Inspirasi Tanpa Batas

7 Sebutan Dan Nama Lain Pecinta Buku, Termasuk Yang Manakah Kamu?

0 210

Konten Sponsor

Jika kita mendengar kata buku pasti kita berfikir mengenai membaca. Membaca buku untuk sebagian orang mungkin terdoktrin membosankan, malas, rumit, pusing dan lain sebagainya. Apalagi jika melihat pada era zaman sekarang. Banyak orang yang lebih sering membaca di gadgetnya di banding real buku itu sendiri. Tetapi tak sedikit orang yang sangat-sangat antusias untuk membaca buku.

Ternyata ada sebutan lain untuk orang-orang yang sangat suka terhadap buku. Entah itu membacanya ataupun mengoleksinya. Oke, kali ini penulis akan menyampaikan kepada kalian mengenai 7 macam nama lain untuk orang-orang pecinta buku. Penulisan artikel ini terinspirasi dari buku karya Sanghiyang Mugni Pancaniti (mohon maaf jika ada salah penulisan nama). Buku tersebut berjudul “Perpustakaan Kelamin”. Mungkin untuk sebagian dari kalian sudah pernah membacanya. 7 Nama lain pecinta buku :

7. Bibliomania

Bibliomania adalah mereka yang membeli buku hanya untuk menumpuknya, bukan untuk membacanya yang kemudian mengambil makna. Disebutkan nama Boulard ahli hukum asal Perancis yang hidup pada abad ke-18. Ia begitu bernafsu membeli buku. Hingga rumahnya tidak cukup untuk menyimpan buku-bukunya. Terhitung mencapai 800 ribu judul buku. Dia bahkan membeli 6 rumah untuk menyimpan buku-bukunya. Berarti ia hanya menjadi kolektor saja.

6. Bibliofil

Ia yang membeli buku dan membacanya. Sebanyak apapun buku yang dikumpulkannya ia membacanya. Disebutkan nama Richard Heber. Seorang berkebangsaan Inggris yang hidup di abad ke-19. Koleksi bukunya mencapai 300ribu judul buku. Disimpan di 8 rumahnya. Super sekaliiiiiii…

5. Bibliotaf

Ia yang menaruh buku seaman-amannya. Bahkan jika perlu ia menguburnya. Ia berkeyakinan bahwa buku adalah harta yang maha penting. Selain orang yang dipercayainya, siapapun tidak boleh menyentuh dan membaca bukunya. Jhon Stewart merupakan orang tipe ini. Ia menyimpan bukunya pada kotak anti lembab dan menguburnya.

4. Bibliokas

Ia yang memiliki kecenderungan untuk menghancurkan buku. Baik dalam skala kecil ataupun besar. Tetapi lebih banyak bicara dalam skala kecil. Siapapun yang pernah menyobek halaman buku terlepas apakah ia menyukai/membenci halaman itu. Mary Shellery pengarang Frank Stein menjadi contoh untuk tipe ini. Ia sering menyobek halaman kosong diawal atau di akhir buku. Adapun Charles Darwin. Ia selalu membelah buku tebal menjadi 2 bagian agar mudah menentengnya.

3. Bibliofagi

Ia yang memakan buku dalam arti sesungguhnya. Disebutkan seorang penulis dari Skandinavia yang tak diutarakan namanya. Daripada dihukum pancung. Ia memilih untuk merebus buku-bukunya dalam air daging. Lalu ia meminumya sampai mati. Contoh lain ialah Isaac Volmer. Ia memakan bukunya tanpa direbus atau dihancurkan terlebih dahulu.

Juga Thedore Pinking yang hidup pada abad ke-17. Ia menerima tawaran untuk memakan bukunya yang kontroversial atas terbebasnya hukuman penjara. Selain itu, mereka yang sengaja membakar buku sampai abu. Kemudian diseduhnya dengan kopi. Meminumnya dan berharap ilmu yang ada didalam buku itu menghujam otaknya.

2. Biblionarsisis

Seseorang disebut biblionarsisis adalah ia yang mengoleksi buku penuh dengan ensiklopedi lengkap. Dan menempatkannya di rak khusus. Tujuannya hanya untuk berlagak, bermegah-megahan, legeg, pamer. Dna untuk mengagumi diri sendiri atas uku yang ia kumpulkan. Tidak ada nama yang dijadikan contoh dalam type ini.

1. Bibliokleptomania

Ia adalah orang yang suka mencuri buku. Baik dirumah teman, toko buku ataupun di perpustakaan. Sebuah nama disebutkan Stephen Carrie Blumberg. Dia adalah pencuri buku kelas kakap. Bahkan pencuri buku paling lihai pada abad ke-20.

Mulai dari perpustakaan yang pemeliharannya manual sampai yang canggih telah mampu di bobolnya. Tidak tanggung ia mencuri buku antic dan kuno sebanyak 23.600 judul. Dari 238 perpustakaan di 45 negara bagian Amerika dan Kanada. Setelah ditaksir, seluruh buku curiannya bernilai 20juta dollar. Anehnya ia tidak mau menjualnya. Pada tahun 1997 karena pengkhianatan temannya sendiri, ia ditangkap FBI. Dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 5 tahun 8 bulan penjara.

Itulah 7 nama lain untuk pecinta buku. Sungguh sangat luar biasa sekali tingkat kecintaan mereka terhadap buku. Mulai dari yang hanya mengoleksinya saja. Sampai kepada yang berani mencuri buku dari berbagai Negara.

Untuk para pecinta buku, termasuk kedalam type apa kecintaan kalian terhadap buku ?? silahkan jawab dalam hati kalian masing-masing. Barangkali sedikit malu untuk mengungkapkannya. Hihihi. Trims. (Inten)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar