8 Cara Ini Dapat Meningkatkan Ketajaman Otak

0 60

Semakin bertambahnya usia, kinerja otak pun akan semakin menurun. Tentu hal tersebut berpengaruh terhadap hasil pekerjaan yang sedang kita lakukan. Apalagi saat pekerjaan kita ini lebih mengutamakan daya ingat otak dan kecerdasan. Tapi bisakah hal ini disiasati?

Studi terbaru menyatakan ada berbagai cara untuk meningkatkan daya otak kita, dilansir dari situs Indiatimes.

Perhatikan pakaian

Terkadang dengan penampilan menentukan segalanya. Beberapa studi psikologi menemukan, mengenakan pakaian yang lebih formal dari biasa yang kita pakai mendorong orang untuk berpikir secara konseptual.

Contohnya Steve Jobs dengan kaos turtleneck-nya. Ini artinya dia lebih memikirkan ide secara keseluruhan ketimbang hanya terfokus dengan detail-detail kecil.

Jalan 2 mil sehari

Saat kita dihadapkan dengan mengeksplorasi lingkungan, otak cenderung berada dalam kondisi neuroplastic, siap untuk menyerap lebih banyak informasi.

Selain itu, latihan rutin seperti berjalan juga dapat bermanfaat menurunkan risiko pikun di kemudian hari hingga level 60 persen.

Berhenti googling

Apakah internet akan membuat kita jadi bodoh? Semuanya tergantung dari bagaimana kita bisa menggunakannya. Semakin mudah informasi tersebut didapat, semakin sulit untuk mengingatnya karena kita cenderung tidak terlalu menggunakan otak saat dalam proses mendapatkannya.

Jadi ketimbang mencarinya di situs pencarian Google, pilihlah cara lain untuk memahami dan mempelajari topik baru seperti misalnya dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan hal tersebut atau bertanyakepada teman yang menguasai hal itu. Dengan demikian otak dan ingatan kita akan mengembangkan kemampuannya untuk menampung informasi yang lebih dalam.

Belajar bahasa

Kita harus mengasah pikiran agar selalu tetap terasah tajam. Sebuah studi yang dilakukan peneliti Swedia menunjukkan, belajar sebuah bahasa baru setelah dewasa dapat mengembangkan hippocampus dan cerebral cortex, bagian otak yang dikaitkan dengan pikiran, ingatan, dan juga aksi.

Konsumsi zaitun dan kacang-kacangan

Diet Mediterania sering dikaitkan dengan tingginya kualitas hidup mereka yang sedang menjalaninya. Sebuah studi pada tahun ini mendukung pendapat tersebut. Menurut studi, mengonsumsi zaitun dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E membantu menjaga otak tetap sehat sepanjang hidup.

Berlatih yoga

Selain dapat membuat tubuh Anda lebih lentur dan bugar, studi menunjukkan yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan ingatan. Sebuah studi tahun 2014 mengungkap yoga yang dimasukkan dalam kombinasi terapi mampu mengembalikan ingatan para pasien Alzheimer.

Menjaga kualitas tidur

Banyaknya gawai atau perangkat elektronik mobile yang berserakan di sekitar area tidur menyebabkan terganggunya kualitas tidur kita. Ini akan membuat otak tak dapat beristirahat dengan baik. Saat tidur sel-sel otak membuang racun yang memperlambat kinerja otak.

Hindari multitasking

Melakukan beberapa hal sekaligus tak lantas akan meningkatkan kinerja Anda. Membagi perhatian pada banyak hal membuat otak tak fokus. Sebaliknya, fokus melakukan satu hal dalam satu waktu malah lebih efektif.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.