Inspirasi Tanpa Batas

7 Manfaat Olahraga Joging Bagi Kesehatan Tubuh

0 53

Konten Sponsor

Joging merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja. Olahraga ini bisa di lakukan oleh seseorang yang berusia tua atau muda. Selain itu bisa dilakukan oleh laki-laki ataupun perempuan. Jogging juga bisa di lakukan di pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan malam hari. Disamping itu banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dari olahraga ini.

Perlu kalian ketahui banyak atlet Indonesia bahkan atlet dunia tidak akan pernah lepas dari olahraga yang satu ini. Olahraga jogging ini sudah menjadi rutinitas para olahragawan, selain menyehatkan olahraga ini juga dilakukan tanpa biaya atau gratis.

Berikut Beberapa Manfaat dari Olahraga Jogging

1. Menguatkan Tulang

Melakukan kebiasaan jogging atau berjalan santai dapat meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. Tulang yang sering di gerakan akan membuat kualitas tulang semaki kuat dan dapat mengurangi resiko terjadinya patah tulang.

2. Kesehatan Jantung

Selanjutnya manfaat joging adalah mampu mengurangi resiko penyakit jantung bahkan menjaga dan menstabilkan kesehatan jantung. Olahraga ini sangat cocok bagi perokok berat dimana kandungan nikotin di dalam tubuh akan keluar melalui pori-pori pada kulit. Hal itu akan membuat kesehatan jantung lebih baik.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Banyak sekali penelitian tentang manfaat olahraga joging, Salah satunya kanker. Jika olahraga ini dilakukan secara rutin maka akan mengurangi beberapa penyakit kanker. Para ahli kanker menyebutkan kanker usus besar, kanker paru-paru bahkan kanker payudara dapat dicegah dengan olahraga ini.

4. Meningkatkan Stamina & Daya Tahan Tubuh

Olahraga joging akan lebih baik jika dilakukan secara rutin, salah satu kelebihan dari olahraga ini adalah meningkatkan stamina tubuh anda. Sebab, tubuh anda akan terbiasa bergerak secara aktif.

Selain itu joging juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu mengurangi resiko terserang penyakit pada tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan olahraga ini dapat merangsang produksi limfosit (sel darah putih) dan makrofag ( sel yang menyerang bakteri). Kemudian dapat membuat sel-sel sistem kekebalan tubuh beredar secara cepat dan mampu melawan virus penyebab timbulnya penyakit.

5. Menurunkan Berat Badan

Olahraga ini sangat cocok untuk seorang yang memiliki berat badan di atas rata-rata. Jika diantara kalian sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet, maka olahraga ini sangat pas untuk dilakukan. Baik dilakukan pagi hari atau sore hari yang penting di lakukan secara rutin dan terus menerus.

6. Mencegah Penyakit Diabetes

Dengan melakukan joging setiap hari, maka akan mengurangi kelebihan berat badan pada tubuh kita. Penyakit diabetes biasanya di sebabkan oleh berat badan yang berlebihan. Nah, penyakit tersebut dapat dicegah dengan jalan santai atau joging.

7. Kualitas Tidur Lebih Baik

Yang terakhir salah satu manfaat dari joging adalah dapat membantu pola tidur anda lebih teratur dan lebih nyenyak. Jika pola tidur anda sudah teratur maka kondisi fisik anda akan semakin bugar. Selain itu, dapat mengurangi penyakit insomia pada diri anda. ***Agni Fauzan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar