Inspirasi Tanpa Batas

7 Rencana Pasca Nikah Yang Harus Dilakukan Oleh Pasangan Muda

0 511

Konten Sponsor

Membentuk sebuah keluarga yang sejahtera dan harmonis tentu sangat diperlukan. Pasangan yang telah menikah tentu perlu membuat rencana. Hal tersebut dipandang sangat perlu karena dengan perencanaan yang matang pasca menikah, maka eksistensi, keharmonisan atau bahkan keberlangsungan keluarga akan tetap terjaga dengan baik.

Perencanaan pasca menikah yang baik tentu akan berdampak baik pula pada sebuah hubungan keluarga. Ini juga menentukan risiko masa depan serta beban keluarga di masa yang akan datang. Apa saja yang harus direncanakan pasca menikah, berikut kami ulas 7 rencana pasca nikah yang harus dilakukan oleh pasangan :

Rencanakan Tempat Tinggal Pasca Menikah

Rencanakan Tempat Tinggal

Dengan menikah berarti kita terlepas dengan sendirinya dari keluarga kita, baik itu suami atau istri. Bagi kamu yang baru menikah ini menjadi penting. Pasangan perlu mendiskusikan dimana tempat tinggal nanti, agar tidak menjadi polemik dan mengusik keharmonisan rumah tangga. Dengan hadirnya istri tentu menjadi beban suami, Tapi jangan khawatir dengan perncanaan yang matang misalnya menyisihkan 20% penghasilan, investasi pada emas, hemat dan memiliki hasil tambahan akan cepat meujudkan rencana ini.

Rencana jumlah anak Pasca Menikah

Rencana jumlah anak

Menurut salah seorang anggota ACOG dalam situs resminya mengungkapan, bahwa kesejahteraan keluarga bahkan dapat dicapai dengan merencanakan jumlah anak. Jika sudah ada rencana yang jelas, anak tidak lagi jadi beban ekonomi. Tentu orangtua akan jauh lebih sejahtera sehingga anak bisa jauh lebih sehat dan tumbuh kembanya juga akan terjamin.

Rencana kelahiran anak pertama Pasca Menikah

Rencana kelahiran anak pertama

Kehadiran buah hati, apalagi anak pertama merupakan sebuah anugerah yang tidak ternilai bagi setiap pasangan. Akan tetapi, ada banyak keluarga muda yang terlalu paranoid ketika memikirkan dampak memiliki anak bagi kehidupan mereka. Jika di telaah lagi, maka merencanakan kelahiran anak pertama dianggap perlu, karena kesiapan mental dan keanggupan mengurus buah hati jadi pertimbangnya. Tentu sangat lucu bila seorang anak menggendong anaknya, karena terlalu dini menikah.

Merencananakan jarak kelahiran anak

Merencananakan jarak kelahiran anak

Setelah memiliki anak pertama tentu kita perlu juga memikirkan berapa jumlah anak dan merencanakan jarak kelahiran anak selanjutnya. Maka memiliki anak banyak boleh jadi benar secara agama, tetapi tidak baik di dalam rangka membentuk sebuah keluarga yang sejahtera. Perencanaan yang matang diperlukan agar senatiasa tidak menjadi beban bagi keberlangsungan sebuah keluarga.

Menentukan Istri dirumah atau Ikut kerja

Menentukan Istri dirumah atau Ikut kerja

Jika dikaji lebih dalam, penetuan sosok istri dalam sebuah keluarga menjadi sangat strategis. Bagimana tidak, istri menjadi salah satu penentu baik buruk tumbuh kembang anak. Sebenarnya Istri tidaklah memiliki tanggung jawab mencari nafkah, melainkan suami yang mengemban penuh kewajiban tersebut. Menentukan Istri dirumah atau Ikut kerja juga sangat bergantung pada kepemilikan buah hati.

Manajemen finansial keluarga

Manajemen finansial keluarga

Perencanaan ini juga sangat menentukan risiko masa depan serta beban keluarga mengingat bahwa Manajemen finansial keluarga urgent akan adanya. Apalgi jika sudah memiliki buah hati yang kelak akan tiba kebutuhan baru, memutuskan istri untuk ikut kerja juga bukan solusi tepat, maka dari itu harus ada penghasilan keluarga tanpa secara lansung menggagu peran istri dirumah. jika terasa sulit maka, mengatur pengeluaran keluarga menjadi alternatif.

Rencana Jaminan hari tua

Rencana Jaminan hari tua

 

Mengapa setelah menikah perlu perencanaan dana hari tua? Tentu karena beberapa faktor diantaranya karena kita masih dalam produktif dan masa keemasan. Dengan melakukan perencanaan dana hari tua, Anda dapat mengetahui estimasi berapa jumlah uang yang Anda butuhkan saat pensiun. selain itu, kita juga dapat mengetahui berapa lama kita harus berinvestasi untuk menyiapkan uang untuk pensiun tersebut.  Rencana Jaminan hari tua juga dapat membantu anda terhidar dari kesalahan-kesalahan dalam perencanaan membangun keluarga yang mapan. [Ali Alamsyah Putra]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar