Take a fresh look at your lifestyle.

7 Tips Mudah Memilih Jurusaan Saat Akan Kuliah Agar Tidak Salah Masuk dan Tidak Asal Kuliah

0 43

Di pertengahan semester saat masih duduk di bangku SMA tentu mereka yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya akan disibukan dengan pilihan jurusan dan universitas mana yang akan dimasuki.

Alih-alih ingin nyaman dengan dunia perkuliahan namun ada saja yang salah dalam menentukan jurusannya, yang akhirnya membawa mereka menjadi malas kuliah, telambat lulus atau bahkan tidak mampu bersaing pasca mereka mendapatkan gelar.

Ini tidak boleh terjadi pada kamu sobat. berikut ini beberapa tips mudah agar kamu dapat memetukan jurusan apa yang sesuai.

Tentukan Jurusan Yang Akan Kamu pilih Sedari Sekolah SMA

Perlu sobat tau, melajutkan jenjang ke perkuliahan bukan sekedar kuliah dan bukan sekedar mendapatkan gelar Sarjana saja loh, pemilihan jurusan yang sesuai akan menentukan masa depan kamu. Yuk sesegera mungkin, tentukan jurusan sejak memulai pendidikan SMA, dan bukannya sewaktu dekat tamat SMA.

Pastikanlah Memilih Jurusan Studi Kuliah Nanti Dibidang Yang dikuasai

Saat memilih jurusan Janganlah kalian mencoba mengambil resiko besar, jangan karena masalah gengsi dan hal – hal konyol lainnya. Jika sedari awal sudah  ribet dengan pilihan kalian maka bisa di pastikan, perkembangan kalian akan stagnan. Alih-alih ingin seperti orang lain namun ternyata jurusan yang kamu pilih membuat kamu jatuh pada lubang yang kamu buat sendiri, hmmm tentu ini akan membuat cepat tua, atau cepat botak! Yah namanya juga makan hati.

Jika sahabat friendlyc memiliki keahlian dan minat di bidang tertentu, jangan ragu untuk mengambil jurusan  tersebut. Dengan memilih jurusan studi yang sesuai dengan kemampuan,  artinya kalian selangkah berada di jalur menuju kuliah yang benar. Tentu hal ini akan membuat kamu senang dalam menjalani masa kuliah kalian. IP tinggi pun akan cenderung mudah didapat karena kalian memang memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Pertimbangkan Ketertarikan dan Minat Kamu

Gak sedikit mereka yang mengambil jurusan kuliah didasarkan pada prospek kerja di masa depan yang kemungkinan di raih dari jurusan tersebut. Namun, perlu sobat tau bahwa minat dan ketertarikan kalian terhadap bidang tersebut merupakan hal yang paling penting dan mendasar.

Jika sobat memiliki ketertarikan akan bidang tersebut maka sepusing – pusingnya kalian menghadapi permasalahn mata kuliah, kalian tetap akan menikmatinya dan merasa senang sekaligus bangga.  Nah, Dengan begitu maka penguasaan materi pun akan terasa mengalir, dan hasilya saat kalian sudah lulus, kalian akan menjadi lulusan yang menguasai teori bidang tersebut dengan baik.

Cermati Situasi Global, Ini menentukan Masa depan kamu di Jurusan Yang akan Kamu pilih

Kalian harus menyadari dimana masa kalian hidup saat ini. Bidang apakah yang sekiranya dibutuhkan saat zaman ini? Apa jurusan yang sekiranya akan menjanjikan prospek hidup nyaman? Pertimbangkan juga kalian ini hidup di negara mana? Kota mana? nah, sebaiknya kalian cari di forum – forum pengalamn – pengalaman orang – orang yang bekerja pada bidang yang kalian inginkan. Pandai – pandai memprediksi sekiranya jurusan apa yang nantinya akan dibutuhkan dan memberikan kontribusi vital.

Waktu dan Aspek-Aspek Praktik saat Kuliah itu menentukan Juga

Setiap jurusan tentu saja memiliki rentang waktu yang berbeda – beda untuk menyelesaikan suatu studi. Misalnya saja jika kalian ingin menjadi seorang dokter, kalian diharuskan kuliah dan praktek setidaknya 5 tahun sebelum kalian dapat bekerja sebagai dokter sungguhan. Nah, faktor waktu ini dipertimbangkan juga dengan faktor usia kalia dan tentu saja dengan target – target kalian di masa depan nanti. Contohnya saja kapan kalian akan menikah. ataukah bekerja, hidup mapan, serta berbagai hal lainnya

Pertimbangkan Masukan Dari Orang Lain

Jika tak bisa memnentukan pilihan sendiri, kamu juga bisa meminta pendapat dan masukkan dari orang lain jurusan apa yang sekiranya mapan di era modern seperti ini.  Dengan begitu, setidaknya mereka akan memberikan masukkan mengenai baik dan buruknya bidang studi kuliah tersebut.

ertimbangan lainnya juga,  orang lain mungkin bisa lebih detail pendapatnya tersebut dan dapat melihat lebih jeli mengenai kelebihan  dan kekurangan  yang kalian miliki dibandingkan dengan diri kalian sendiri. Nah, Cobalah untuk menyelaraskan pendapat tersebut dengan minat dan tujuan kamu.

Persiapkan Alternatif Pilihan

Pertimbangan jurusan Kuliah, 7 Tips Mudah Memilih Jurusaan Saat Akan Kuliah Agar Tidak Salah Masuk dan Tidak Asal Kuliah, Cara Pilih Jurusan Kuliah

Terakhir, Jika karena beberapa hal dan pertimbangan, akan mengakibatkan kamu tidak memasuki jurusan kuliah di Universitas tertentu. Sebaiknya mempersiapkan alternatif lain atau rencana kedua. sedehananya, Mungkinkah kalian mengambil jurusan lain? Atau menunda kuliah tahun ini dan mencobanya di tahun berikutnya? Nah, dengan adanya rencana alternatif maka kalian akan lebih percaya diri dan siap secara mental dalam membuka peluang yang pada awalnya tidak kalian sadari. [al/Dari berbagai Sumber]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar