangan yang cemburuan bisa saja berbeda lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ini Cara terbaik Menghadapi Pasangan Yang Pencemburu

1. Sesulit Apapun Usahakan Temukan Alasan Cemburu

Hal apa yang membuat perasaan cemburu tersebut terjadi? Nah, biasanya rasa cemburu terjadi karena rasa curiga, ada perlakuan yang berbeda dan juga karena cara pandang kita yang berbeda dari faktanya. Untuk mengatasinya, cari dan temukan alasan cemburu itu. Jika cemburu itu sudah berlebihan, maka sebaiknya rubahlah pola pikir hindari hal-hal yang membuat rasa cemburu pada pada pasangan kita.

2. Bersikap Tenang dan Berpikiran jernih, Diskusikan Inti Permasalahan

Hindari berdiskusi jika rasa marah masih menguasai diri.  karena hal tersebut malah memperkeruh suasana. Nah jika sudah mereda baru ajak diskusi, puji pasangan atas hal-hal yang telah dilakukan. Karena sebagian besar rasa cemburu muncul karena cemas dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri maka apresiasi adalah bagian dari penawarnya.

Dengan memuji pasangan, maka dapat membuatnya merasa nyaman dengan hubungan selama ini. Selain itu, jaga hubungan dengan orang yang dapat memicu kecemburuan pasangan. Hindari juga situasi yang dapat membuat pasangan cemburu.

3. Apa Adanya, Bicarakan Dengan si Dia Ketidaksukaan Atas sikap Cemburu Tersebut

Ini sangat penting, jika pasangan terlalu sering merasa cemburu, ada baiknya ini dibicarakan. Untuk tidak membuat kita merasa cemburu terus menerus. Karena menutupi ketidaksukaan akan keluar dengan emosi ketika sudah kesal dan memuncak.

Jika cinta pasti akan berusaha menjaga hati masing-masing. Selain itu juga perlu memperbaiki diri agar tidak terlalu mudah merasa cemburu. Beritahu pasangan tentang batasan kecemburuan itu .

4. Tularkan Pikiran Positif, Jaga Jarak Aman

Yang paling penting adalah selalu ‘Positive thinking’ terhadap pasangan. Jangan terlalu banyak curiga padanya, karena itu dapat memicu kecemburuan-kecemburuan yang tidak penting dan tidak beralasan. Percayalah bahwa pasangan tidak akan macam-macam.

5. Saling Percaya dan Terbuka

Menumbuhkan rasa saling percaya bisa membuat pasangan akan terbuka dalam setiap aspek. Nah, jika sudah saling terbuka kepercayaan akan tumbuh perlahan. hindari meutupi komunilksi dengan orang yang membuat cemburu pasangan. Ingat, terbuka bukan hal yang buruk jika itu demi hubungan yang lebih baik.

6. Menguatkan Hubungan Dengan Menjalin Kedekatan Emosional

Kedekatan emosional dengan pasangan itu sangat menentukan tingkat kepercayaan, jika pasangan kita sendiri tau apa yang biasa dilakukan kita, siapa teman dan sahabat kita, rasa cemburu dari pasangan tidak terlalu signifikan.

Belajarlah terbuka pada pasangan atas aktivitas kita sehari-hari agar tidak ada rasa khawatir dari pasangan kita. Ini mungkin terdengar terlalu over namun, cara terbaik mengatasi pasangan yang cemburuan hal tersebut harus dilakukan.

7. Saling menguatkan, Bersikap Jujur Pada Pasangan Jadi Modal Dasar

Hal lain yang perlu dilakukan dalam mengatasi pasangan yang cemburuan, yaitu saling menguatkan hubungan. perasaan ragu pada pasangan atasa kedekatan kita dengan seseorang memang wajar dalam sebuah jalinan cinta jangan mnangapinya dengan emosi .

Jika Muncul pertanyaan-pertanyaan negative dalam hati pasangan kita, dan itu akan di ungkapkan ketika ada di puncak kecemburuan. Atas semua perkataan dan tindakan agar pasangan dapat percaya pada diri kita. [aL]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar