7 Fakta Menarik Tentang Istri Yang Wajib Suami Ketahui

1 616

Fakta Menarik Tentang Istri. Istri merupakan pribadi unik. Keunikan seorang istri ada pada beberapa karakter yang menjadi kekhasan dirinya dibandingkan dengan wanita lain yang belum memiliki status sebagai istri. Keunikan yang ada pada diri seorang istri terbentuk akibat perubahan status dari gadis yang serba bebas menentukan kehidupannya atau bergantung hanya kepada orang tua, menjadi seorang yang harus patuh kepada seorang pria yang memengaruhi kehidupannya, yaitu suami.

Sehebat apapun seorang wanita dalam hal akademik maupun karir dalam bekerja harus menyadari bahwa ada seorang yang bertanggungjawab dan siap merubah kehidupannya ketika jenjang pernikahan dipilihnya, seorang pria itu adalah suami.

Perpaduan dua karakter berbeda dari latar belakang ekonomi, pendidikan, budaya dan perbedaan-perbedaan lainnya menjadikan pola hubungan suami istri penuh warna; pertengkaran, perdebatan ide, harmonisasi, romantisme dan efek rumah tangga lainnya. Ada beberapa fakta menarik tentang istri yang sering muncul sebagai suatu karakter unik.

Fakta ke-1 : Istri Ingin Selalu Dimanja

Istri Ingin Selalu Dimanja
Ilustrasi: Istri Ingin Selalu Dimanja – Image by Freepik

Sehebat apapun posisi seorang istri dalam hal karir pekerjaan maupun karir akademik,ia butuh diperlakukan oleh suaminya layaknya seorang anak kecil yang butuh dimanjakan. Rumah merupakan atmosfir yang diharapkan dapat memberikan nuansa kasing sayang tanpa prosedur dalam memberikan kasih sayang kepada istri dari suami. Kemanjaan istri ini diartikan sebagai satu karakter yang dengan penuh kesadaran dan kepercayaannya kepada suami untuk bisa menjadi sandarannya.

Sandaran dalam arti pemberian kasih sayang, melindungi dari berbagai kekhawatiran, menjaganya dari berbagai ketakutan hidup dan memperlakukannya dalam kelembutan hati. Posisi dewasa dan penuh kharismatik seorang istri di tempat pekerjaan maupun di kantor bukanlah karakter asli yang ada pada diri seorang istri.

Posisi-posisi itu hanyalah kepribadian sesaat sesuai tuntutan pekerjaan maupun jabatan. Selebihnya, wanita hebat di kantor dan di tempat bekerja akan berubah menjadi istri dikala berada di rumah, di hadapan suaminya.

Fakta ke-2 : Istri tidak mau Mengalah

Istri tidak mau Mengalah
Ilustrasi: Istri tidak mau Mengalah – Image by Freepik

Fakta ke-2 ini adalah kondisi umum dimana seorang istri dapat dengan berani untuk melawan suaminya dalam hal-hal urusan di rumah. Keberanian istri untuk tidak mau mengalah lebih diakibatkan karena persepsi dirinya bahwa sang suami pasti akan mengedepankan kasih sayangnya dengan landasan perasaan dibandingkan ketegasan yang berdasar pada logika. Suami biasanya akan mengalah demi mulusnya urusan rumah tangga dan diamnya mulut sang istri. Perbendaharaan kata istri jauh lebih banyak dibandingkan dengan sang suami.

Sang suami tidak akan bisa melayani perdebatan dengan sang istri-karena kepiawaian menata kata dan penuh beralasan. Dengan demikian, sang suami lebih baik memilih diam. Diamnya suami bisa memiliki arti banyak. Diam untuk menuruti apa kata istri atau juga menghindari tanpa menghiraukannya.

Jika suami memaksakan diri untuk berdebat dengan sang istri biasanya sang suami tidak mampu melawan kata-katanya. Sehingga, pada akhirnya sang suami biasanya menggunakan tindakan fisik yang berakibat pada keributan berkelanjutan dan akan diperparah lagi dengan menyebarnya persepsi jelek pada suami di depan publik.

