7 Makanan Nutrisi Tinggi Yang Kadang Terabaikan

0 24

Kesehatan sangat penting untuk semua orang, karena jika kesehatan kita terganggu tentu akan terganggu pula aktifitas keseharian seseorang. Apalagi dengan kesibukan seorang pekerja, tentu terkadang tidak terlalu memperhatikan kesehatannya. Padahal kesehatan tersebut merupakan hal pokok yang perlu diperhatikan demi kelancaran pekerjaan kita loh.

Jadi apa yang dapat membantu kesehatan kita? Sayuran dan buah adalah salah satunya. Namun umumnya orang hanya mengenal sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, atau sayuran berwarna layaknya wortel dan tomat dalam diet harian mereka. Pilihan lainnya adalah jeruk dan lemon sebagai sumber vitamin C.

Padahal, masih banyak sayuran lain yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Sayangnya, sayuran dan bahan makana tersebut jarang dilirik.

Berikut jenis makanan bernutrisi tinggi yang kerap diremehkan, padahal bisa jadi sumber vitamin harian yang mudah didapat juga ramah di kantong, dilansir dari situs Huffington Post:

Paprika Merah

Paprika Merah
Paprika Merah

Setiap kita berbicara tentang vitamin C, pasti orang-orang langsung terpikir dan dihubungkan dengan buah jeruk, seolah hanya jeruk saja buah yang memiliki kandungan vitamin C. Padahal, hanya dengan satu paprika merah saja justru dapat memenuhi kebutuhan harian manusia akan vitamin C lebih dari dua kali lipat kandungan satu buah jeruk. Vitamin C sendiri berguna menjadikan kulit lebih halus serta meningkatkan imunitas tubuh.

Oatmeal

Banyak orang berfokus pada apa yang seharusnya tak dimakan demi mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, sebenarnya makanan apa yang bisa Anda makan juga merupakan hal penting, oatmeal misalnya.

Oatmeat kaya akan serat yang mudah larut, yang dapat mengurangi kolesterol pada aliran darah Anda. Selain itu, karena oatmeal penuh dengan serat, oatmeal bisa membantu mencegah rasa lapar dan juga memperlancar pencernaan.

Salmon Kalengan

Seperti salmon segar, salmon kalengan juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan hati. Selain sehat, salmon kalengan pasti lebih praktis untuk membuat salad atau sandwich.

Jus Sayuran

Berhenti menghabiskan uang Anda untuk membeli jus kemasan dan coba alihkan perhatian Anda pada jus sayuran buatan rumah. Dengan membuatnya manual, Anda dapat mengeliminasi gula yang menyebabkan diabetes serta memicu obesitas.

Kurma

Kurma mungkin bukan merupakan buah favorit untuk Anda. Tetapi, buah ini mengandung serat, vitamin A, dan kandungan kalium yang tiga kali lebih banyak dari pisang, zat besi, dan vitamin B. Buah ini juga mudah untuk dicerna dan memberikan energi instan.

Miso

miso hasil dari fermentasi kedelai
miso hasil dari fermentasi kedelai

Berasal dari fermentasi kedelai, miso adalah makanan probiotik yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan, sistem pencernaan, dan kesejahteraan tubuh Anda secara keseluruhan. Miso disinyalir juga mengandung vitamin B, menjadikannya pilihan yang cocok untuk mengurangi stres dan PMS, meningkatkan memori, dan bahkan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

Jahe

Jahe mungkin bukan sesuatu yang istimewa untuk Anda, namun sebenarnya jahe memiliki banyak manfaat kesehatan. Di daerah Asia, jahe dikenal sebagai “obat universal” karena telah lama digunakan untuk memerangi segala macam gangguan daerah pencernaan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.