7 Jenis Cinta Dalam Kehidupan Yang Perlu Kita Ketahui

0 381

Jenis – Jenis Cinta Dalam Kehidupan – Cinta menurut Wikipedia adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi kepada suatu hal yang kuat dan ketertarikan pribadi kepada suatu hal yang menarik hati atau jiwa pribadi.

Dalam konteks filosof, cinta adalah sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan, belas kasih dan sayang. Tetapi menurut saya. Cinta itu adalah soal memberi suatu hal dengan tulus kepada siapapun dan apapun. Sedangkan memberi sekaligus menerima suatu hal yang tulus menurut saya adalah cinta yang sejati.

Syarat-syarat Cinta Menurut Erich Fromm

Dalam Wikipedia tersebut pula dijelaskan; Bahwa, menurut Erich Fromm ada 5 syarat untuk mewujudkan cinta kasih, diantaranya adalah :

  • Perasaan
  • Pengenalan
  • Tanggung jawab
  • Perhatian
  • Saling menghormati

Kepada Siapa Saja Cinta Kita Rasakan ?

Cinta tidak hanya kita timbulkan kepada seseorang yang harusnya kita beri hormat. Seperti kepada orangtua, keluarga, kerabat. Ataupun kepada lawan jenis yang membuat kita tertarik.

Tetapi juga cinta pasti kita timbulkan kepada suatu hal yang besar dan luas, seperti alam dan jagat raya. Dan kepada dzat yang tinggi yang telah menciptakan objek-objek cinta tersebut, yakni kepada Tuhan.

Cinta yang kita rasakan kepada setiap hal tersebut itu, berbeda-beda jenisnya. Supaya kita tahu jenis cinta apakah yang kita rasakan kepada lawan jenis dan jenis cinta apakah yang kita rasakan kepada hal yang lainnya.

Jenis – Jenis Cinta Menurut Darwin

Saya akan menguraikan lebih jelas beberapa jenis cinta menurut artikel yang telah di tulis oleh Darwin dalam artikelnya , diantaranya :

  • Erros adalah jenis cinta yang kita timbulkan kepada lawan jenis. Yang dibumbui dengan romantica dan gairah. Seperti kisah cupid yang dijelaskan dalam mitologi Yunani yang disimbolkan dengan membawa panah dan masih dipercaya juga diakui sebagai dewa cinta umat manusia.
  • Philia adalah cinta yang tidak menggantungkan dirinya kepada gairah atau hawa nafsu semata. Cinta ini lebih mengarah kepada persahabatan. Dalam jenis cinta ini kedua belah pihak saling menguntungkan dengan didasarkan oleh kepercayaan dan ketergantungan.
  • Stroge adalah cinta yang lebih mengarah kepada sebuah penghormatan, ketulusan, suci, murni, yang tumbuh sejak kita lahir. Cinta jenis ini biasanya kita rasakan kepada orangtua, keluarga dan kerabat. Biasanya dalam tahap awal hubungan orang-orang mengharapkan cinta jenis stroge.
  • Agape adalah jenis cinta yang ditunjukan kepada suatu dzat yang paling tinggi atau suatu hal yang paling besar. Seperti kepada Tuhan. Menurut beberapa studi, Cinta ini biasanya dikaitkan dengan beberapa kesehatan mental serta fisik sang pencinta.
  • Ludus adalah cinta yang tidak terikat dengan komitmen antara kedua belah pihak yang saling mencintai. Ataupun tidak terikat karena sebuah penghromatan. cinta ini digambarkan seperti seorang penari atau penggoda yang inti dasarnya hanya untuk kesenangan semata. Hubungan cinta Ludus ini termasuk kedalam kategori yang sangat ringan, kasual dan tidak rumit. Karena tidak ada tuntutan besar yang harus dipertaruhkan, pertahankan dan diperjuangkan. Menurut saya jenis cinta ini yang sering membuat seseorang merasakan dilema.
  • Pragma adalah jenis cinta yang mempunyai unsur kepentingan untuk jangka waktu yang panjang. Jenis cinta ini biasanya di gambarkan oleh kasus perpolitikan sampai perjodohan.
  • Philautia adalah jenis cinta yang ditunjukan kepada diri sendiri. Ketika kita memperhatikan kondisi baik dari fisik ataupun rohani kita dengan sangat berarti.

Penulis :
Editor   : Acep Lutvi

Sumber Psychology Today
Melalui Intisari Online

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.