Fakta ke-3 : Istri adalah Seorang Penyayang

Istri adalah Seorang Penyayang
Ilustrasi: Istri adalah Seorang Penyayang – Image by Freepik

Fakta ini dapat tercermin pada kasih sayang yang diberikan kepada keluarga. Hakikat istri adalah ia memiliki rasa kasih sayang yang tinggi pada suami dan anak-anaknya. Jika seorang istri yang kurang memiliki kepekaan dalam memberikan kasing sayang kepada suami dan anak-anaknya, maka ia dipertanyakan sebagai istrinya. Jika seorang istri yang bekerja seperti halnya sang suami, ia (istri) tidak akan tega membiarkan suaminya memasak dan mengurus sendiri.

Sang istri akan dengan tulus menghidangkan makanan untuk suami dan anaknya dalam kelelahan setelah bekerja, membereskan rumah, dan mengurus anak-anaknya. Kasih sayang yang begitu tinggi pada keluarganya menjadikan seorang istri tidak merasa lelah dalam kepenatan kerja setiap hari.

Ia tidak sekedar teman hidup bagi suami dan ibu bagi anak-anaknya, tapi ia merupakan pribadi perkasa yang tidak mengenal lelah untuk bekerja dan berusaha membangun kebahagiaan rumah tangga dengan landasan kasih sayang.

Fakta ke-4 : Istri itu Seorang Manajer Handal

Istri itu Seorang Manajer Handal
Ilustrasi: Istri itu Seorang Manajer Handal – Image by Freepik

Seorang istri merupakan manajer bagi keluarganya. Ia tidak pernah mengabaikan keluarganya hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Bukti perhatian dirinya kepada keluarganya adalah kemampuan dalam pengelolaan keuangan suami. Setiap saat diberi uang oleh suami, sang istri selalu mengalokasikannya untuk kepentingan suami, anak dan dirinya. Uang yang diberikan oleh sang suami, sebesar apapun, ia belanjakan semata-mata untuk kepentingan bersama.

Bukan untuk kepentingan dirinya semata. Jika suami mempertanyakan kemana uang yang sudah diberikan, istri akan sedih dan berurai air mata. Ia begitu kecewa atas ketidakpercayaan suami kepadanya. Betapa banyaknya kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi, tentu dari uang pemberian suami.

Ia membelanjakan, mengelola dan memanfaatkannya untuk kepentingan bersama, tidak untuk dirinya saja, sekali lagi tidak untuk dirinya saja. Ia adalah sang manajemer handal. Kemampuan dalam pengelolaan keuangannya diuji dengan serba keterbatasan sekalipun namun ia dituntut untuk mampu mengaturnya dengan baik.

Fakta ke-5 : Istri adalah seorang Perasa

Istri adalah seorang Perasa
Ilustrasi: Istri adalah seorang Perasa – Image by Freepik

Karakteristik umum sang istri adalah berperasaan. Air mata adalah senjata seorang istri. Ia dengan mudah berurai air mata ketika kesedihan mendera dan kesengsaraan menyapa. Tuhan menciptakan karakter itu semata-mata untuk menyeimbangkan bagaimana ‘sang perasa’ itu dapat menjadi penyeimbang dikala suami dalam kondisi emosi dan serba tidak seimbang menghadapi kondisi rumah tangga yang belum stabil. Dengan anugerah rasa itu, sang istri mampu memahami pahit getirnya kehidupan.

Menghargai jerih payah suami dan menghormati suami atas upaya menafkahi keluarga. Perasa bukanlah manusia lemah. Tapi justru dengan perasa itu, sang istri memiliki insting tinggi untuk menempatkan dirinya di depan suami dan anak-anaknya dalam bersikap. Ia mampu menyimpan keinginannya membeli sesuatu di depan suami yang baru tiba dari tempat bekerjanya dengan kelelahan.

Dia juga mampu menyembunyikan masalah yang dapat menyinggung perasaan suami. Dia juga memosisikan suami senyaman mungkin ketika berada di rumah. Tanpa rasa itu, tidak mungkin suami merasakan senang dan bahagia ketika berada di sampingnya.

Fakta Istri ke-6 : Istri Selalu Berfikir Dan Bertindak Detil

Istri Selalu Berfikir Dan Bertindak Detil
Ilustrasi: Istri Selalu Berfikir Dan Bertindak Detil – Image by Freepik

Bermasyarakat merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam rumah tangga. Tali penyatu hubungan dengan masyarakat biasanya melalui istri. Sebagian besar sang suami bekerja di luar dengan tingkat kepadatan waktu yang cukup menyita hari. Agenda-agenda kemasyarakatan sering diabaikan karena bentroknya dengan waktu kerja. Sang istri akan tampil untuk mewakili dan memaklumkan keadaan suami ke publik.

Istri begitu khawatir bagaimana persepsi publik kepada suaminya. Ia selalu menjaga kehormatannya di depan publik dengan cara mengarang ataupun membuat alasan-alasan tertentu. Cara berfikir dan bertindak yang detil pada istri menjadikan dirinya sebagai pribadi yang paham keadaan.

Paham bagaimana memperlakukan orang lain dengan nyaman dan bagaimana pula komunikasi baik dengan siapapun untuk mengindari prasangka-prasangka buruk tentang suami dan anak-anaknya. Dengan detilnya itu, ia terkadang terjebak pada kekhawatiran yang menghantui dirinya. Kekhawatiran itu muncul karena cara berfikir dan bertindak yang detil itu. Ia takut jika hal-hal yang ia khawatirkan akan terjadi.

Fakta ke-7 : Istri itu Pesolek dan Kurang Percaya Diri

Istri itu Pesolek dan Kurang Percaya Diri
Ilustrasi: Istri itu Pesolek dan Kurang Percaya Diri – Image by Freepik

Fakta ini menunjukkan bahwa istri selalu ingin menjaga agar tetap menarik bagi suaminya. Mempertahankan penampilan menarik adalah satu prinsip sang istri agar suami terjaga menyayanginya. Rumah tangga itu bukan persoalan kemewahan dan popularitas cinta yang dirayakan pada masa awal pernikahan semata.

Namun, pemertahanan cinta dan kasih sayang pasca menikah itu jauh lebih penting. Sehingga, sang istri selalu berusaha bagaimana mendapatkan perhatian suami dalam berbagai hal.

Mempercantik diri dengan segala make-up dan asesoris fisiknya merupakan satu upaya yang selalu dilakukan sang istri. Ia begitu khawatir bahwa kasih sayang suami akan berganti dan bergeser ke wanita lain jika performa fisik diabaikan begitu saja. Karena performa fisik adalah satu penunjang penting keharmonisan rumah tangga.

Seorang istri akan merasa kurang percaya diri jika penampilan fisik dan sikapnya dikalahkan oleh wanita lain yang sering bersinggungan dengan suaminya. Sehingga, membangun rasa percaya diri itu butuh upaya melalui pemertahanan penampilan agar selalu menarik di depan suami. Karena yang abadi itu adalah istri yang menarik bagi suaminya bukan cantik hanya untuk dirinya saja.

Oleh : Nanan Abdul Manan


Baca juga :

“Istri Adalah Wanita Terjelek” Pertimbangkan Ini Sebelum Menikah

Semakin Mengenal Istri Semakin Tidak tahu Tentangnya

Kesabaran Istri, Menahan Suami Untuk Tidak Berbuat Tercela

  1. AFINAH NGIZATIN berkata

    setiap wanita pasti mau di manja, wanita itu emang pada dasarnya dia tidak mau mengalah dia maunya selalu menang apalagi dalam perdebatan bicara dia ga mau ngalah tapi, meskipun wanita itu ga mau mengalah dia juga sebenarnya mempunyai sifat yang sangat-sangat penyayang apalagi pada suami dan anaknya dia juga mampu menyembunyikan rasa sedihnya di hadapan suami dan anak-anaknya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.